23.56
0

Nama : Shidqi Medistian Anantya
NRP  : 5110100103
Kelas : C

Testimonial
Saya merasa terkesan dengan kuliah Sosio dan Etika yang saya ikuti pada semester ini terutama dengan konsep kuliah tamu. Dengan adanya kuliah tamu,kita bisa mendapatkan suasana bebeda karena bertemu dengan kelas yang lain dan mungkin bisa saling berdiskusi tentang materi kuliah tamu.Banyak sekali materi yang bermanfaat yang membantu saya untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi yang saya bisa gunakan untuk menghadapi dunia kerja setelah saya menyelesaikan studi saya di Teknik Informatika ITS. 

Materi yang paling berkesan :

1.  Implementasi Sosio dan Etika Bidang IT di Pemerintahan
Materi yang disampaikan pada kuliah tamu ini memberi gambaran pada saya bagaimana sosio dan etika di bidang pemerintahan.Dalam kuliah ini juga ditunjukkan bahwa dengan penerapan IT di Pemerintahan banyak membantu banyak hal dan merubah cara kerja pemerintahan menjadi lebih efisien.
Saya yakin jika penerapan IT dilakukan secara sungguh-sungguh maka bisa mengarahkan Indonesia menjadi negara maju,tentu saja dengan penerapan Sosio dan Etika yang baik.Sebagai contoh penerapan aplikasi pengajuan paspor online sebenernya sudah berjalan cukup lama,tapi masih sedikit yang tahu dan mengerti.Padahal dengan mengajukan aplikasi secara online masyarakat dapat menghemat waktu dan biaya.
2.  IT Career and Profession
Materi ini menurut saya bermanfaat karena pembicara memberikan gambaran yang cukup detil tentang dunia kerja dalam hal memilih pekerjaan yang tepat,memberikan tips-tips untuk menghadapi masalah yang ada selain itu kuliah ini berkesan karena hadirnya alumni yang memberikan motivasi dan berbagi pengalaman kepada kami.
3.  Prepare Your Future with Study Abroad
Saat ini sudah banyak kesempatan belajar di Luar Negeri melalui jalur beasiswa baik S2 maupun S3 yang terkadang menimbulkan pertanyaan pada seorang Mahasiswa,apakah dirinya siap untuk belajar di Luar Negeri?Dalam kuliah tamu ini kita mendapatkan wawasan bagaimana mempersiapkan diri dengan baik untuk menempuh studi di luar negeri misal menghadapi perbedaan budaya yang beraneka ragam.

Usulan materi : 
Mendatangkan pembicara dari kalangan profesional yang sudah berpengalaman sehingga bisa memberikan materi yang tepat sasaran.Saran saya mungkin materi lebih fokus pada materi yang berada dalam lingkup dunia kerja,hitung-hitung untuk persiapan KP.Karena menurut saya saat KP kita melakukan simulasi di dunia kerja sehingga pengetahuan tentang sosio dan etika yang baik.

Kritik :
Menurut saya mungkin resume tidak harus dikumpulkan setelah kuliah tamu berakhir,karen saya merasa bahwa teman-teman lebih fokus untuk mencatat materi,sehingga orientasinya hanya mencatat lalu dikumpulkan dan saya rasa materi tersebut akan terlupakan.Sebaiknya materi kuliah tamu dibahas di kelas yang jadwalnya sudah ditetapkan setelah penyelenggaraan kuliah sehingga diharapkan materi dapat terserap dengan baik dengan adanya diskusi.

Saran :
Sebaiknya tema dari kuliah tamu sudah ditetapkan dalam Rencana Pembelajaran agar sesuai dengan materi yang ingin disampaikan dan lebih terstruktur.

Kepanitiaan :
Dalam hal kepanitiaan,Alhamdulillah kelompok kami tidak menemui hambatan yang berarti.Tidak ada kesulitan yang berarti baik dari segi teknis maupun non teknis.Kelompok kami sangat kompak dan Bu Adhatus Solichah juga sangat membantu dalam persiapan kelompok kami.Sebelum saya akhiri review ini,saya mewakili kelompok saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh pihak yang terkait.Demikian review saya tentang perkuliahan Sosio dan Etika semester ini,semoga bermanfaat.



0 komentar:

Posting Komentar