07.16
0
Assalamualaikum...

- Ahmad Fauzi Al Wahid / 5111100057


- Testimonial : 
Selama mengikuti materi kuliah tamu soset kesan saya sangat menarik dan bermanfaat. Materi-materi yang diberikan memberikan kita wawasan yang baru dan ilmu-ilmu yang baru. Mulai dari tema public speaking, dunia IT, study aboard, dan lain-lain. Meskipun dalam pembawaan materi tiap kuliah tamu berbeda-beda, tapi InsyaAllah semuanya bermanfaat. Mungkin materi-materi yang disampaikan diharapkan lebih menarik dalam penyampainnya sehingga peserta dapat menyerap materi tersebut dengan baik. 3 materi yang berkesan atau bermanfaat bagi saya adalah :
1. Public Speaking as Your Complementary Qualification
Dalam materi ini disampaikan mengenai public speaking, mulai dari bagaimana public speaking yang baik, kegunaannya, hingga simulasi beribicara. Materi ini sangat berkesan karena pembicara yang sangat atraktif dalam menyampaikan serta interaktif juga kepada peserta sehingga tidak terkesan membosankan. Materi yang disampaikan pun juga sangat bermanfaat dan dapat kita aplikasikan kedepannya.
2. The Art of Effective Presentation
Penyampaian dalam materi ini yang menjadi kesan menarik bagi saya. Karena selain orangnya lucu dan menarik, juga interaktif kepada peserta. Pada kuliah tamu ini menyampaikan materi tentang bagaimana presentasi yang efektif. Sehingga kita dapat menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan kepada peserta secara efektif dan peserta dapat menangkapnya dengan baik.
3. Preparing Your Future with Study Abroad
Materi terakhir ini membuka wawasan saya mengenai kuliah atau study di luar negeri. Saya memang mempunyai cita-cita untuk ke luar negeri. Sehingga materi ini pas sekali dengan apa yang saya inginkan. Menyiapkan masa depan dengan ke luar negeri ternyata membutuhkan usaha yang lebih sehingga dengan mengikuti kuliah tamu ini kita dapat mengetahui usaha-usaha yang seharusnya kita lakukan untuk menuju ke sana.

- Kritik dan saran :
Diharapkan untuk kuliah soset mendatang lebih dikoordinasikan lagi dengan himpunan terutama departemen pengpro (pengembangan profesi). Karena kuliah tamu secara terus menerus juga dapat mengurangi kinerja departemen tersebut. Saran saya, kuliah tamu tetap diadakan, tapi tiap kelas cukup satu kelompok atau dua kelompok saja sehingga waktu untuk satu semester tidak habis hanya untuk kuliah tamu soset saja. Kemudian resume kuliah tamu yang menurut saya sangat penting, tidak dikembalikan tapi malah dikumpulkan saja sehingga terkesan sia-sia dalam menulisnya. Terkesan hanya memenuhi kewajiban tugas untuk menulis resume kuliah tamu. Padahal ilmu-ilmu yang kita tulis dalam resume tersebut sangat bermanfaat dan berguna kedepannya. Kita juga tidak selalu ingat akan apa yang disampaikan pemateri sehingga menulis atau mencatat sangat diperlukan. Saran saya, tugas resume tetap ada tidak apa-apa asalkan dalam beberapa hari, dikembalikan. Atau mahasiswa diharapkan memiliki buku tulis tersendiri untuk kuliah soset ini. Buku tulis ini digunakan untuk mencatat materi kuliah tamu, setelah itu buku tersebut dikumpulkan dan dikembalikan lagi setelah beberapa hari. Kuliah tamu berikutnya, mencatat materi juga di buku tulis tersebut. Hal ini lebih efektif dan efisien karena semua materi kuliah tamu soset ada dalam satu buku yang kita tulis.

- Usulan materi :
Materi yang baik disampaikan oleh pemateri yang baik. Bagi saya, apapun materinya tidak masalah, yang penting baik dan bermanfaat serta disampaikan oleh pemateri yang menarik, atraktif, interaktif, serta mengkomunikasikan materi dengan baik.


- Selama menjadi panitia, yaitu panitia kuliah tamu dengan tema "Public Speaking as Your Complementary Qualification", saya sangat bangga kepada teman-teman satu kepanitiaan saya. Karena mereka dapat bekerja dengan baik meskipun waktu pada saat itu sangat mendadak sekali. Tapi, ketika pelaksanaanya sungguh luar biasa. Respon dari peserta sangat baik dan acara pun berjalan dengan lancar.

Wassalamualaikum..

0 komentar:

Posting Komentar