06.30
0

Shintya D P - Soset B - 5111100030
Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat Sore, pertama-tama saya mengucapkan banyak terimakasih kepada dosen Sosio dan Etika, Bu Umi Laili Yuhana yang senantiasa berusaha mengajarkan serta memberi contoh yang baik kepada kita mahasiswa Sosio dan Etika kelas B. Tidak hanya kepada ibu Yuhana, terimakasih pula kepada pak Imam dan Ibu Licha yang telah bekerja sama dengan ibu Yuhana untuk mengadakan proses pembelajaran dengan mengadakan Kuliah Tamu Sosio dan Etika ini. Saya cukup dibuat tertarik dengan kuliah ini sejak awal, karena diawalnya saya mengira bahwa kuliah ini sebatas pengajaran bagaimana kita beretika di lingkungan masyarakan sebagai seorang yang bergerak dibidang IT. Dan semua itu memanglah benar namun, saya terlalu berpikiran dangkal tentang pandangan awal saya, ternyata kuliah sosio dan etika tidak hanya memberikan pengajaran dengan penjelasan-penjelasan yang sekedar teori, melainkan dengan terjun langsung pada kasus maupun cerita pengalaman orang-orang yang telah berpengalaman di bidang IT maupun lainnya. Terlebih, saya mulai tertarik dengan adanya kuliah ini ketika diawal masa kuliah SOSET kita diajak bermain peran, dengan menggunakan seragam keprofesiannya. Sama sekali tidak terpikirkan oleh saya terdapat kuliah semacam itu nantinya, benar-benar diluar ekspetasi saya. Saya rasa ini adalah salah satu kuliah yang cukup menyenangkan, ya setidaknya bukan merupakan kuliah yang berbau codingan maupun algoritma yang biasa menjadi konsumsi mahasiswa IT. J

3 materi yang saya anggap menarik dari kuliah yang paling awal hingga terakhir adalah.
1.     Materi “Kultur dan Etika di Dunia Developer” dengan pembicara pak Aryo Nugroho. Meskipun beliau tidak seheboh pemateri yang lain seperti pak akhmad guntar maupun rio purboyo dsb. Materinya ini sangat melekat pada otak saya, hingga saya tertarik menulis ulang resume yang saya buat untuk menjadi postingan di blog pribadi saya. Dari materi ini saya tersadar bahwasannya seorang programmer tidak selayaknya berkawan dengan PC/Laptopnya, dia juga harus bersosialisasi dengan orang sekitarnya, jangan menjadi sosok yang “ANSOS”. Lalu dari materi beliau terlihat jelas bahwa beliau benar-benar mengerti posisi seorang programmer/orang yang bergerak dibidang IT. Beliau juga memberi tips dan trik mengalahkan para otodidak IT yang berpotensi mematikan potensi jam kerja kita sebagai lulusan IT.
2.     Materi “Public Speaking” dengan pembicara pak Rio Purboyo. Nah mengapa saya tertarik? Menurut saya, ini adalah lanjutan dari materi pertama yang saya sebutkan sebagai materi yang berkesan, karena didalamnya kita melakukan praktek bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan bahasa manusia dengan baik dan benar. Apalagi dengan pembicara yang cukup menarik perhatian sehingga terkesan tidak monoton.
3.   Materi “Kejahatan didunia IT dan Kebebasan berekspresi dalam dunia IT” dengan pembicara pak Rio indra maulana dan Pak Dzulfikar Adi Putra. Dengan adanya materi ini saya menjadfi lebih mengenal berbagai contoh kejahatan yang dilakukan didunia IT. Hal ini membuat saya lebih berhati-hati untuk kedepannya. Sedang untuk materi kedua, saya dibuat berkesan karena seolah-olah saya belajar menjadi pemilik social media yang baik. Dengan membuat update postingan yang berguna, NO Sara, dsb. Disini juga saya belajar tentang beretika dan menahan diri dalam menggunakan social media. Karena terkadang emosi yang tidak terkendali semua terluapkan pada social media / dunia maya yang menjadi bahan publik.

Kritik dan saran untuk kedepannya, tetap melihat pengalaman yang dialami pada kuliah soset sebelum-sebelumnya. Lakukan evaluasi dan perbaikan pada kuliah tamu selanjutnya. Insya Allah, kuliah tamu di esok harinya akan lebih baik dari sebelum-sebelumnya. J

Selama menjadi panitia, ya memang berat. Disini kita selain menjadi panitia penyelenggara kegiatan, kita juga sekaligus belajar bagaimana memanajemen waktu, bagaimana bekerja sama dengan teman, bagaimana menjadi profesional, bagaimana kiat belajar menghargai orang lain dan sebagainya. Terimakasih buat teman-teman kelompok soset B-3, yaitu Dari NRP paling ujung yaitu Habibi, Mbak Fidah, Febry, Anjar, Irna, Wilik, Ihe, Ria, Asri, Indra, Aldi, Raras, Yunus, Ika Ayu, Lutfan dan teman-teman, yang telah membantu saya bekerja sama demi mengadakan kuliah tamu yang super oleh Pak Rio Indra Maulana dan Pak Dzulfikar. Meskipun pada waktu itu adalah waktu dimana Final project dan Uas mulai membahana. :D Semoga ilmu yang kita dapatkan dari kerja sama ini dapat bermanfaat hingga nanti. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar