21.31
0
                                                          "Mengatasi rasa takut GAGAL"
                                                 oleh: Nurul Wakhidatul Ummah 5111100003 

                 ada dua sisi dari satu koin yang sama yakni: rasa takut gagal atau keberanian untuk berhasil, dua pilihan ini yang selalu kita hadapi. tinggal bagaimana dan yang mana yang kita pilih. dan itu yang menentukan masa depan nati. "lebih baik mana mengalami kegagalan atau membayangkan kegagalan?" pertanyaan yang bisa kita tanyakan ke diri kita masing-masing, jika kita memilih membayangkan kegagalan karena alasan hal tersebut belum terjadi. mari kita sedikit mengganalisa, apakah jika kita membayangkan sudah ada tindakan?, belum, sedangkan jika kita sudah mengalami kegagalan maka sudah ada tindakan yang kita lakukan dengan begitu kita bisa menggoreksi tindakan yang salah sehingga dikemudian hari kita tidak melakukanya lagi. survey membuktikan bahwa banyak orang gagal dengan hal yang dibayangkannya gagal.orang yang berhasil tidak ada yang terbebas dari kegagalan mereka banyak yang menggucapkan "saya berhasil dari beberapa kali kegagalan saya, karena saya belajar menggambil pelajaran dari kegagalan saya".
             kegagalan disebabkan karena orang lain atau kita, kitalah yang mendapatkan keuntungan dari kegagalan itu. yang terpenting jangan perna takut gagal. jika kita selama ini haya menggalami kegagalan-kegagalan kecil carilah kegagalan yang besar.agar pelajaran yang kita ambil juga semakin besar.
             jika kita menginginkan agar bisa melakukan tindakan dengan cepat dan tepat, maka kita harus menggetahui dulu apa yang hendak kita capai dengan begitu kita akan lebih mudah dalam menggambil keputusan untuk bertindak. kebanyakan orang tidak menggetahui apa yang ingin mereka capai sehingga binggung dalam memilih tindakan.
            salah satu cara untuk menjadikan kegagalan menjadi kesuksesan adalah gunakan kegagalan untuk menyiksa diri, agar kita tidak menggulangi lagi, namun setelah itu cukupkanlah marah tadi dan ucapkan "untung saya memiliki kepribadian seperti kamu, sehingga lebih kuat setelah ini".
           santailah menghadapi kegagalan karena berhasil dan gagal adalah dua ssi dari koin yang sama. nikmati keadaan dimana anda takut sehingga anda bersiap-siap, nikmati saat anda berani dan menggalami kejadian yang belum anda bayangkan sebelumnya. nikmati saat anda menyesal mengalami kegagalan, lalu nikmati lagi saat anda melakukan keberanian lagi. nikmati semua proses yang ada. jangan pernah berharap hidup ini mudah,namun sebenarnya, hidup ini diperuntukan untuk orang yang menggangap mudah semua yang sulit. enjoy with process.
          pepatah jawa menggatakan" ojok nyawang ndokor-ndokor engko nek tibo loro". yang dimaksud disini adalah kita harus memasang mimpi besar kita yang realistis. realistik bukan berarti hal yang hanya mungkin saat ini kita bisa lakukan. realistik bisa hal yang besar sekali yang saat ini tidak bisa kita lakukan namun, akan bisa kita lakukan dengan proses. proses inilah yang bisa kita rancang dan kita usahakan. saran dari pak mario adalah lihatlah jalan naik karena dengan melihat orang naik kita bisa menggetahui jalan naik dan cara-cara untuk naik.
             sebenarnya orang disebut gagal adalah orang yang belum berhasil saat ini. orang disebut gagal hanya bila orang itu berhenti. jadi meskipun kita gagal berkali-kali, namun jika kita masih menggusahakannya masih berjuang dan bertindak untuk hal tersebut maka kita belum bisa disebut gagal.
                          perbesar rasa inginmu bukan ketakutanmu.

                      rasa takut gagal itu awalnya tidak baik, tapi jika anda gunakan untuk membangun tenaga untuk lebih baik rasa gagal itu menjadi berkat. cara membayangkan kesuksesan itu adalah bayangkan anda diosisi orang yang anda rasa lebih baik dari anda.

kesimpulan:
1. apapun rasa takut anda dan keinginan anda untuk berhasil.sebenarnya yang paling penting adalah yang anda lakukan karena ketakutan itu dan yang anda lakukan karena keinginan keberhasilan anda.
2. jika ada kemungkinan bagi anda untuk gagal berarti ada kemungkinan untuk berhasil. jadi berfokuslah pada yang membrasilkan, lalu perhatikan apa yang terjadi.



sumber:
http://www.youtube.com/watch?v=9HSUdCaptwg
http://www.youtube.com/watch?v=mRCWKsn9yeQ
http://www.youtube.com/watch?v=NgntXjnN4rM

0 komentar:

Posting Komentar