20.36
0
Logika Ikhlas – Mario Teguh Golden Ways edisi 14 Agustus 2011

ditulis oleh: Anjar Mustika 5111100036

Segmen 1


Hati mempunyai logikanya sendiri yang agak berbeda dengan logika otak tapi sangat incontrol. Kita mnecari uang dengan logika otak, sedangkan jika kehilangan uang, kita akan sedih menggunakan logika hati. Logika yang menjadikan kita ikhlas walaupun menjadi pelabuhan bagi perasaaan yang sulit mengikhlaskan sesuatu.

Bagaimana masa lalu mempengaruhi emosi kita dalam bisa ikhlas dalam kehidupan?
Beberapa perasaan yang mengganggu kita dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
  • marah

  • gelisah

  • dendam

  • dll yang menggetarkan hati

Sehingga setiap hari kita selalu berkutat dengan ikhlas

Mengapa ikhlas sulit?
Ikhlas harus selalu ada dalam perilaku keseharian kita. Jangan ikhlas sebelum terjadi, ikhlaslah setelah terjadi. Contoh: jika rumah kita terbuka, lalu 
Rumah kita dimasuki orang dan ada barang kita yang diambil, itu namanya kita ikhlas sebelum kejadian. Sedangkan pintu rumah kita sudah terkunci atau artinya kita tidak ikhlas kehilangan, namun ada orang yang mengambil barang kita sehingga tidak ada pilihan lain selain ikhlas, sehingga itu namanya ikhlas setelah terjadi.
Ikhlas akan selalu ada karena akan selalu ada masalah dalam keseharian kita. Selama kita ingin menjadi pribadi yang lebih besar, maka kita harus selalu memiliki ikhlas. Karena untuk menjadi pribadi yang besar, Tuhan memberikan masalah, masalah menjadi anak tangga menuju kebesaran pribadi. Menghadapi masalah dengan logika yang membuat kita ikhlas membuat kita segera menerima sesuatu yang sudah terjadi untuk masuk ke dunia yang belum kita alami.
Kenapa sebagian dari kita memilih hidup di masa lalu yang tidak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahan? Mengapa tidak memulai kehidupan hari ini lalu menjadikan hari ini ingatan yang indah? Orang yang perilakukan sama dengan kemarin menjadikan hari ini ingatan yang buruk bagi besok karena tidak menggunakan logika ikhlas dengan baik.

Bagaimana kita bisa melihat wujud ikhlas dalam prosesnya?
Orang difitnah dan marah sekali. Namun ia berkata jika itu yang anda yakini tentang saya, silahkan, namun ijinkan saya untuk hidup di kehidupan saya sendiri denganbebas. Ini adalah contoh orang ikhlas.
Orang ikhlas biasanya dianggap lemah, namun sebenarnya ikhlas itu tegas, bukan karena tidak ada masalah, bukan karena masalahnya kecil. Orang yang hebat mengikhlaskan diri di atas masalah-masalah yang berat dan besar, bersikap sebaik baiknya di atas seburuk-buruknya masalah karena ia sadar Tuhan memuliakan orang yang memuliakan dirinya.

"Banyak orang yang sedang membangun ingatan yang buruk bagi besok karena tidak menggunakan logika ikhlas yang baik"

Segmen2


Bagaimana dengan orang-orang yang sudah terbiasa sebagai korban, baik dalam perkumpulan, pernikahan, dan lain-lain?
Anda korban/bukan tidak masalah asal tidak menggunakan bahasa korban, karena bahasa korban membuat kita ikhlas menerima bahwa kita bukan pribadi yang kuat. Jadi mulai dari sekarang, gunakanlah bahasa orang yang lebih mandiri.
Orang yang berani bertindak karena ikhlas menerima kemungkinan gagal, karena banyak orang yang gagal melihat dirinya sebagai korban. Orang yang berani bertindak karena ikhlas menerima kemungkinan gagal akan lebih sering berhasil dan menjadi orang yang besar, daripada orang2 yang melihat dirinya sebagai korban.
Seorang pemimpin yang baik akan mengatakan “Yang saya lakukan ini baik bagi kalian dan untuk kepentingan bersama, apabila salah yang salah itu saya. Sehingga jika da keluhan yang bertanggung jawab adalah saya. Tapi kalau kita berhasil, kita semua yang untung. Ini yang menjadikan kita pemimpin. “

Saat bicara dengan diri sendiri jangan meratap mendayu-dayu. Bicara dengan gagah terhadap diri sendiri, karena diri sendiri sangat mendengar yang dikatakan diri sendiri. Respect yourself.

