10.07
0


Dalam kehidupan ini ada hal baik dan ada hal buruk,kalau tidak punya sahabat, banyak musuh,.Seperti pepatah seribu sahabat kurang, satu musuh terlalu banyak.
“Orang-orang yang memusuhi kita, bukan musuh kita, karena kita tidak memusuhi mereka. 
Dalam kehidupan ini, walau tidak mungkin berhasil menyenangkan hati semua orang tapi kalau bisa sesedikit mungkin orang memusuhi kita.Jadi sikap kita kepada setiap orang sebaiknya adalah menganggap mereka semua sahabat, ada sahabat yang sudah jadi dan ada sahabat yang belum jadi.
Sahabat yang belum jadi adalah orang-orang yang mungkin menggunakan hati, pikiran dan mulutnya untuk menjahati kita, tapi kalau kita tidak menjahatinya, dan kita tetap jadi orang baik, yang mungkin suatu ketika bisa menjadi sahabat baginya.
Cara yang pasti gagal adalah usaha untuk menyenangkan semua orang, itu pasti gagal.
Kita tahu tidak mungkin semua orang menyenangi kita,Rasulullah, makhluk Tuhan yang sedemikian indah prilakunya saja masih saja ada pembencinya, bahkan 14 abad setelah meninggalnya tetap saja masih ada yang menghujatnya
Jadilah pribadi yang ikhlas menerima bahwa akan selalu ada orang yang memusuhi kita, walaupun kita tidak memusuhinya
Tuhan tidak membuat kesalahan dalam melakukan atau menciptakan apapun, orang- orang yang tidak bersikap baik kepada kita pasti mempunyai sisi yang baik.Kalau kita ikhlas setiap orang adalah sahabat kita, seperti yang dikatakan oleh Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln :
Cara terbaik untuk menghancurkan seorang musuh adalah menjadikannya seorang sahabat.
Bagaimana cara menyikapi sahabat yang jika menjadi musuh kita akan menjadi musuh yang mengerikan?
Ya memang sahabaat kita akan menjadi musuh yang mengerikan,karena dia tahu semua kelemahan kita, dia tahu semua rahasia kita.Itu sebabnya karena semua orang yang dekat dengan kita bisa salah mengerti dan memusuhi kita, upayakan jangan terlalu banyak curhat, tidak menceritakan sesuatu terlalu banyak.
Musuh sangat setia kepada kita, lebih setia daripada kekasih kita.
Yang menyebalkan dari musuh itu bukanlah wajahnya, tetapi kesetiaannya.Kekasih bisa diganti-ganti, tetapi musuh tetap.Musuh itu yang menyebalkan karena dia menempel, memperhatikan dengan sangat lekat. Semua yang kita lakukan terlihat salah .
Jadi sebetulnya musuh adalah fans yang salah sikap. Sikapnya salah tapi dia fans yang setia sekali itu yang membuat menyebalkan, karena itu yang membuat kita takut salah. Dan takut salah itu baik karena kalau tidak ada yang mengejar maka kita akan menjadi santai dan tidak takut salah.
“If u can’t beat them join them”
Kalau anda tidak bisa mengalahkannya maka bergabunglah.Nah dengan merubah pandangan kita,maka semakin dia terus membenci kita maka secara tidak langsung kita medapat mendapat masukan hal apa yang perlu kita perbaiki
Bagaimana menyikapi musuh dalam selimut?
Sebetulnya musuh dalam selimut itu adalah posisi yang paling baik.
Karena nasehat kuno adalah Jaga sahabatmu dekat-dekat dan jaga musuhmu lebih dekat lagi, supaya tahu apa yang sedang direncanakannya, dilakukannya dan yang disiapkannya;  supaya kita bisa memberi masukan, supaya fitnah yang keluar fitnah yang salah.Karena dia pikir dia mengetahui rahasia, itu rencananya.Beri tahu sesuatu yang sebetulnya baik, jadi yang difitnahkan baik kepada kita.Jadi musuh dalam selimut itu sudah baik, sudah dekat hanya ketidakcerdasan kita menjadikan orang yang mendengar semua rahasia kita.
“Orang yang sibuk menjelaskan bahwa fitnah itu salah,itu berarti dia tidak yakin mengenai kebenaran dirinya”
Dengan kita sibuk menjelaskan bahwa fitnah itu salah maka kita tidak yakin mengenai kebenaran penjelasan kita dan secara tidak langsung malah memperkuat fitah yang ada.Menyalahkan orang yang salah malah memperkuat yang diyakininya sebagai benar.
“Menjadi sahabat bagi orang lain itu harus amanah, tetapi tidak semua orang yang mensahabati kita itu adalah amanah.”
Sahabat adalah seseorang yang kita pilih, kita ambil, kita bangun kedekatan hatinya. Tapi orang yang mensahabati anda bisa mempunyai agenda-agenda yang tidak jujur, maka dalam bersahabat pandai-pandailah membaca maksud.
Orang-orang yang sulit ditipu adalah orang-orang yang apabila didatangi orang, dia langsung menanyakan maksudnya apa?
Orang-orang yang tertipu selalu 3, yaitu:
1.     Malas;
mencari jalan yang mudah itu yang dijadikan sahabat palsu
2.     Tamak
 mengupayakan banyak dengan usaha yang sedikit
3.     Logikanya tidak jalan
“Memaafkan adalah salah satu cara untuk memperbaiki rejeki. Lebih banyak waktu untuk memikirkan yang baik, hati kita lebih damai untuk mengenali pemberitahuan Tuhan.”
Yang dapat disimpulkan dari topik ini adalah :
-       Kehidupan ini bukan antara kita dan musuh kita.
-       Jangan menjadikan musuh menjadi penghalang jalan keberhasilan kita.
-       Tidak ada fitnah yang bisa mengena kalau tidak diijinkan Tuhan.
-       Sebagian dari kita belajar dari pendidikan yang diberikan oleh pembenci.
Tidak ada apa dan siapapun yang boleh menurunkan kualitas pribadi anda.Sehingga anggaplah mulai dari sekarang, semua yang memusuhi anda dikarenakan dia belum mengerti. Setelah mereka mengerti bahwa kehidupan anda adalah untuk kebaikan mereka.Mudah-mudahan mereka diberikan hidayah, pengertian dari Tuhan untuk menjadikan kita sahabat, bahwa musuh adalah sahabat yang belum jadi yang penting bagi kehidupannya.
Demikian resume ini,semoga bermanfaat bagi kita semua.
.
Link Youtube Part 1 || Part 2 || Part 3 || Part 4 || Part 5 || Part 6 || Part 7 
Shidqi Medistian Anantya
5110100103
Sosio Etika Kelas C

0 komentar:

Posting Komentar