15.54
0
Nama : Dini Putri Mandasari
NRP : 5111100013





Alhamdulillah, dengan mengikuti kuliah soset ini, saya dan teman-teman semua bisa merasakan bagaimana suka dukanya dalam membuat acara. Kami semua jadi mendapatkan kesempatan untuk tergabung dalam kepanitiaan. Saya juga bisa merasakan mengisi sambutan ketua panitia di depan :p hehe. Ini pengalaman yang sangat berharga. Selain itu, tiap minggunya kami dapat kesempatan mendengarkan materi yang bagus-bagus secara gratis. Dapat menambah pengetahuan juga :) alhamdulillah sekali


 


1. Public Speaking as Your Complementary Qualification
Mengapa saya mengambil materi ini sebagai materi favorit? Karena sebagai materi kuliah tamu yang ke-empat, pembicara dari materi ini mampu mengemas acara lain daripada yang lain. Berbeda dari 3 materi sebelumnya yang terkesan monoton. Di kuliah tamu edisi kali ini, pembicara mampu memberikan parktik langsung kepada peserta, bukan hanya memberikan teori-teori. Pembawaan yang komunikatif dan ramah pun menjadi nilai tambah. Yang terpenting sih karena saya termasuk panitia dalam kuliah tamu edisi tersebut, jadinya saya tau pasti bagaimana gentingnya mempersiapkan kuliah tamu saat itu. 


2. The Art of Effective Presentation
Ooooh kalo ini sih jelas favorit karena pembicaranya pak Guntar. Sebelumnya saya sudah pernah mengikuti acara yang dibawakan beliau, dan memang terbaik! :) Pembawaan yang selalu bersemangat, diselingi guyonan. Satu yang selalu saya ingat yaitu ppt beliau yang super keren. Simpel tapi elegan. Beda dari yang lain.

3. Prepare your Future with Study Abroad 
Kalau ini menjadi favorit karena kuliah tamu dikemas seperti talk show. Ada moderator yang bertanya beberapa pertanyaan mengenai topi tertentu, tidak monoton pembicaraan satu arah saja. Materi yang disampaikan pun membuat saya tahu gimana suka dukanya hidup di negara orang. Gimana rasanya mengalami culture shock. Gimana rasanya keliling tempat-tempat unik di sana. Alhamdulillah, jadi menambah motivasi untuk bisa ke luar negeri :)
 

 


Saya ingin memberikan kritik dan saran masalah penulisan review di akhir acara kuliah tamu. Penulisan review selama acara berlangsung jujur sedikit mengganggu dan membuat saya tidak benar-benar fokus terhadap materi. Saran saya sih, pengumpulan review jangan sedetik (?) setelah acara berakhir, mungkin bisa pada hari seninnya dengan format yang lebih menarik. Seperti mind map, atau apapun terserah kreativitas mahasiswa.
Untuk usulan materi kultam selanjutnya adalah memperbanyak materi tentang etika dalam membangun perangkat lunak.


 berfoto bersama Pak Rio Purboyo


 
 Mau dapet materinya? Klik disini deh :)

0 komentar:

Posting Komentar