Pertanyaan bu desy: ciri2 kita sudah ikhlas?
Jika seseorang hatinya tidak ikhlas, tidak apa-apa asal perilakunya baik. Ini adalah kepalsuan yang baik. Jangan anda haruskan senyum anda berasal dari hati yang tersenyum. Hati akan mengikuti wajah dan kesantunan anda. Contohnya: Hari Minggu kita menggunakan piyama seharian, pasti Kita akan merasa malas. Jadi, ubahlah perilaku luar supaya yang dalam mengikuti.

Anda berpisah dan sangat sakit hati karena dikhianati oleh orang yang tadinya anda kira Belahan jiwa anda. Apa yang membuat anda bahagia?

A. Dia lama tetap sendiri karena tidak pernah mendapatkan pengganti anda.
B. Dia menemukan pengganti anda, tapi yang menghianatinya dengan parah.
C. Dia menemukan pasangan yang baik dan membahagiakannya

"Orang yang berani bertindak karena ikhlas menerima kemungkinan gagal akan lebih sering Berhasil"

Segmen 3


Pembahasan dari pertanyaan pada segmen kedua.
Yang memilih A salah satu alasannya karena biar dia rasakan dulu.
Namun yang kita doakan kepada orang lain mungkin akan kemabali ke diri sendiri. Ikhlas penting untuk menyelesaikan yang sudah terjadi dan Meneruskan kehidupan dengan potensi-potensi yang baru. Karena banyak orang yang merendahkan kualitas Hidupnya hari ini untuk memuaskan dirinya tentang sesuatu di masa depan yang tidak bisa Diperbaikinya.
Yang memilih B salah satu alasannya adalah karena yakin Tuhan tidak tidur, dan Tuhan akan membalas.
Ikhlas itu termasuk Menerima bahwa kita tidak mungkin 100% benar, sperti orang tidak mungkin sepenuhnya Salah. Sehingga jika kita dikhianati, anggaplah kita merasa dikhianati. Sehingga kita belum Tentu dikianati. Karena mngkin kita memberikan alasan untuk ditinggalkan. Jadi mungkin Kita menjadi penyumbang bag ik eputusan dia meninggalkan kita. Jadi, jika kita ikhlas Justru melihat cara2 memperbaiki diri.
Yang memilih C alasannya adalah yang menyakiti kita pasti lebih baik dari kita dan lebih mulia di bandingkan kita.
Kesimpulannya menjadi orang baik itu enak.

Definisi mencintai dengan ikhlas
Kalau mau hidup bebas dan bahagia menyanyilah sperti tidak ada yang mendengar. Menarilah Seperti tidak ada yang melihat, mencintailah seperti anda tidak akan terluka. Mencintai sepenuh hati dan menyerahkan kepada Tuhan akhir dari kecintaan kita. Hampir semua kesuksesan dalam hidup karena kita bekerja sebaik mungkin dilihat orang.  Hiduplah bebas sebebas2nya.

"Ikhlas itu termasuk menerima bahwa kita tidak mungkin 100% benar, sperti orang tidak Mungkin sepenuhnya salah. "

Segmen 4


Cara untuk ikhlas memiliki harapan, terutama bagi yang minder?
Lebih banyak orang gagal karena kelebihan yang tidak digunakan, daripada orang yang memiliki banyak kekurangan tapi berfokus pada yang bisa dilakukannya, itu ikhlas dan dicintai Tuhan. Karena orang itu bersyukur. Kita dihormati karena kita menyukuri yang bisa kita lakukan dan menumbuhkannya menjadi kelebihan yang mengindahkan kehidupan orang lain. Cara Menyukuri kelebihan adalah bersegera melakukan sesuatu yang bisa kita lakukan. Karena dari Situlah tumbuh kualitas2 yang aslinya diilhamkan Tuhan dalam kelahiran kita supaya bermanfaat Bagi sesama.

Lebih susah mana ikhlas memberi atau menerima?
Ada kotak sumbangan pakaian bekas, apakah ada kotak sumbangan pakaian baru itu aadalah salah satu Tanda manusia sulit ikhlas dalam memberi. Karena yang diberikannya adalah yang bekas dan yang tidak Disukainya. Padahal orang yang memberi yang mulia adalah memberi yang paling disukainya. Karena tidak mungkin memberi secara utuh kalau tidak memberi diri anda, kecintaan, waktu, pemikiran, otot, kerja keras, uang. Orang yang ikhlas iitu nilainya tinggi sekali. Karena yang ia lihat yang dilakukan selama ini adalah memberi orang lain ynag tidak paling baik. So, kalau memberi beras, berilah yang sama denganyang kita makan, kerena itu menyamaratakan Keberhasilan kita dengan orang lain.

