01.15
0


Kuliah Sosio dan Etika semester ini sangat padat dengan penyelenggaraan kuliah tamu. Kuliah tamu menurut saya sangat penting karena dari situ saya dapat mengambil ilmu dan pengetahuan mengenai pengalaman dari tamu yaitu pembicara yang diundang pada kuliah tamu. Secara tidak langsung saya merasakan pengalaman dari pembicara, memetik apa yang sebaiknya dilakukan saat menghadapi suatu permasalahan di kehidupan yang tidak hanya lingkup akademik saja. Kuliah tamu Sosio dan Etika sangat bermanfaat untuk pengembangan profesi di masing-masing individu. Merupakan salah satu bekal untuk menginjakkan langkah ke depan nanti. Dengan bimbingan dosen-dosen yang sangat pantas menjadi teladan sesuai dengan mata kuliah ini yaitu Sosio dan Etika. Dosen pembimbing kami selama ini sudah memberikan banyak ilmu dan pengalaman beliau-beliau mengenai Sosio dan Etika seperti kedisiplinan dan mencoba merasakan peran profesi. Terima kasih dari saya atas bimbingan beliau selama ini.

3 kuliah tamu yang sangat berkesan bagi saya adalah 

Public Speaking as Your Complementary Qualification
Dalam kuliah tamu kali ini, menurut saya sangat berkesan karena pembicara benar-benar berusaha agar audiences memahami maksud dan tujuan dari pembicara. Materi yang benar-benar melibatkan kami sebagai audience mempraktikkan langsung sehingga materi lebih merasuk. Saat itu juga saya termotivasi untuk berani bicara di depan publik.

Kebebasan berekspresi dalam Dunia ITdan Kejahatan di Dunia Maya
Sangat berkesan bagi saya karena saat ini saya menjadi panitia, merasakan kerja kelompok yang solid dalam mempersiapkan sebuah acara, menghubungi pembicara hingga registrasi. Sungguh menyenangkan dapat menyelenggarakan suatu acara. Saya sangat tertarik dengan materi Kejahatan di Dunia Maya. Pembicara adalah seorang dosen yang tau betul mengenai jaringan, saya tertarik mendengarkan penjelasan beliau tetang bagaimana cara memproteksi di dunia maya dan cara mengatasi pembobolan sekuritas jaringan.

IT Career and Profession

Kuliah tamu yang satu ini sangat istimewa karena panitia penyelenggara acara ini adalah dosen-dosen kami dan asisten Sosio dan Etika. Panitia sangat siap, tanggap dan disiplin dalam menjalankan tugas. Mereka memberi contoh yang baik kepada kami sebagai anak didik. Menurut saya panitia sudah cukup tepat memilih pembicara yang sangat berpengalaman di bidang IT sehingga pembicara memberi wawasan luas dengan pengalamannya selama ini. Semua ini memotivasi saya dalam bekerja di bidang IT.

Materi kuliah tamu tahun depan yang saya usulkan adalah "cara membuat, mendaftarkan, dan melindungi hak paten seorang pembuat project IT" menurut saya sangat penting di jaman globalisasi ini yang teknologinya semakin berkembang pesat. Banyak orang yang mencari-cari ide brilliant untuk keuntungan komersil. Tak jarang dengan mencontek karya orang lain dengan sengaja. Itu tentunya sangat merugikan pihak pencetus dan pembuat ide tersebut.

Kritik dan Saran
Dosen pembimbing memang seharusnya selalu memberi teladan yang baik (Sosio dan Etika yang baik) kepada anak didik
Materi-materi yang diberikan hendaknya memberi praktik yang nyata dalam ber-Sosio dan Etika

Terima kasih bagi dosen pembimbing yang telah membing saya di Sosio dan Etika, khususnya kepada yang terhormat Ibu Yuhana.


0 komentar:

Posting Komentar