09.38
0
Banyak hal yang berkaitan dengan cara mengatasi rasa takut gagal
  • Lebih baik memilih mengalami kegagalan daripada membayangkan kegagalan. dengan mengalami kegagalan, kita sudah melakukan sesuatu untuk meraih keberhasilan walaupun itu tidak berhasil. tetapi dengan kegagalan ini, kita mendapat evaluasi dari kegagalan tersebut dan berusaha untuk memperbaiki. beda halnya dengan membayangkan, itu malah membuat orang hanya berpikir saja dan tidak melakukan sesuatu. banyak fakta yang mengatakan bahwa membayangkan kegagalan telah banyak membuat banyak orang gagal.
  • banyak orang sukses karena mereka telah mengalami banyak kegagalan dalam hidup mereka. mereka mengatakan bahwa mereka sukses karena telah gagal berkali dan banyak mengambil hikmah daari kegagalan tersebut.
  • Jika ingin tepat dan cepat dalam menindaki sebuah kegagalan, maka kita harus benar2 tahu tentang apa yang ingin kita capai. ketidaktahuan kita akan membuat kita bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika kita mengalami kegagalan tersebut.
  • Buatlah suatu kegagalan menjadi sesuatu yang bisa menyakitkan dirimu dimanapun dan kapanpun kita berada dan selalu ingat dengan kegagalan tersebut maka itu merupakan tindakan untuk memanajemen suatu kegagalan agar kita bisa memperoleh suatu keberhasilan. Dan selalu bersyukur bahwa kita memiliki pribadi yang kuat baik dalam maupu luar sehingga kita bisa bertahan setelah mengalami kegagalan.
  • Perlu diingat bahwa "Orang Pemberani adalah orang pada intinya sama takutnya dengan Orang Penakut tetapi yang membedaknnya dengan Orang Penakut ialah dia tetap melakukan apa yang awalnya ia ingin lakukan".
  • Pesimis merupakan salah satu faktor yang membuat orang takut gagal. Ada banyak hal yang bisa mengubah pesimis menjadi optimis. contohnya mengubah kata "paling" menjadi "harus bisa". 
  • Tetapi rasa takut juga ada manfaatnya yaitu dapat digunakan untuk membangun keberanian dalam diri seseorang, dan juga sebagai pengendali dari sikap takabur.
  • Berdasarkan data yang ada, orang yang kurang pintar lebih banyak berhasil dan sukses daripada orang yang pintar. hal itu disebabkan karena orang pintar terlalu banyak persiapan seperti membayangkan sesuatu. jika apa yang dibayangkannya itu jelek, maka ia tidak akan melakukan itu. beda dengan orang yang kurang pintar, mereka sedikit persiapan tapi banyak melakukan sesuatu walaupun hasilnya jelek mereka tetap melakukannya.
  • "Menjauhi sebuah kegagalan berarti menjauhkan diri dengan keberhasilan". Jangan lari dari suatu kegagalan. Hadapi kegagalan tersebut dengan jiwa yag besar dan lapang.
  • Nikmati saja setiap keraguan yang ada dalam setiap langkah kita yang membuat kita merasa tidak nyaman. Percayalah hidup itu diperuntukan untuk orang-orang yang bisa menjadikan semua yang sulit itu menjadi sesuatu yang mudah.
  • Jangan menilai dan menyelasaikan suatu masalah dengan satu jalan tapi lihat juga jalan yang lain.
  • Ubahlah pandangan mengenai orang gagal. Anggap orang gagal adalah orang yang saat ini belum bisa berhasil dan akan terus menerus melakukan sesuatu dan selalu mengevaluasi dari setiap kegagalannya.
  • Jangan takut dengan namanya "kegagalan". Kegagalan itu merupakan salah satu bentuk wujud kasih sayang Allah terhadap kita. Allah memberi kita sebuah kegagalan agar kita bisa tahu bahwa apa yang kita lakukan itu merupakan jalan yang salah. Dengan kata lain, kegagalan memudahkan langkah kita untuk menuju jalan yang benar.
  • Milikilah rasa ingin yang lebih dalam mengatasi suatu kegagalan. Jangan sampai rasa ingin kita kalah dengan tekanan yang datang akibat kegagalan tersebut.
  • Pemimpin yang bagus adalah pemimpin yang memiliki ketegasan dalam melakukan sesuatu dan tidak takut dalam mengambil keputusan serta tidak takut gagal atas keputusan yang diambilnya.
  • Agar kita bisa sukses maka kita harus bisa menempatkan diri kita pada posisi yang tepat dan lebih dalam melakukan tugas. Jika kita masih belum mampu, maka carilah orang yang mampu dan belajarlah dari dia/mereka.
  • Yakinilah "Jika ada kemungkinan bagi anda untuk gagal berarti ada kemuungkinan untuk berhasil lalu fokuslah pada yang memberhasilkan lalu perhatikan apa yang terjadi selanjutnya."
Nama : Novandi Banitama
NRP : 5111100080
kelas : A

sumber video:
link 1
link 2
link 3

0 komentar:

Posting Komentar