09.08
0
Penulis: 5110100177 / Remy Giovanny Mangowal

Testimonial:
Kuliah Soset selama 1 semester ini adalah salah satu kuliah paling fun yang pernah saya jalani. Hal ini karena tipe kuliah yang berbeda dengan kuliah biasanya, yang memanfaatkan Kuliah Tamu dari berbagai sumber pembicara untuk memberikan pandangan dan wawasan yang lebih luas serta terbuka bagi para peserta kuliah Soset. Topik yang dibicarakan pun sangatlah penting di kemudian harinya, karena dapat dijadikan bahan pembelajaran serta patokan untuk perilaku dan tindakan para peserta kuliah Soset di masa yang akan datang.

Tiga materi yang paling saya sukai adalah:
1. Preparing Your Future By Studying Abroad
Materi yang paling saya sukai karena formatnya yang paling berbeda dibandingkan materi lainnya, dimana pembicara banyak memberikan intermezzo berupa gurauan dan pengalaman menarik sehingga tidak membosankan dan tidak terkesan monoton. Selain itu karena saya sendiri ingin mencari pendidikan lanjut di luar negeri, materi ini adalah materi yang paling saya rasakan manfaatnya untuk sekarang.

2. Implementasi TIf di Pemerintahan
Materi ini memberikan banyak pencerahan tentang potensi kerja dari lulusan Teknik Informatika yang ternyata sangat berguna di pemerintahan itu sendiri.

3. The Art of Effective Presentation
Materi ini juga sangat saya sukai karena mempresentasikan diri atau hasil karya diri adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang programmer menurut saya sendiri, karena kita tidak boleh bergantung pada orang lain dalam mengekspresikan dan menunjukkan kemampuan kita. Teknik presentasi yang diberikan disini sangatlah berguna dalam presentasi-presentasi saya kedepannya.

Kritik dan Saran:
Mungkin kedepannya penulisan resume dapat distandarisasi dari awal semester (seperti pada saat kuliah tamu kesekian dimana salah seorang dosen Soset memberitahukan format "Poin Kuliah - Poin Penting - Komentar Anda") sehingga tidak terjadi kebingungan bagi penulis juga bagi reviewer dan terus diterapkan hingga akhir masa pengajaran.

Usulan:
Materi-materi yang selama ini menurut saya sudah sangat baik dan patut diulang kembali bagi peserta tahun kedepannya karena sangat berguna nantinya, dan jika boleh saya mengusulkan, mungkin dapat kembali ke masalah Sosio dan Etika dasar yaitu "Tata Krama" yang sayangnya banyak dilupakan anak muda jaman sekarang, yang terkadang kurang sopan terhadap pengajar atau orang yang lebih tua/dihormati daripada dirinya, baik secara disengaja maupun tidak.

Curhat:
Sebelumnya saya mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang sopan/formal mulai bagian ini karena saya rasa lebih cocok XD---
Waktu itu sempat tidak masuk kuliah tamu karena berbenturan dengan jadwal demo mata kuliah lain... Tapi ya nasib dihitung tidak hadir (karena memang tidak hadir Orz)
Waktu jadi panitia bagian Dokumentasi, minder sendiri karena Kamera Digital saya murahan dan sering menghasilkan gambar blur (padahal saat memfoto tangan saya diam dan dulu ketika memakai kamera ayah tidak terjadi QAQ), namun asik juga mencoba kamera bagus milik Pak Munif XD
Seperti fotografi bisa menjadi hobi sampingan saya (terutama karena kamera yang kebetulan saya 'pinjam' sebentar itu keren banget hingga ingin saya pakai lagi QAQ)

Unofficial Photo:
Shinchan: "Daripada memfoto, lebih keren memfoto orang yang memfoto"

 Kameranya keren pak, terima kasih sudah mempercayai saya untuk memakainya dan memfoto panitia beserta dosen dan pembicara waktu itu...

Extra: Maaf mas, saya sudah memfoto mas 2x saat diserahi penghargaan, tapi entah mengapa wajah mas selalu blur... Orz

0 komentar:

Posting Komentar