08.59
0
Kuliah Sosio dan Etika Informatika 2013

Kesan dan Pesan

Selama masa perkuliahan saya di Teknik Informatika, tentu rasanya berbeda apabila melaksanakan kuliah dengan pembicara dari luar. sehingga saya dapat mengetahui secuil kehidupan di dunia luar sana. Yang nantinya akan saya jalani setelah lulus dari Teknik Informatika ITS ini. Perkuliahan tamu selama satu semester ini rasanya seperti tertanam di pikiran saya, dan saya rasa hal itu juga yang dirasakan oleh para mahasiswa lain. Perkuliahan di ruang kelas biasa terasa berbeda dengan perkuliahan di aula alias kuliah tamu.. Perkuliahan di ruang kelas terasa lebih formal dan seringkali memancing kebosanan mahasiswa. Lain hal nya dengan perkuliahan tamu sosio dan etika ini. Setiap minggu nya dengan nuansa berbeda, pembicara yang berbeda, membuat saya teringat dengan apa yang telah dibicarakan oleh pembicara. Tentunya sebagai mahasiswa, kuliah tamu terasa lebih santai tapi serius. Dan diisi dengan materi - materi yang tidak kalah penting dengan materi perkuliahan di kelas pada umumnya. 

Dari seluruh perkuliahan sosio dan etika selama satu semester ini, saya mendapat pelajaran berharga. Yaitu memang kuliah itu terkadang terasa sangat sulit. Tapi tidak hanya saya yang merasakan, tetapi orang lain juga. Kalau orang lain dapat mengatasi masalah yang ada, tentunya saya juga bisa. Dan dari seluruh kuliah tamu yang telah saya hadiri, saya juga berpikir bahwa lulusan informatika dapat bergerak di bidang apa saja, tidak hanya terpaku pada satu bidang saja. Maka dari itu, kerja keras, kesabaran, dan ketekunan harus saya bangun dan saya tingkatkan.

Materi yang Berkesan

Kejahatan di Dunia Maya

Dalam tema kuliah tamu ini, saya jadi mengerti modus dan kejahatan apa saja yang sering terjadi di industri informatika. Hal - hal semacam ini memang perlu dipelajari dan diketahui oleh mahasiswa. Bukan dalam artian yang negatif, melainkan untuk mencegah terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan.

Sosio dan Etika di Bidang Pemerintahan

Ini juga salah satu tema kuliah tamu yang cukup menarik menurut saya. Tidak saya sangka bahwa bidang informatika dapat dimanfaatkan sebaik mungkin di bidang pemerintahan yang terkesan strict dan kaku. Dengan bantuan IT di bidang pemerintahan, berbagai macam aktivitas pemerintahan daat berjalan dengan lebih sempurna, efisien, dan efektif.

Implementasi Skill IT di Industri Game

Tema kuliah tamu yang satu ini yang menurut saya sangat cocok dengan para mahasiswa yang seperti saya ini. Membeberkan banyak informasi tentang kehidupan lulusan IT yang bergerak di industri game dan aplikasi. Dan ternyata dunia industri game di luar sana lebih luas dari yang saya bayangkan selama ini. 

Kritik dan Saran untuk Kuliah Soset Mendatang

Kalau menurut saya, pengumpulan resume tidak terlalu perlu bagi saya. Selama satu semester ini, pengumpulan resume dianggap wajib. Kalau menurut saya tidak. Dengan diwajibkannya mahasiswa emengumpulkan resume pada hari tersebut, mengakibatkan mahasiswa kurang berkonstrasi dalam menangkap apa yang diutarakan oleh pembicara. Kalau menurut saya akan lebih baik apabila sesi pembuatan resume diganti dengan sesi di kelas, sesi diskusi dan tanya jawab tentang apa yang telah dipelajari dari kuliah tamu sebelumnya.

Usulan Materi Kuliah Soset

Kalau menurut saya, materi yang perlu disampaikan dalam perkuliahan soset adalah tentang informasi penyebaran skill IT, implementasi, dan tips - tips dalam menggeluti IT di segala bidang, tidak hanya di kalangan industri informatika saja. Dengan semakin banyaknya informasi yang diterima mahasiswa, tentunya mahasiswa akan semakin kreatif. 

Curhat

Di sini saya tidak membicarakan saya sebagai panitia, melainkan sebagai peserta. Sebagai peserta, saya merasa kasihan kalau melihat adanya jumlah panitia yang minim sedangkan acara sudah hampir dimulai, yang menyebabkan beberapa pekerjaan harus segera diselesaikan oleh jumlah orang yang minim.

Sebagai peserta, saya merasa senang bisa kuliah di ruang aula. Ruangnya luas dan adem :D dan tidak menyebabkan kantuk.

0 komentar:

Posting Komentar