09.12
0
Oleh : Muhamad Rohman
NRP : 5111100043
Kelas : Sosio Etika A

Krisis Identitas.
Banyak dari kita di jaman yang semakin modern ini semakin kehilangan identitasnya, ini biasa kita kenal dengan krisis identitas. Berbicara krisis identitas, banyak dari kita saat ini yang sedang nyaman dan menolak mengubah identitas, ada sebagian dari kita yang sedang sibuk membangun identitas barunya, dan sebagian lagi sedang mencoba mencari identitas lainnya yang tidak biasa. KEmudian timbul suatu pertanyaan, 
Mengapa ada banyak orang yang merasa terpenjara dengan kondisi ayang ada saat ini? Apakah dai mengalami krisis identitas?
Banyak orang saat ini berpikiran dan bangga dengan sifatnya yaitu just be my self. Tapi asal anda tahu sebenarnya yang dia mengerti bukan menjadi diri yang lebih baik tapi penyalah artian dari be unchanging self, menjadi diri yang lebih baik yang dia mampu.  Be my self yang tidak up to date, padahal sebenarnya mereka bisa lebih baik dari kondisi yang ada. Inilah yang disebut sebagai comfort zone sehingga menyebabkan missleading. Bagaimana mungkin kita bisa nyaman dikondisi yang tidak baik. Banyak orang terpenjara di konsep identitas yang tidak membesarkannya. Pemahaman ini muncul karena kita lebih banyak terdidik salah daripada terdidik benar. Jadi, bongkar segala pelajaran yang salah itu agar kita keluar dari apa yang disebut sebagai penjara kehidupan.

Banyak dari kita ketika ingin kabur dari krisis identitas, bosan dengan kondisi saat ini dan ingin mencoba hal yang baru. Suatu saat kita melihat figur seorang idola yang sepertinya bagus dan akhirnya kita mengikuti semua sifatnya, suatu saat ternyata dia memiliki kebiasaan buruk lainnya dan kita juga mengikutinya. Hakikatnya mencari identitas yang baik adalah mengambil irisan - irisan identitas terbaik dari setiap orang yang kita kagumi. Kita jahit sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu hingga menjadi lembaran kain yang tidak nampak seperti kain perca, tapi kain seutuhnya. Dan itulah identitas kiat yang kita bangun dari hal - hal yang kecil hingga layak untuk dipakai.

Terkadang kita perlu sebuah sifat yang entah terkadang dipandang baik dan terkadang buruk, yaitu pura - pura. Berpura - pura merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan. Suatu saat kita dihadapkan pada kondisi ini


0 komentar:

Posting Komentar