09.33
0
Rarasmaya Indraswari
5111100072
Soset B

Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Imam, Bu Yuhana, dan Bu Licha sebagai dosen matakuliah Sosio dan Etika 2013 ini karena telah memberikan wadah bagi mahasiswa untuk belajar mengenai sosio etika dengan cara yang menarik dan mendidik. Menarik karena ilmu yang didapat tidak hanya berasal dari kegiatan belajar mengajar di kelas melainkan juga berasal dari kuliah tamu yang diadakan secara bergiliran oleh kelompok-kelompok yang ada. Mendidik karena di sini kami tidak hanya belajar mengenai sosio etika tetapi kami juga mau tidak mau belajar tentang rumitnya menjadi penyelenggara acara - dalam hal ini menyelenggarakan kuliah tamu.

Banyak sekali ilmu yang saya dapat. Mulai dari mengenal profesi-profesi yang ada di bidang IT (materi ini dikemas dengan menarik oleh Bu Yuhana melalui sesi bermain peran di mana saya mau tidak mau harus mencari tahu tentang profesi yang ada di dunia IT), etika yang harus dimiliki sehubungan dengan dunia IT, cerita dan pengalaman mengenai dunia kerja, hingga cara-cara berkomunikasi yang baik. Beberapa kuliah tamu yang diberikan membuat saya termotivasi untuk berusaha "lebih" agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Materi kuliah tamu yang menurut saya menarik antara lain :
- "Public Speaking as Your Complementary Qualification" oleh Bapak Rio Purboyo; karena di sini kami diminta praktek langsung bagaimana berbicara di depan umum. Yang paling berkesan bagi saya adalah ketika kami diminta untuk berpasangan 2/3 orang dan mempraktekkan beberapa hal untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Dari sini saya jadi termotivasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara saya.
- "The Art of Effective Presentation" oleh Bapak Akhmad Guntar; karena slide yang ditampilkan dan cara penyampaiannya menarik serta mudah diterima. Banyak sekali kata mutiara dan pemikiran super yang disampaikan oleh pembicara. Saya ingat, saya merasa "eman" saat harus mengumpulkan resume kuliah tamu ini.
- "Preparing Your Future with Study Abroad" oleh Pak Hari dan Pak Ary; karena materi yang diberikan membuka wawasan dan menambah motivasi untuk berpendidikan setinggi mungkin dengan tujuan pengabdian kepada bangsa dan negara. Selain itu sharing cerita dan pengalaman dari kedua pembicara sangat menarik.

Kritik dan saran untuk kuliah tamu sosio etika antara lain :
- Saya merasa kurang pas dengan sistem mengumpulkan resume setelah kuliah tamu selesai. Waktu yang sempit membuat peserta tidak sempat menyalin resume ke tempat lain (bukan di lembaran yang akan dikumpulkan) padahal ada materi yang menarik dan sayang sekali jika karena tidak adanya catatan maka materi tersebut jadi terlupakan. Saya menyiasati hal tersebut dengan memfoto resume dari materi yang saya anggap berkesan.
- Adanya kuliah tamu sosio etika ini menimbulkan keluhan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kuliah tamu oleh Departemen Penyelenggaran Profesi HMTC. Kedua kuliah tamu itu jadi terkesan "bertabrakan" dan karena kuliah tamu sosio etika wajib diikuti oleh mahasiswa yang mengambil kelas sosio etika, maka akibatnya kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Departemen Pengpro jadi sepi peminat. Saran saya sebaiknya ada koordinasi dalam penyelenggaraan kedua jenis kuliah tamu tersebut.

Mengenai usulan materi, menurut pendapat saya materi-materi yang diberikan selama kuliah tamu temanya sudah luas dan mencakup banyak hal. Mungkin lebih baik jika mahasiswa bisa diajak terjun langsung untuk mengetahui bagaimana kondisi dunia kerja selepas dari perkuliahan, misalnya dengan melakukan kunjungan ke perusahaan. Sistemnya sama dengan menyelenggarakan kuliah tamu, diorganisir oleh satu kelompok secara bergantian. Tetapi karena jumlah total mahasiswa sosio etika terlalu banyak, mungkin koordinasinya per kelas saja, tidak digabung tiga kelas menjadi satu.

Saya tergabung dalam kelompok Soset B3. Dan alhamdulillah banyak ilmu yang saya dapatkan selama menjadi panitia. Mulai dari bagaimana memanajemen orang, manajemen waktu, hingga detail teknis manajemen kegiatan. Dan saya berterima kasih sekali kepada semua teman-teman anggota kelompok saya, dan terutama kepada ketua panitia yang super : Febri, karena tanpa adanya kerjasama yang kompak dari semua pihak maka acara kuliah tamu "Kebebasan Berekspresi dalam Dunia IT" dan "Kejahatan di Dunia Maya" oleh Pak Rio Indra Maulana serta Pak Dzulfikar Adi Putra tidak akan terlaksana. Terutama karena saat itu adalah masa-masa yang sibuk oleh FP dan UAS. Terima kasih sekali karena mereka mau meluangkan waktu di saat seperti itu :)

Akhir kata, terima kasih kepada Pak Imam, Bu Yuhana, Bu Licha, teman-teman kelompok B3, serta semua teman-teman peserta yang telah membantu mensukseskan kuliah tamu sosio etika kelompok kami.
Terima kasih juga atas semua ilmu yang telah dibagikan kepada kami selama ini :)

Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar