03.30
0
NRP: 5111100064
Nama: Ria Yunita Sari
Kelas: B

Tidak terasa, selama 1 semester ini saya dan teman-teman telah mengikuti mata kuliah sosio-etika dengan 10 kali kuliah tamu, 9 kali dari mahasiswanya sendiri, dan 1 kali dari bapak-ibu dosen sosio etika.

Testimonial:

kesan mengikuti kuliah soset selama 1 semester ini:

kuliah sosio etika menurut saya adalah matakuliah yang berbeda dengan matakuliah-matakuliah lainnya, yang memberi materi tentang softskill dibandingkan dengan matakuliah lainnya yang rata-rata hanya berisi materi hardskill di informatika. Kuliah sosio etika ini diwarnai dengan berbagai macam orang dari luar yang berlatar belakang berbeda-beda, meskipun memiliki dasar dalam dunia IT. Di informatika kita kebanyakan hanya berinteraksi dengan komputer, bahkan hampir lupa dengan kehidupan di dunia kerja nanti, dunia masyarakat. Nah, di kuliah sosio dan etika inilah kita diberi sedikit materi-materi ketika kita di dunia kerja nantinya.

3 materi yang paling berkesan / bermanfaat:

Dari semua kuliah tamu, 3 materi yang menurut saya berkesan/bermanfaat adalah:

-Kebebasan berekspresi dalam Dunia IT dan Kejahatan di Dunia Maya, kuliah yang satu ini bertemakan 2 buah tema yang sebenarnya sangat bertentangan, tetapi 2 pembicara mengemasnya menjadi 2 tema yang menyatu sama lain, materi pertama tentang kejahatan di dunia maya, bagaimana kita mengantisipasi terjadinya pencurian identitas di dunia maya, dilanjutkan dengan materi kedua, yaitu kebebasan berekspresi, tentunya di dunia maya juga, berkaitan dengan sosial media, kita disuguhi dengan cerita-cerita yang menarik tentang tokoh-tokoh yang menginspirasi kita untuk berekspresi yang positif di dunia maya.

-IT Career and profession, kuliah tamu ini yang menurut saya berbeda dari kuliah tamu lainnya, juga paling siap panitianya, karena oleh bapak ibu dosen sosio dan etika, serta dari para alumni C14. materi ini sebenarnya yang paling saya nanti-nanti, karena materi ini membahas dengan spesifik karir-karir apa saja yang bisa ditekuni saat kita lulus nanti, dan juga bagaimana kiat-kiat untuk sukses nantinya.

-preparing your future with study abroad, kuliah tamu ini mengundang 2 dosen informatika, pak Hari dan pak Ary, walaupun begitu, beliau memiliki banyak pengalaman di luar negeri yang tidak bisa didapatkan ketika study di dalam negeri saja. Bagi yang ingin ke luar negeri, mungkin bisa memiliki sedikit gambaran dan kiat-kiat untuk mempersiapkan studi di luar negeri.

Kritik dan saran untuk kuliah soset yang akan datang:

Untuk kuliah soset kali ini sudah sangat bagus dengan adanya kuliah tamu, namun menurut saya ada hal yang menurut saya kurang efektif diterapkan saat kuliah tamu, yaitu pembuatan resume saat kuliah tamu dan pengumpulan langsung saat selesai kuliah tamu, menurut saya pembuatan resume ditengah-tengah kuliah tamu sangat mengganggu perhatian audience untuk fokus ke pembicara, tetapi malah fokus untuk menulis resume, alangkah lebih baik jika resume tidak langsung dikumpulkan saat selesai kuliah tamu, tetapi saat akhir semester, dikumpulkan menjadi sebuah makalah, yang memuat semua resume kuliah tamu selama 1 semester, dengan begitu materi akan lebih terserap dan lebih diingat. Pembuatan makalah akhir ini bisa didukung dengan adanya dokumentasi dari kuliah tamu itu sendiri, seperti PPT dari pembicara dan juga Video dokumentasi, sehingga hasil dokumentasi tidak sia-sia dan bermanfaat.

Usulan materi yang disampaikan:

untuk materi kuliah tamu yang akan datang, saya mengusulkan tema "IT Career Strategies for Women" karena dari kuliah tamu-kuliah tamu sampai sekarang ini belum ada yang mendatangkan pembicara perempuan yang berkarir di dunia IT, dan tema ini sangat diperlukan bagi para mahasiswi-mahasiswi informatika yang nantinya akan berkarir di dunia IT dan juga akan berrumah-tangga. Selain itu juga seperti tema "prepare your future with study abroad" menurut saya perlu dispesifikkan lagi mengenai materi tentang studi-studi apa saja yang bisa kita pilih, seperti double-degree, fasttract, dan studi lainnya. Setelah itu materi yang menurut saya tidak kalah penting, yaitu mengenai bidang minat, KCV, NCC, dan juga RPL yang menjadi pertimbangan bagi para mahasiswa semester 4 yang harus memilih di semester 6 nantinya.

Curhatan Panitia:

Dari kepanitiaan saya dan kelompok saya dalam kulih tamu bertemakan "Kebebasan berekspresi dalam Dunia IT dan Kejahatan di Dunia Maya", menurut saya pembagian tugasnya sudah merata, hanya ada beberapa kendala, karena kami juga saat minggu-minggu tersebut sedang disibukkan oleh banyak deadline final-project, yang membuat kami sering kali menunda untuk merapatkan kuliah tamu ini. Kemarin kami sempat kebingungan untuk mengundang siapa pembicaranya, untungnya saya memiliki kenalan dekat dengan salah satu alumni 2007, yang kebetulan sekali mas ini sempat menawarkan diri menjadi pembicara. Dan lebih untungnya lagi, mas ini mencarikan pembicara kedua kami, karena mas ini sendiri merasa kurang mantap jika sendirian, akhirnya mas ini memberikan kontak pembicara kedua, Pak Rio, alumni TC 2006, yang akhirnya menjadi pembicara kita yang kedua. Terimakasih banyak untuk pembicara kita, Mas Dzulfikar Adi Putra :). Untuk masalah persiapan kuliha tamu ini, kami hanya sedikit kesulitan dalam hal perlengkapan yaitu banner, kami tidak sempat mencetak banner, dikarenakan waktunya yang sudah tidak mencukupi, kami dari panitia mohon maaf karena kesalahan ini.

Kelompok Soset B3

Pembicara Pertama-Rio Indra Maulana, S.Kom
Pembicara Kedua-Ahmad Dzulfikar Adi Putra, S.Kom

0 komentar:

Posting Komentar