04.18
0
Oleh : Helmy Satria Martha Putra
NRP : 5111100031

Tidak terasa sudah satu semester kuliah sosio dan etika berjalan. Tidak terasa sudah banyak manfaat yang telah didapat, banyak ilmu yang telah diperoleh.

Testimonial :
Kesan saya ketika mengikuti mata kuliah sosia etika ini adalah, pada awalnya saya belum pernah tahu bagaimana mata kuliah ini. Seiring berjalannya waktu, saya merasakan ketagihan karena terdapat banyak ilmu yang diperoleh dari kuliah ini. Yang paling banyak mendapatkan manfaat adalah ketika mengikuti kuliah tamu sosio dan etika. Setiap materi yang ada sungguh sangat baik dan banyak materi yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya.

Salah satu kuliah tamu yang menarik dan mengesankan menurut saya adalah materi kuliah tamu yang terakhir. Yaitu materi dengan tema Preparing Your Future with Study Abroad. Terlihat sekali persiapan dari mereka berjalan dengan sangat baik. Hal yang terlihat ketotalan mereka adalah ketika membuat sebuah video yang berisikan ajakan untuk datang ke kuliah tamu tersebut. Selain itu, format penyampaiannya yang berbeda daripada yang lainnya. Format penyampaiannya dibuat dengan gaya talkshow. Menurut saya hal ini juga sangat baik dalam hal menyampaikan materi. Selanjutnya, materi yang dibawakan juga sangat penting bagi kita. Yaitu bagaimana cara mempersiapkan agar kita bisa mendapatkan beasiswa luar negeri. Selain itu, juga bagaimana agar kita bisa bertahan di luar negeri jika kita mendapatkan beasiswa. Dan juga kita juga diberi tahu persiapan apa saja yang dibutuhkan terkait menyiapkan masa depan untuk belajar ke luar negeri.

Berikut adalah videonya.




Selanjutnya, salah satu kuliah tamu paing mengesankan adalah yang bertema "Technopreneurship Ways in IT" yang mengudang Pak Imam Baihaqi. Dalam materi tersebut dapat menginspirasi saya untuk menjadi seorang technopreneur. Saya menjadi mendapat wawasan dan ide-ide untuk mengembangkan jiwa technopreneurship saya.

Selanjutnya, materi yang paling berkesan adalah materi dari Bapak Guntar yang bertemakan "The Art of Effective Presentation".Disana, Pak Guntar banyak memberikan bagaimana cara membawakan presentasi yang baik dan dapat memberikan manfaat kepada orang yang kita terangkan presentasinya. Selain itu, kita juga diajari bagaimana bertutur dan bersikap di depan audience.

Saran untuk kuliah sosio dan etika selanjutnya adalah
- kalau bisa kuliah tidak hanya dilaksanakan di dalam ruangan. Kalau bisa juga dilakukan di luar ruangan. Jadi kita langsung tahu bagaimana penerapan sosio etika di lapangan seperti apa.
- kalau bisa, setiap materi yang ada dibagikan dan adanya sebuah tempat yang khusus untuk menyimpan materi-materi tersebut. Mungkin bisa menggunakan dropbox atau google docs.

Kritik untuk kuliah sosio dan etika selanjutnya adalah 
- untuk kuliah tamu, sebisa mungkin publikasinya tidak mendadak. Karena sebenarnya pembagian kelompok kuliah tamu sudah dijadwalkan jauh-jauh hari
- setiap publikasi yang ada sebaiknya lebih jelas dalam penginfoan kapan mulai dan selesainya

Dokumentasi :
Untuk kelompok saya sendiri, kebetulan adalah kelompok pertama yang menyelenggarakan kuliah tamu. Berikut dokumentasinya
Bapak Imam Kuswardayan memberikan sambutan kepada peserta kuliah tamu


Ketua panitia, Muhammad Ibnu Fahmi menyampaikan sambutannya


Peserta kuliah tamu melakukan registrasi

Bapak Imam Kuswardayan memberikan kenang-kenangan kepada bapak Noor Azzam
 

0 komentar:

Posting Komentar