21.28
0

Nama : M Rizal Syah Karim
NRP   : 5110100138
Kelas  : Soset C




Testimoni
Kesan mengikuti kuliah soset selama 1 semester ini : Sangat berkesan sekali, banyak pelajaran yang saya dapatkan dari narasumber kulaih tamu. Saya mendapatkan pelajaran penting dari kulah tamu ini bahwa ilmu atau pelajaran tidak hanya didapat saat kita duduk di kelas atau saat kita mendengar materi dari guru, akan tetapi banyak yang bisa kita ambil ilmu dari luar ruang kelas, salah satunya adanya seminar kuliah tamu ini. Banyak materi yang bisa menambah wawasan, mendewasakan diri serta memberikan inspirasi untuk perkembangan pribadi diri kita pada saat mengikuti kuliah soset ini.
Untuk materi yang menarik, Menurut saya semua materi yang disuguhkan menarik semua, akan tetapi ada 3 materi yang sangat menancap kuat di memory saya yakni materi :

1. Public Speaking As Your Complementary Skill (Pak Rio Purboyo) 
Menurut saya materi yang dibawakan oleh pak rio sangat sangat luar biasa. Beliau membawakan materi cara cara, tips dan trick untuk bisa menguasai panggung, menguasai audience pada saat kita public speaking alias presentasi. Dengan presentasi dan pembawaan yang excellent, pak rio mampu memberikan materi yang cukup berbobot dengan bahasa yang simple sehingga mudah diserap oleh peserta kuliah tamu saat itu.  Notabene bahwa jika kita melihat mahasiswa kita yang suka malu-malu kucing pada saat di panggung, saya rasa materi public speaking ini bisa sangat membantu mahasiswa ITS untuk bisa percaya diri saat berada di depan dan saat presentasi.

2. The Art of Effective Presentation (Pak Akhmad Guntar)
Serupa dengan materi public speaking yg dibawakan oleh pak rio, materi ini juga memberikan tips dan trick untuk bisa menguasai panggung dan menguasai audience pada saat kita presentasi di depan, perbedaannya materi ini lebih ke arah teknis, bagaimana kita bisa memukai audience dengan power point yang menarik, bagaimana gesture dan pandangan mata kita pada saat presentasi, hal ini sangat membantu sekali terutama untuk mahasiswa yang notabene seorang presentator di dunia pendidikan.

3. Preparing Your Future With Study Abroad (Pak Hari Ginardi dan Pak Ary Shiddiqi)
Awalnya saya tidak menyangka bahwa yang akan mengisi materi ini adalah dosen, dan seperti dugaan saya, acara yang diisi oleh dosen yang telah berpengalaman pergi ke luar negeri akan sangat menarik. Dan hal itu terjadi, menurut saya kuliah tamu yang dikemas secara simple dan efektif ini telah banyak menggugah peserta untuk berselancar lebih dalam mengenai pengalaman para dosen yang sudah sekolah S2 maupun S3 di luar negeri. 

Kritik Dan Saran
Menurut saya sepanjang kuliah tamu dan perkuliahan soset ini berjalan cukup baik, dari segi pelaksanaan juga tidak ada halangan yang berarti. Kedepannya saya harap bisa terus ada kuliah tamu per minggu untuk memberikan manfaat pada para peserta yang hadir.

Usulan Materi Kuliah Tamu
Menurut saya materi tentang cara presentasi dengan menarik dan materi membahas kuliah di luar negeri bisa diperbanyak.

Curhatan Panitia
Kami dari kelompok C2, pada saat itu pemberitahuan tentang adanya kuliah tamu yang menjadi tanggung jawab kami sangat mendadak kurang lebih H-5 waktu pelaksanaan, dari kelompok kami cukup kerepotan pada saat mencari narasumber pada saat itu. alhamdulillah dengan bantuan beberapa pihak, akhirnya kami bisa melaksanakan kuliah tamu kami dengan lancar tanpa hambatan apapun. Saya sebagai ketua panitia mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak tersebut yang tidak bisa disebutkan namanya karena telah menyukseskan acara kami. Untuk kedepannya mungkin dari pihak dosen bisa memberikan jadwal yang fix terkait kelompok mana yang akan menjadi penanggung jawab kuliah tamu pada 1 semester itu. 

Link Download Materi Implementasi TI di Bidang Pemerintahan (Pak Nurvan Indra Praja dan Pak Okky Yanuar Kusuma Atmaja)
http://www.mediafire.com/?kc79kj0g6t7b1jm
http://www.mediafire.com/?7e7ws5d7i4jf99q

0 komentar:

Posting Komentar