08.24
0
Muhammad Arif Rohman Hakim - 5111100099 / Kelas B

Selama saya berkuliah di teknik informatika selama 4 semester ini, mata kuliah sosio dan etika adalah
mata kuliah yang paling unik sekaligus menarik. unik karena tidak seperti mata kuliah lainnya, dalam mata kuliah ini yang menjadi pemberi materi bukan dari dosen mata kuliah ini, namun dari berbagai orang-orang hebat yang telah mendalami dunia IT dari berbagai jenis. Menarik karena saya dan teman lain sebagai mahasiswa turut terlibat dalam menentukan materi dari mata kuliah ini dengan mengundang orang-orang tersebut dan akhirnya dapat belajra langsung mengenai dunia IT dari ahlinya.

Selama mengikuti kuliah soset, baik reguler maupun yang kuliah tamu, selalu membuat saya ingin mengetahui lebih dalam mengenai keterlibatan IT dan pengaruhnya dalam dunia nyata.
Beberapa topik yang dibahas dalam kuliah tamu pernah mengubah pandangan saya selama ini mengenai beberapa bidang di pekerjaan IT. Namun, yang paling penting, adalah bagaimana saya mengambil pelajaran dari orang-orang hebat yang telah berusaha keras menyelami dunia yang keras ini. Pelajaran mengenai usaha keras, belajar untuk terus memeperbaiki diri, dan menjadi orang yang mampu berguna di masyarakat dan negara.

Dari beberapa materi yang ada di kuliah tamu soset, yang paling berkesan bagi saya adalah materi mengenai entrepreneurship, industri game, dan studi di luar negeri.
Materi mengenai entrepreneurship sesuai jiwa saya memberi saya banyak pengetahuan mengenai bagaima cara yang benar dan logis untuk bisa menjadi wirausahawan dibidang IT. Materi tentang industri game memberi saya wawasan mengenai industri game yang tidak dapat dipandang sebelah mata.
Sedangkan mengenai materi mengenai studi di luar negeri, dikarenakan kedua pembicara yang diundang punya banyak pengalaman waktu kuliah di luar negeri dan mampu membawakannya dengan sangat baik kepada peserta, mata kuliah ini mampu menghibur dan memberi wawasan luas mengenai perbedaan kultur tanah air dengan negara asing sekaligus.

Overall, kuliah soset ini sudah dijalankan dengan sangat baik, semua panitia berusaha sebaik mungkin untuk menarik peserta, dan pembicara yang dipilih juga mampu membawa materi dengan menarik dan kadang lucu, sehingga sebagian besar peserta tetap fokus untuk memperhatikan.
Sekedar saran dan kritik, mungkin untuk pemberian hadiah kepada peserta yang terlambat perlu diganti karena dapat memancing rasa yang tidak enak bagi peserta yang datang di tengah-tengan (tidak awal, dan tidak terlambat).

Untuk usulan materi, saya ingin ada sebuah materi yang membahas mengenai keterlibatan IT di indonesia di bidang kemanusiaan. Karena selama ini, materi yang disampaikan lebih berfokus pada ego baik untuk kesuksesan finansial maupun edukasi. Saya ingin melihat orang-orang dari dunia IT yang dengan sukarela menggunakan ilmu dan kerja kerasnya untuk membantu kehidupan orang lain yang kurang beruntung.
Kemudian untuk ke depannya saya ingin lihat acara soset tampil tidak hanya dengan mengadakan kuliah tamu namun juga acara lain yang mampu menarik peserta dari luar kelas soset.

0 komentar:

Posting Komentar