07.24
0

Kelompok A2 Sosio dan Etika

Nama    : Hashfi Alfian Ciyuda
NRP      : 5111100104
Kelas    : Sosio dan Etika - A


Testimonial
  Pada kuliah sosio etika tahun ajaran ini, saya merasa mendapatkan banyak hal dari bagaimana pengaplikasian sikap dan tingkah laku kita dalam dunia kerja nantinya. Hal yang paling berkesan pada kuliah ini adalah diadakannya kuliah tamu yang mengundang secara langsung pelaku dalam dunia kerja yang pastinya mereka langsung bisa memberikan real example bukan hanya angan-angan. Dari materi-materi itu, saya banyak mendapat pelajaran yang berharga sebagai bekal bagi saya sebelum terjun ke dunia kerja.

Materi yang Paling Berkesan

    Jika ditanya tentang materi yang paling berkesan, jujur semua materi yang diberikan sangat berkesan dan bermanfaat bagi saya. Akan tetapi, menurut saya ada 3 materi yang sangat penting dalam kuliah soset ini. Tiga materi itu diantaranya:

1. Public Speaking As Your Complementary Qualification
Kuliah tamu ini merupakan kuliah tamu dimana saya dan kelompok saya menjadi panitianya dengan pembicara super Rio Purboyo. Alasan saya menjadikan kuliah tamu ini sebagai kuliah tamu yang bermanfaat dan berkesan adalah karena pada kuliah tamu ini kami sebagai panitia dan tentunya peserta kuliah tamu diajarkan bagaimana berbicara di depan umum yang belum tentu semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Public Speaking bukan merupakan sebuah kelebihan pada diri seseorang akan tetapi merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap orang karena mau tidak mau setiap orang pasti akan melakukan berbicara di depan umum jika karyanya ingin dihargai orang lain. Selain itu, yang membuat saya berkesan dari kuliah tamu ini adalah karena kami diberikan sebuah studi kasus dimana hal itu bisa langsung melatih kami untuk berani berbicara di depan umum. Benar-benar kuliah tamu yang SUPER


2. The Art of Effective Presentation
Kuliah tamu yang dibawakan oleh bapak Akhmad Guntar, mantan kahima TC C0D, sangat menarik saya. Dalam kuliah tamu kali ini, materi yang diberikan adalah tentang "The Art of Effective Presentation". Sama seperti sebelumnya, pada kuliah tamu kali ini, pembicara sangat antusias terhadap peserta sehingga bisa terjun langsung dalam membawakan presentasi dengan baik. Bukan hanya presentasi materi yang baik akan tetapi juga cara mempresentasikan diri dengan baik. Dari materi ini, saya banyak mengambil pembelajaran tentang bagaimana bisa membawakan presentasi dengan baik dalam dunia kerja karena hal itu sangat mempengaruhi citra kita di mata orang lain.



3. Technopreneurship Ways in IT
Berbeda dengan dua kultam di atas, kuliah tamu ini kurang antusias. Akan tetapi, yang membuat saya berkesan bukan karena antusiasnya akan tetapi materi yang dibawakan pada kuliah tamu ini. Pada kuliah tamu ini, kita diajarkan bagaimana cara membentuk jalan sebuah wirausaha di bidang IT. Saya tertarik dengan kuliah tamu ini karena saya berniat untuk menjadi seorang wirausaha nantinya. Pada kuliah tamu ini dijelaskan bagaimana langkah-langkah menjadi seorang wirausaha yang sukses dan tips=tipsnya.


Usulan Materi
     Untuk usulan materi kedepannya, saya mengusulkan materi yang ditujukan untuk persiapan mahasiswa setelah mereka lulus dari universitas masing-masing. Alasan saya mengusulkan materi ini karena menurut saya banyak mahasiswa yang masih kebingungan dalam menentukan sikap setelah mereka lulus. Sehingga butuh sebuah arahan agar mahasiswa tidak menganggur setelah lulus.

Kritik dan Saran
       Kritik untu kuliah tamu selama ini adalah pada pengumpulan resume. Menurut saya, pengumpulan resume ini tidak dilakukan setelah kuiah tamu selesai karena mungkin banyak dari mahasiswa yang ingin mempelajari dan menerapkan materi yang diberikan kuliah tamu untuk keperluannya. Jika langsung dikumpulkan, tidak ada materi yang dicatat karena semua materi yang telah ditulis langsung dikumpulkan dan menghilang.

    Saran untu kuliah tamu ini sebaiknya tema dari kuliah tamu sudah ditetapkan dalam Rencana Pembelajaran agar sesuai dengan materi yang ingin disampaikan dan lebih terstruktur.

Curahan Hati
         Kuliah tamu ini sudah sangat bagus, untuk panitia-panitianya juga sudah cukup bagus. Tapi yang saya permasalahkan adalah AC yang terlalu dingin dan sering molornya acara sehingga tidak tepat waktu. Sebenarnya masalah juga untuk penentuan waktu terlambat apa tidak, tapi Alhamdulillah sudah diatasi. Terima kasih atas semua materi yang diberikan, terima kasih kepada semua dosen yang membimbing saya dan teman-teman. Terima kasih.. :)

0 komentar:

Posting Komentar