09.52
0


Nama  : Angga Eka Prasetya
NRP   : 5111100117

Kejelasan Tentang Masa Depan




"Satu-satunya kejelasan tentang masa depan adalah ketidakjelasan tentang masa depan itu sendiri"


 Ada empat kata kunci dalam tema ini ,yaitu :

  •    Penyesalan
  •    Kekhawatiran
  •    Ketakutan
  •    Kelumpuhan

Menyikapi rasa penyesalan masa lalu


         Setiap manusia pasti memiliki rasa sesal entah itu yang masih tersimpan atau sudah terbuang. Namun bagaimana kita menyikapinya ? Bolehkah kita memiliki rasa penyesalan atau kita harus melupakannya sesegera mungkin ? Banyak orang yang kehidupan masa lalunya bermasalah ,tetapi ada orang yang memutuskan untuk membawa puing-puing masa lalu ke masa depan dengan cara mengingatnya sehingga perilaku utama dari hamper semua orang adalah penyesalan. Penyesalan merupakan sesuatu yang tidak logis karena masa lalu tidak akan pernah berubah. Mari gunakan hari ini sebagai lahan baru. Yang lebih parah dari penyesalan masa lalu adalah mengajak keluarga anda untuk hidup di masa lalu dengan memarahi mereka dan menuntut mereka. 

Masa depan kita tercipta oleh kegiatan kita hari ini. 

Pertanyaanya apakah kita harus fokus ke masa depan kita atau fokus kepada pembentukan orang yang mendukung kita agar masa depan kita lebih baik? Kejelasan masa depan merupakan hal gaib. Sehingga dapat disimpulkan bahwa satu-satunya kejelasan tentang masa depan adalah masa depan itu tidak jelas.
Jangan lagi memboroskan waktu untuk mengharapkan kejelasan masa depan. Terima saja,selesaikan saja hari ini,masa depan memang tidak jelas. Orang cerdas seharusnya tidak lagi mempermasalahkan masa depan karena memang tidak jelas. Maka seharusnya orang yang cerdas percaya kepada Tuhan karena Tuhanlah yang mengetahui dan menjamin masa depan. Maka kerana kita tidak tau,mari kita memfokuskan pada apa yang ada pada diri kita sekarang

Kegelisahan dan rasa khawatir

Kita memang suka sekali merasa khawatir. Rasa khawatir ini timbul karena kita mengira kemampuan kita lebih kecil daripada beban kita, Inti dari kekhawatiran adalah perkiraan rendahnya kemampuan dan besarnya beban. Jarang sekali orang menghormati dirinya sendiri sehingga perkiraan kemampuannya rendah. Banyak orang juga berprasangka buruk sehingga bebannya besar. Maka jangan khawatir dan hormati diri,kalau kita tidak mampu Tuhan pasti akan memampukan. Bukan bebanmu yang menyulitkan kita tapi cara kita yang salah dalam memikulnya. Orang yang gelisah di satu tempat akan mengupayakan perubahan. Yang berbahaya adalah bila orang itu damai di dalam kekurangan. Maka gelisahlah,tapi lakukan sesuatu yang menjadikan kita lebih bernilai.  Kita sering menilai dari yang kita pikir bisa kita kerjakan lalu menilai diri kita dengan mahal. Orang lain menilai kita dari apa yang sudah kita kerjakan. Maka jadikanlah diri kita lebih bernilai. Indikatornya adalah apakah orang sudah berterima kasih. Apakah orang memuji yang anda kerjakan. Sementara masa depan tidak jelas,lalu bagaimana kita menyiapkannya. Maka biarkanlah masa depan seperti itu,yang terpenting adalah apa yang kita lakukan itu jelas.

 Lalu Bagaimana jika kekhawatiran itu timbul karena melihat masa depan tanpa persiapan?

Maka persiapan terbaik adalah saat kita melaksanakan. Persiapan yang terbaik adalah saat kita terpaksa. The power of kepepet. Adakah jalur yang bisa mempercepat kesuksesan ketika kerja keras pun sudah saya jalankan? Ini masalah pendapat. Kita berpendapat jika kita telah bekerja keras,apakah orang lain setuju? Belum tentu. JIka saya seorang anak raja dan sudah jelas diatur tentang kedepannya semua lalu bagaimana?
Kuncinya rawe-rawe rantas malang-malang putung. 


Bagaimana jika kita memiliki keraguan tentang masa depan karena kurang percaya diri dan selalu terbayang masa lalu sehingga mengkhawatirkan masa depan?

Bagaimana mungkin anda sampai ke masa depan yang lebih indah jika yang ada dipikiran anda adalah masa lalu yang kelam. Masa depan isinya orang yang lebih pandai dari orang hari ini. Masa depan itu isinya persaingan orang yang terdidik,hitech,pikirannya global. Masa depan lebih beresiko bagi orang yang tidak melangkah.
Berbicara mengenai masa depan banyak sekali orang-orang takut akan masa depannya sehingga tidak bertindak apa-apa alias lumpuh terhadap masa depannya. Takut itu indah kalo yang kita takuti baik,takut itu membekukan kalau yang kita takuti itu buruk. Maka sekelam apapun masa lalu kita,masa depan kita masih suci,berharapan baiklah. Rencana Tuhan selalu berakhir dengan baik. Jangan terlalu merisaukan masa depan,Tuhan sudah menunggu anda disana. Lakukan apa yang anda bisa lakukan.
Maka langkah-langkah untuk menghadapi ketidak jelasan masa depan diantaranya
  1.        Ganti penyesalan dengan rasa syukur bahwa anda telah mengalami kesalahan itu dulu dan tidak sekarang
  2.       Jangan khawatir yang tidak bisa anda lakukan,khawatirlah kalo anda tidak melakukan apa yang anda bisa lakukan
  3.         Kalau anda berTUhan apalagi yang anda takuti,karena tidak ada apapun yang bisa mengenai kita kalau tidak diijinkannya sehingga penyesalan rasa takut tidak lagi mempan
          Quotes : 
           "Jangan terlalu merisaukan masa depan , Tuhan telah menunggu anda disana"
                     "Lebih baik gagal dalam mencoba daripada berhasil tetapi mengkerdilkan diri.
 "
Link video :




0 komentar:

Posting Komentar