13.19
0

Tema golden ways yang di bawakan Bapak Mario Teguh kali ini adalah “Beautiful Girl”, bagaimana menjadi pribadi yang seindah mungkin baik dari luar maupun dari dalam.
Tidak ada batasan bagi yang paling cantik karena kecantikan seseorang yang penting adalah yang dari dalam hati. Bagi orang-orang yang mencintai kita, tentu kita terlihat cantik (atau tampan). Oleh karena itu kecantikan itu relatif. Namun ada juga yang disebut dengan kecantikan absolut.
Bapak Mario melanjutkan, kecantikan yang tanpa cacat merupakan cacat yang sangat besar. Justru ketika kita sangat sempurna malah dicurigai bahwa sesungguhnya kita jauh dari sempurna. Lihat saja artis-artis korea yang sedang naik daun sekarang,  saking cantiknya sampai tidak sedikit yang percaya bahwa kecantikan mereka berasal dari operasi plastik alias buatan, bukan kecantikan asli yang dikaruniakan Tuhan ketika lahir. Hal ini dikarenakan ketika kita melihat begitu sempurnanya seseorang, kita berhenti mengagumi kesempurnaannya dan mulai mencari cacat yang disembunyikannya.
Orang yang menggunakan topeng cantik, selalu wajahnya tidak cantik, karena kalau cantik maka topeng itu tidak perlu. Berarti ada sesuatu yang menjadikan kecantikan itu absolut, indah sekali, cantik yang diluar dari riasan. Orang yang tidak mau keluar rumah ketika tidak berhias, sebetulnya sangat minder dengan wajah aslinya. Pak Mario lalu bertanya pada hadirin, “Kalau begitu siapa yang lebih kaya secara hakiki, secara kejiwaan. Orang yang tampil damai dengan apa adanya dirinya sendiri atau orang yang menghabiskan waktu lama untuk keluar?” yang kemudian hanya disambut dengan gelak tawa dan tepuk tangan yang meriah. Dari sini dapat kita ambil bahwa orang yang berupaya mencapai kecantikan yang sempurna, justru menunjukkan cacatnya rasa percaya diri.
Pada kesempatan berikutnya merupakan sesi interaksi dengan para hadirin di studio. Penanya pertama, seorang guru dan dosen, menanyakan tentang wanita ideal Pak Mario saat beliau masih seusianya. Pak Mario menjawab dengan sedikit gurauan bagaimana beliau dulu tidak pernah memikirkan wanita idaman karena seringnya ditolak. Banyak orang baik laki-laki maupun perempuan yang tidak mengerti apakah seseorang memiliki kualitas wanita atau pria idaman, yaitu kemampuan. Entah itu kemampuan olahraga, musik, maupun yang lainnya. Tapi semua itu tidak masalah, kata Pak Mario lagi, wanita terbaik akan kita dapatkan setelah kita kelihatan mampu dan mapan. Pribadi yang menarik bagi wanita-wanita idaman merupakan sosok pribadi yang dipupuk dari sedini mungkin, bisa contohnya dari cara berpakaian yang serasi sesuai dengan kemampuan saat itu.
Tuhan itu Maha Adil, sehingga apabila ada yang dikurangkan dari kita, pasti ada yang dilebihkannya. Setiap orang sudah memiliki kualitas untuk menjadikannya mulia, menjadikannya bintang kehidupan. Mengutip kata-kata Pak Mario, “I know I am not perfectly perfect, but there must be something inside me that is very beautiful”.
Infatuation atau dalam bahasa Indonesia tergila-gila, suatu keadaan dimana satu orang memiliki gairah yang berlebihan atau menjadi sangat mengagumi seseorang. Hal ini merupakan keadaan dimana seseorang sedang menyiksa dirinya sendiri dengan konsep wanita ideal, ketika ia belum melihat kenyataan dan kekurangan orang lain tersebut.
Ketika mengatakan akan menerima seseorang apa adanya, pastikan bahwa dia benar-benar yang terbaik untuk diri kita. Tapi jangan sampai menjadi seorang perfeksionis yang tidak rasional, yang terbaik pun di buang karena menunggu yang nanti lebih baik lagi. Tuhan mengindahkan siapa pun yang bersama kita sesuai dengan pribadi kita sendiri.
Orang tidak cantik berupaya supaya cantik sudah merupakan kecantikan, kecantikan jiwa. Sementara yang sudah cantik sejak lahir belum tentu jiwanya juga cantik. Banyak orang yang cantik sejak lahir namun membatalkan kecantikannya tersebut dengan sikap yang buruk.
Wanita yang mengijinkan laki-laki tampil selemah mungkin dihadapannya merupakan wanita yang dipercayai laki-lakinya. Pintu menuju hati laki-laki adalah kekaguman wanita. Tunjukkan bahwa kita memikirkan dan memperhatikan dia.
Banyak wanita yang tidak merasa cantik karena mengikuti standard orang lain. Namun kalau orang ikhlas menggunakan kecantikan yang ada dalam dirinya, maka kita akan bebas dari perasaan rendah meskipun kecantikan yang kita miliki tidak sesuai dengan pendapat orang lainHal ini dikarenakan orang lain belum tau mengenai kecantikan yang ada di dalam diri kita. 
Upayakan yang terbaik lalu tinggalkan pada Tuhan keputusannya. Hiduplah untuk kebaikan diri sendiri, untuk menjadi teratur dan cantik pada kehidupan.
Yang kita sukai belum tentu baik bagi kita, sementara yang tidak kita sukai belum tentu tidak baik bagi kita. Menurut Pak Mario, ada dua hukum yang mengatur: 1. laki-laki yang baik untuk wanita yang baik, dan sebaliknya; 2. banyak wanita baik yang memaksa menikah dengan orang yang tidak baik. Hal ini merupakan bentuk kasih sayang Tuhan, karena dengan dimasukkan pada keadaan seperti itu untuk mengajarkan agar kita memuliakan kehidupan.
Real beauty can't be seen by the eyes. Kecantikan sesungguhnya tidak bisa dilihat dengan mata. Tidak ada kamera yang cukup baik yang dapat menggambarkannya. Kita tidak akan mengenal seseorang dengan baik sampai kita berjalan jauh bersamanya, sampai kita tau bagaimana ia ketika marah, sedih, dan lainnya.
Kesimpulan materi kali ini yaitu, Mulai sejak lahir wanita itu sudah cantik karena dia adalah jiwa yang diberikan oleh Tuhan untuk disimpan di dalam rahim seorang ibunda. Bersama lahirnya seorang bayi, Tuhan menciptakan seorang ibu. Indah sekali wanita itu dalam kehidupan kita, laki-laki yang tidak memuliakan wanitanya, kehidupannya buruk. Bagaimana seorang laki-laki bisa berjaya, jika wanitanya tersiksa dan sedih. Tidak ada laki-laki bisa disebut sukses, jika wanitanya tidak berbahagia.



Oleh:
Fiandra Fatharany - 5111100154
Sosio dan Etika C
Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Informasi
Institut Teknologi Sepuluh Nopember

0 komentar:

Posting Komentar