Bagaimana mengikhlaskan hati yang terlanjur terluka?
Hati memiliki Kemampuan menyembuhkan diri yang hebat sekali. Semua yang terjadi dalam kehidupan yang menyakitkan hati anda akan tenggelam di hati. Semua keindahan juga akan tenggelam di hati, semua impian yang besar juga datang dari Hati. So, jangan merusak hati. Masa dari omongan kecil dari seseorang kita merusak Kehidupan. Hati ini besar sekali, gunakan kemampuan hati kita yang paling hebat yaitu untuk Melupakan. Kalu kita mengingat semua penghinaan yang telah kita alami, kita tidak bisa Hidup hari ini, tidak bisa tudur. Kalau mau melupakan yang buruk, berfokuslah pada yang baik.

"Cara menyukuri kelebihan adalah bersegera melakukan sesuatu yang bisa kita lakukan."

Segmen 5


Cara ikhlas sehingga tidak gampang menerima rasa cemburu?
Orang yang sangat mencintai tidak mungkin tidak cemburu. Jika seorang wanita bilang Kekasihku tidak cemburu-> bahaya. Artinya dia tidak ingin memiliki. Padahal cinta harus Memiliki. Orang yang bilang cinta tidak harus memiliki adalah orang yang frustasi. Tidak Mungkin mengelola cemburu tanpa logika. Logikanya orang cemburu kehilangan rasa Percaya diri bahwa dirinya rendah dan orang mengambil kekasihnya. Orang yang mau Menghilangkan rasa cemburu harus mengembalikan kepercayaan dirinya dan buat dia Mengerti bahwa yang dilakukannya itu salah.

Bagaimana kita tahu bahwa hasil yang kita peroleh itu karena keikhlasan kita dan Orang lain melihatnya kita sudah ikhlas?
Mengatakan bahwa anda ikhlas itu artinya anda belum ikhlas. Orang ikhlas itu lupa karena Ia terlalu sibuk Melakukan kebaikan. Orang ikhlas menerima keadaan dengan satu hukum dasar yaitu Ikhlas menerima Tuhan dengan segala kebenarannya. Orang yang menggunakan keikhlasan Tanpa dasar tersebut ikhlasnya karangan yang gampang rusak, yang sangat tipis dan Sementara, bahkan angin yang lembut pun akan mematikan api semangatnya. Tapi jika seseorang menggunakan dasar tersebut, bahwa yang melakukan baik akan mendapat Kebaikan, yang mendoakan kebaikan akan mendapat kebaikan, membalas akan menjadikan Kita sama jeleknya dengan orang yang menjahati kita , tapi memaafkannya menjadikan kita  lebih anggun. Orang yang beragama harusnya mudah sekali ikhlas. Bayangkan keindahan orang yang iman dan cerdas. Oleh karena itu orang yang berilmu diangkat derajatnya beberapa tingkat.

Kesimpulan


Banyak dari kita yang saat ini meratapi kekurangan-kekurangannya, iri melihat kelebihan orang lain. Menerima kekurangan adalah awal dari kelebihan. Orang yang menyiksa diri dengan meratapi kekurangannya dalah orang yang lemah. Begitu menerima bahwa dirinya lemah, sudah lebih kuat. Karena segera setelah menerima bahwa sebagian diri kita adalah pelabuhan bagi kelemahan, ia juga akan melihat kapal2 kekuatan yang ada di dalam dirinya. Sehingga orang yang ikhlas menerima dirinya lemah akan segera melihat kekuatan yang akan difokuskannya.

Salahkah menutupi kelemahan dengan ketegaran?
Setiap jiwa memiliki masalah dan kekhawatirannya sendiri. Dan engkau akan menjadi kuat karena ikhlas untuk tampil lebih kuat daripada aslimu. Itu bukan perilaku palsu, itu perilaku mensyukuri yang telah ada dan berupaya memantaskan diri bagi rahmat kekuatan yang lebih besar. 
Sehingga kita menjadi pelurus bagi pikiran orang lain, penjernih bagi hati orang lain,  dan pengindah bagi perilaku orang lain. Marilah membangun kekuatan hidup kita dengan menerima Tuhan beserta seluruh kebenarannya.


Link Video:

0 komentar:

Posting Komentar