07.32
0
Oleh:
Muhammad Farhan Adha - 5111100109

Kesempatan kali ini, saya akan me-review mengenai jalannya kuliah soset pada semester ini (2012-2013). Baiklah, berikut adalah review kuliah soset versi saya.
  • Testimonial Kuliah Sosio dan Etika 2013
Ditengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, tak jarang kita mendengar berita mengenai dekadensi moral bangsa. Hal tersebut bagaikan pukulan telak ditengah kompetisi adu kepentingan berbagai pihak. Hal ini pun seharusnya dapat dengan cepat menyadari bahwa intelegensia bila tidak diikuti dengan character building hanya akan menjadi boomerang. Karena itu, ITS khususnya Jurusan Teknik Informatika menurut saya membuka sebuah mata kuliah yang berbeda orientasi dari mata kuliah-mata kuliah lain di jurusan Teknik Informatika yaitu Sosio dan Etika.
Mata kuliah Sosio dan Etika menempatkan mahasiswa agar mampu memiliki nilai lebih, khususnya dari sisi character. Setelah saya mengikuti mata kuliah Sosio dan Etika, banyak sekali manfaat yang dapat saya ambil dan langsung dapat saya aplikasikan dalam dunia perkuliahaan. Salah satunya adalah disiplin waktu. Ya, disiplin waktu adalah salah satu yang sangat ditekankan pada mata kuliah Sosio dan Etika. Disamping itu, ketika kita melakukan pelanggaran, kita akan didorong untuk menentukan sendiri hukuman yang tepat untuk diri kita sendiri. Hal tersebut, adalah salah satu hal positif yang dapat saya ambil karena dengan begitu kita dapat belajar banyak dari kesalahan dan menentukan seberapa besar kesalahan kita dengan mengganjar perbuatan kita dengan hukuman yang setimpal.
Kuliah Sosio dan Etika juga hampir keseluruhannya diisi oleh pemateri dari luar (selain dosen Sosio dan Etika). Dengan materi yang berbeda-beda tiap minggunya beserta pembicara-pembicara yang luar biasa, sangat mampu memotivasi para peserta kuliah Sosio dan Etika untuk dapat mengaplikasikan setiap ilmu-ilmu baru yang diberikan setiap minggunya. Kuliah yang diisi oleh pemateri dari luar ini juga dapat menambah motivasi dalam menimba ilmu di Teknik Informatika ITS.
Yang tidak kalah penting dari kuliah Sosio dan Etika ini adalah ketika kita dihadapkan untuk mengadakan atau menjadi panitia dalam kuliah tamu. Dari sini kita belajar mengorganisasikan sebuah kegiatan, belajar mengemukakan pendapat, belajar berorganisasi, dan belajar bertanggung jawab.
Itulah berbagai pelajaran yang saya dapatkan dalam Kuliah Sosio dan Etika selama satu semester ini, tentunya saya harapkan motivasi yang telah saya dapatkan dari kuliah Sosio dan Etika dapat terus terjaga hingga impian saya bisa tercapai.

  • 3 Materi paling berkesan
    1.   Technopreneurship Ways in IT
Menurut saya, materi ini dapat merubah cara pandang sebagian besar mahasiswa yang setelah lulus ingin mencari kerja menjadi setelah lulus membuka lapangan pekerjaan. Walaupun membangun bisnis yang mulai dari bisnis kecil-kecilan, dengan berbagai tips dan trik berwirausaha yang diberikan oleh Bapak Imam Baihaqi, saya rasa bukanlah hal yang mustahil lagi ketika kita lulus nanti kita bisa langsung terjun ke dunia wirausaha

    2.   Preparing Your Future With Study Abroad 
Dari kuliah ini, banyak membuka pikiran dan pengetahuan mengenai kuliah di luar negeri. Dengan pemateri bapak Hari Ginardi dan bapak Ary Mazharuddin yang sudah mencicipi langsung kuliah diluar negeri, para mahasiswa disuguhkan cerita-cerita dan pengalaman-pengalaman beliau yang menarik dan pelajaran-pelajaran yang bisa kita ambil ketika atau akan mengambil kuliah diluar negeri suatu hari nanti.


    3.   Lets Get Ready For a Competitive IT Based Work (Noor Azzam)
Materi ini juga salah satu materi yang mampu memotivasi para peserta untuk belajar lebih banyak ketika kuliah, karena pekerjaan IT diluar bukan hanya akan diisi oleh para lulusan IT pula, namun dari berbagai kalangan bisa masuk sehingga persaingan begitu terbuka lebar. Dengan pemateri Pak Noor Azzam yang sudah berkecimpung didunia IT, banyak sekali pengalaman bermanfaat yang beliau bagikan kepada peserta.

  • Kritik dan Saran untuk kuliah Sosio dan Etika
Tidak dapat dipungkiri, bahwasanya pelaksanaan kuliah tamu dari minggu ke minggu masih banyak terdapat kekurangan. Berikut adalah kritik dan saran saya untuk kuliah soset kedepannya.

Pembagian doorprize
Menurut saya, sebaiknya doorprize di tiap minggunya ditetapkan pembagiannya. Misalkan untuk: mahasiswa yang pertama datang, mahasiswa yang memberi pertanyaan, atau random doorprize untuk beberapa mahasiswa. Selain itu, untuk mahasiswa yang melakukan pelanggaran, seperti: datang telat, tidur saat materi, dan bermain hp saat materi, sebaiknya diberi hadiah yang dapat menyadarkannya. Sebagai contoh, pada kuliah tamu terakhir, salah satu mahasiswa yang datang telat justru mendapat coklat, menurut saya dari contoh tersebut dapat membolak-balikkan paradigma kita bahwa yang salah seharusnya dihukum, namun dalam kasus ini justru diberi hadiah.

Hanya itu kritik dan saran yang saya harapkan dapat membawa kuliah Sosio dan Etika lebih baik lagi kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar