05.32
0
Nama : Andrie Prasetyo Utomo
NRP : 5111100081

Testimonial :

Kuliah Sosio dan Etika ini merupakan mata kuliah dengan pembawaan konsep paling menarik. Karena di sini banyak diberikan materi-materi terapan yang diberikan langsung oleh pihak-pihak yang terlibat secara langsung dalam materi tersebut. Dengan begitu, banyak sekali pengalaman langsung yang mungkin tidak saya ketahui yang dapat saya peroleh dari pembicara dalam kuliah tamu tersebut.


Tiga Materi yang Paling Memiliki Kesan :

The Art of Effective Presentation - Bapak Akhmad Guntar
Ini merupakan kuliah tamu di mana saya menjadi panitia dalam acaranya. Saya mengangkat materi ini sebagai materi yang menarik, bukan semata-mata karena saya adalah bagian penyelenggara kuliah tamu ini. Saya berani mengatakan kuliah tamu ini cukup menarik karena ada sesuatu pembawaan yang berbeda oleh pembicara dari kuliah tamu yang lain.
Di kuliah tamu itu, ketika bapak Akhmad Guntar menjelaskan materi berupa cara presentasi yang baik dan benar, beliau juga melakukan peragaan secara langsung bagaimana melakukan apa yang beliau bicarakan. Bapak Akhmad Guntar juga bisa dibilang pembicara yang paling interaktif dalam menarik perhatian peserta kuliah tamu, karena seringnya bapak Akhmad Guntar jalan-jalan hingga ke tengah-tengah peserta.
Hal ini membuat suasana kuliah tamu tidak membosankan, dan fokus peserta dapat didapat.

Preparing Your Future with Study Abroad - Pak Hari dan Pak Ary
Materi ini merupakan materi penutup kuliah tamu di tahun ajaran 2012/2013. Kuliah tamu ini saya anggap sebagai kuliah tamu yang cukup menarik karena adanya perbedaan konsep dari kuliah tamu yang selama ini diadakan. Di dalam kuliah tamu ini, konsep talkshow dibawakan oleh pihak panitia. Hal ini membuat pembicaraan dalam kuliah tamu langsung dapat terarah sesuai tema. Dengan begitu, saya sebagai peserta dapat menikmati pembicaraan yang memang berlangsung secara dua arah antara pembicara dengan moderator.

Implementasi & Skill IT di Industri Game
Kuliah tamu ini dapat saya golongkan ke dalam kuliah tamu yang memiliki manfaat besar. Karena dengan mengikuti kuliah tamu ini, saya jadi mengerti bagaimana pengembangan game di Indonesia ini. Baik dari cara, maupun kondisi yang terjadi di Indonesia ini.


Kritik dan Saran Kuliah Sosio dan Etika yang akan datang :

  • Kuliah Sosio dan Etika merupakan kuliah yang cukup penting. Namun saya sedikit merasa adanya kebingungan. Dengan banyaknya kuliah tamu dan materi-materi bermanfaat yang diberikan, nama mata kuliah ini menjadi semakin tidak ada keterkaitannya dengan materi-materi kuliah tamu selama ini. Jika memang bisa, nama mata kuliah ini seharusnya diubah ke nama yang lebih cocok dengan teknis dalam pengajaran mata kuliah ini.
  • Dengan banyaknya kuliah tamu yang diadakan oleh mahasiswa Sosio dan Etika, ranah kerja Departemen Pengembangan Profesi HMTC juga seperti diambil lahannya. Dengan begitu sebaiknya ada koordinasi antara pihak Departemen Pengembangan Profesi dengan dosen Sosio dan Etika.
  • Pengumpulan resume sebaiknya tidak dalam waktu di mana kuliah tamu selesai diadakan. Karena dengan begitu akan banyak peserta yang terpaksa menulis untuk melengkapi resume ini di dalam waktu kuliah tamu diadakan. Hal ini akan mengakibatkan banyaknya kondisi yang tidak kondusif yang dibawa peserta. Hal ini mungkin dapat berakibat munculnya rasa tidak enak ketika dilihat oleh pembicara dalam kuliah tamu.

Usulan Materi yang Disampaikan

Saya sebagai mahasiswa Teknik Informatika ITS cenderung memiliki pengetahuan yang sedikit bagaimana kehidupan orang-orang Informatika ketika lulus masa perkuliahan ini. Oleh karena itu, materi yang saya usulkan adalah materi yang langsung membahas mengenai keberlangsungan hidup orang-orang lulusan Teknik Informatika beserta hal-hal apa yang akan mereka hadapi ketika di masa-masa itu.


Curhat Panitia

Ketika saya menjadi peserta dalam kuliah tamu, saya bisa bilang jika saya mendapat tim yang sangat hebat. Karena seperti tidak ada beban berlebih yang saya rasakan, ketika menjadi panitia dalam kuliah tamu yang kami selenggarakan.
Di sini saya mau mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kuliah tamu waktu itu. Baik dari Bapak/Ibu dosen, teman-teman peserta, serta utamanya dari teman-teman panitia.



0 komentar:

Posting Komentar