06.14
0
Nama : Eko Adhi Wiyono
NRP  : 5111100002
Kelas : Soset C

Kesan saya saat mengikuti kuliah sosio etika pertama kali ketika dilaksanakan di kelas, saya berpikir kalau kuliah soset ini akan berlangsung menjemukan belajar sosio dan etika mahasiswa di kampus dan masyarakat. Mencoba menerka nerka kejadian - kejadian sosio etika di lingkup mahasiswa, tanpa terjun langsung ke konflik. Minggu pertama dan kedua kuliah soset berjalan dengan sangat tidak asik menurut saya. Namun, setelah dari mahasiswa dibagi perkelompok dan per kelompoknya diberikan amanah tanggung jawab untuk menyelanggarakan kuliah tamu setiap 2 minggu sekali pikiran saya mulai berubah. Ada tantangan di dalam diri saya untuk mengaplikasikan ilmu organisasi acara di kuliah tamu ini. Di kuliah tamu pertama, saya kaget karena diakhir acara peserta disuruh membuat ringkasan alasan kenapa saya telat. Memang ketika mengikuti mata kuliah sosio etika mahasiswa di dalamnya dituntut untuk lebih bertanggung jawab untuk diri sendiri terlebih dahulu, yaitu dengan tidak datang terlambat pada acara kuliah tamu. 3 Materi yang paling berkesan dan bermanfaat bagi saya sendiri menurut saya yaitu, 

#1

#2

#3

Kritik dan saran menurut saya untuk kuliah tamu Sosio Etika tahun depan yaitu di setiap satu kelas dikasih tema khusus. Kemudian satu tema satu kelas itu di pecah lagi ke kelompok - kelompok penyelenggara kuliah tamu. Sehingga setiap kuliah tamu tidak terjadi redundan materi dari kuliah tamu sebelumnya. Kemudian konsepnya kalau saya sendiri lebih mengena seperti di materi terakhir tentang kuliah di luar negeri. Konsep acara lebih ke talkshow, dan harapannya nantinya bisa mendatangkan sosok tauladan alumni dari Teknik Informatika yang sukses merambah di dunia kerjanya di dalam negeri ataupun di luar negeri. Karena nantinya bisa mengenal dan tau lebih kalau kita memiliki alumni yang luar biasa dan bisa sekalian reuni di kampus Teknik Informatika tercinta ini.

Mengenai kepanitiaan kemarin saya sendiri belajar banyak kesabaran lebih. Karena, kelompok saya (C2) dihadapkan pada masalah yang harus melaksanakan kuliah tamu 1 minggu lebih cepat daripada yang dijadwalkan di awal. Dikarenakan perkuliahan di Teknik Informatika sudah harus segera berakhir pada tanggal yang sudah ditentukan oleh birokrasi. Sehingga persiapan yang harus dilaksanakan harus kerja sangat keras. Mulai dengan mencari siapa pemateri nanti yang siap dalam H-3 hari. Menentukan tema karena harus menyesuaikan dengan pemateri. Perlengkapan toolkit, sertifikat, plakat, banner, dan lain sebagainya. Alhamdulillah kami mendapat bantuan link pemateri dari dosen Soset C kami yaitu Ibu Adhatus Solichah, yaitu teman beliau yang bekerja di daerah pemerintahan, dulunya juga pemateri kami alumni Teknik Informatika teman seangkatan ibu Licha. Persiapan mengenai perlengkapan, konsep dan susunan acara,  desain poster dan banner, peminjaman aula, undangan resmi ke pemateri kami kerja keras pada H-1 acara dimulai. Dan Alhamdulillah berkat kerja keras kami yang disertai doa dari teman - teman acara terlaksana tanpa kendala besar. Dan evaluasi bagi diri kami yaitu pada pemberitahuan jam registrasi dan jam dimulainya acara harus diperjelas kembali. Berikut beberapa dokumentasi ketika acara berlangsung,












Demikian review perkuliah sosio etika selama satu semester ini. Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada bapak ibu dosen Soset A, B dan dosen soset kami kelas C terutama yaitu Ibu Adhatus Solichah atas kesabaran menghadapi kami selaku mahasiswa yang masih haus akan ilmu dan pengalaman mengorganisasi suatu acara. Banyak diluar sana kesempatan untuk memperoleh ilmu tentang sosio dan etika, terutama bagi mahasiswa. Di kuliah tamu kemarin, terimakasih kepada teman - teman juga yang telah memberikan suatu fasilitas untuk memperoleh ilmu lebih terutama di bidang softskill yang harus dimiliki mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar