07.46
0

 Nabilla Sabbaha Audria Permatasari / 5111100015

Testimoni :
Kesan mata kuliah sosio etika bagi saya adalah menyenangkan karena kita bisa mendapat berbagai ilmu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan etika di dunia kerja maupun mengenai dunia kerja itu sendiri. Karena peserta yang notabene masih berstatus mahasiswa seperti saya ini, sangat tertarik dengan cerita bahkan tips trik beretika yang benar di dalam dunia kerja agar dapat dibiasakan sejak dini. Karena menurut saya, mata kuliah sosio etika itu sangat penting bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknik Informatika ITS Surabaya. Karena ilmu yang didapatkan dari mata kuliah ini dapat diimplementasikan secara real baik sebelum maupun setelah terjun ke dunia kompetisi kerja.ilmu ini jga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam hal softskill karena ilmu ini mengkaji etika dan berbagai perilaku yang bersesuaian dengan kode etik profesi bidang teknologi informasi dan komunikasi. Kami diajarkan untuk memiliki etika yang baik dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi seperti etika dalam bekerja, etika dalam menggunakan perangkat lunak yang asli atau lebih baik menggunakan open source, etika dalam perkuliahan, dan masih banyak lagi.
Materi yang paling berkesan bagi saya adalah Preparing your future with study abroad yang diberikan oleh dosen Teknik Informatika ITS yaitu Pak Hari dan Pak Ary. Beliau-beliau tersebut sangat menginspirasi saya karena saya yang memiliki mimpi bersekolah ke luar negeri sejak kecil mendapat cahaya terang untuk menyusun mimpi saya kembali untuk studi ke luar negeri, khususnya Australia dan Eropa. Kuliah tamu ini yang memberikan peningkatan motivasi dan pencerahan bagi saya bahwa studi di luar negeri dapat memberikan kita berbagai pengalaman menarik yang tentu tidak akan kita temukan jika kita menempuh studi di Indonesia. 


Kemudian materi mengenai resume video Mario Teguh, karena tugas tersebut saya akhirnya melihat acara Mario Tegus Golden Ways untuk pertama kalinya. Video yang saya lihat pun banyak menginspirasi saya untuk berusaha memperbaiki hidup menjadi lebih baik, memanfaatkan waktu lebih baik lagi.
Materi ketiga yang berkesan bagi saya adalah IT Carrier and Profession yang diisi oleh Nurizki Akbar Brahmantyo, S.Kom yang memberikan penjelasan mengenai karir di dunia IT khususnya etika bekerja di Perusahaan Samsung. Kebetulan saya memiliki mimpi untuk bisa bekerja ke Samsung sehingga saya serius mendengarkan kuliah tamu ini. Materi yang diberikan juga sangat menarik karena hal-hal yang belum saya ketahui di dunia kerja dapat saya pelajari dari cerita yang diberikan pembicara. Sehingga mulai dari sekarang dapat mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia kerja. 

Kritik dan saran untuk kuliah soset yang akan datang :
Kuliah tamu yang diadakan menurut saya sejauh ini terlalu monoton, temanya itu-itu saja. Menurut saya, dari awal sebaiknya dibagi per kelas untuk tema – tema tertentu agar tidak ada perulangan tema dari minggu ke minggu, sehingga kompetensi mahasiswa tidak hanya mampu mengadakan perkuliahan tamu saja namun juga kompetensi wawasannya bertambah dan semakin berkualitas. Misalkan saja, kelas A mendapatkan tema untuk mengadakan kuliah tamu mengenai kompetensi apa yang dibutuhkan di dunia pekerjaan, kemudian kelas B mendapatkan tema mengenai sosialisasi beasiswa bagi mahasiswa teknik informatika, kelas C mendapatkan tema mengenai dunia bisnis yang dapat dimulai oleh mahasiswa atau technopreneurship, kelas D mendapatkan tema mengenai komunitas teknologi yang ada di Indonesia atau di Surabaya, dan seterusnya. Ketika telah terbagi tema di masing-masing kelas saya yakin akan ada berbagai wawasan yang akan di dapatkan oleh mahasiswa Teknik Informatika.
Menurut saya kuliah tamu juga tidak hanya mengenai tema dunia kerja saja, bisa juga diambil tema mengenai isu yang sedang terjadi di Indonesia mengenai teknologi informasi, misalnya mengenai keamanan jaringan di indonesia, atau bahkan bisa juga diadakan diskusi bersama mengenai aplikasi atau usaha yang bisa kita lakukan untuk kepentingan Indonesia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Usulan materi yang disampaikan :
Melalui ilmu ini pula saya mengharapkan tidak hanya mata kuliah mempelajari hubungan orang satu dengan yang lain atau mempelajari mengenai dunia kerja tapi tak ada wawasan yang baik mengenai politik, sosial, atau wawasan lain yang menjadi kompetensi  fresh graduated. Menurut saya perlu pula mempelajari fenomena sosial, kemanusiaan, ekonomi, politik, dan sebagainya yang ada di luar dunia kampus. Analisis isu yang sedang terjadi di dalam maupun luar Indonesia untuk memperluas wawasan kami mengenai dunia luar selain dunia perkuliahan.  Selain itu kita dapat mengambil studi kasus dari fenomena-fenomena yang ada untuk dianalisis etika yang seharusnya ada agar dapat langsung dipraktekan oleh mahasiswa ketika mendapat fenomena tersebut. Misalnya menganalisis kasus langganan Indonesia yaitu Korupsi yang dianggap menjadi kasus biasa dan hukumannya pun dinilai ringan dibandingkan kasus pencurian buah kakao ang dilakukan oleh seorang nenek beberapa waktu lalu. Korupsi di indonesia mungkin sudah menjadi dosa yang sudah biasa dilakukan di Indonesia, karena lebih parahnya lagi di suatu situs pemberitaan yaitu Tribun News (http://m.tribunnews.com/2013/03/20/malaikat-pasti-korupsi-kalau-ke-indonesia) menyebutkan bahwa kalaupun malaikat ke indonesia nantinya pun ikutan korupsi sama seperti jajaran pejabat Indonesia. Menurut saya, penting bagi mahasiswa Teknik Informatika untuk menganalisis mengenai fenomena-fenomena yang terjadi melalui mata kuliah ini, karena intensitas menonton tv atau membaca koran tidak lebih lama dari menatap layar monitor mengerjakan program dan tugas praktikum setiap harinya. Bahkan mungkin sangat jarang menonton berita ataupun membaca koran.


0 komentar:

Posting Komentar