08.36
0
Septy Retno Wulan
5111100090
Sosio Etika B

Assalamualaikum wr. wb.
Sehubungan dengan diberikannya tugas di akhir perkuliahan oleh bapak-ibu dosen pembimbing Sosio Etika 2013, saya akan menyampaikan testimonial, meteri yang paling berkesan, kritik dan saran, serta curahan hati saya selama mengikuti kuliah Sosio Etika semester ini.

Testiomonial
Menurut saya, model perkuliahan Sosio Etika semester ini sangat kreatif. Materi yang disampaikan dalam bentuk kuliah tamu, tentunya dengan pembicara-pembicara yang hebat membuat saya lebih bersemangat mengikuti perkuliahan. Dari kuliah ini, saya dan teman-teman juga diberi kesempatan menjadi panitia sehingga kami mendapatkan pengalaman dalam menyelenggarakan sebuah acara, khususnya kuliah tamu. Selain itu, saya juga menyukai model perkuliahan di kelas dengan metode diskusi.
Tiga materi yang paling berkesan menurut saya adalah :
  • Rio Purboyo – Public Speaking As Your Complementary Qualification

Saya memilih materi ini sebagai materi yang berkesan karena pembicaranya sangat menguasai materi yang disampaikan. Pemberian materi yang diselingi dengan praktek membuat peserta tidak bosan. Sesuai dengan topic kuliah tamu tersebut, pembicara sangat ahli dalam menarik perhatian peserta.
  • Akhmad Guntar Susatyo Ady, S.Kom, M.T. – The Art of Effective Presentation
Melalui kuliah tamu ini, saya dan teman-teman kelompok B2 diberi kesempatan untuk menjadi panitia. Saya mendapatkan pengalaman bagaimana menjadi panitia yang baik dan bekerja sama dengan teman-teman untuk membentuk acara yang sukses dan memberikan manfaat untuk orang lain. Selain itu, Pak Guntar selaku pembicara memberikan materi yang diselingi dengan guyonan-guyonan sehingga membuat saya tidak mudah bosan.

  • Dr. Ir. R. V. Hari Ginardi S.Kom, M. Sc dan Ary M. Shiddiqi S. Kom, M. Comp. Sc – Preparing Your Future With Study Abbroad

Kuliah tamu ini merupakan kuliah tamu terakhir dalam kuliah Sosio Etika semester ini. Materi ini menjadi materi yang berkesan bagi saya karena melalui kuliah ini saya mengetahui pengalaman-pengalaman pembicara selama belajar di luar negeri. Ditambah lagi, pembicara yang didatangkan merupakan dosen dari Teknik Informatika dan pernah mengajar saya di semester sebelumnya membuat saya semakin kagum, bahwa dibalik kesuksesan beliau-beliau saat ini, banyak halangan dan rintangan yang harus dilalui selama belajar di luar negeri. Selain itu, model Talk Show yang dirancang panitia juga membuat kuliah tamu kali ini menjadi berbeda dari kuliah tamu sebelumnya.

Kritik dan Saran
Menurut saya, penulisan review materi selama kuliah tamu berlangsung dapat mengganggu konsentrasi peserta dalam mendengarkan dan menyerap materi yang disampaikan oleh pembicara. Sebaiknya, peserta diberi waktu di luar waktu kuliah tamu untuk mengerjakannya.
Usulan maeri untuk selanjutnya adalah memperanyak materi yang membahas tentang etika yang benar dalam memperoleh dan menggunakan perangkat lunak.

Curhat Panitia

Saat saya menjadi panitia, banyak peserta kuliah tamu yang masih datang terlambat. Hal ini membuktikan bahwa pemberian hukuman berupa review keterlambatan tidak memberikan efek jera bagi peserta yang terlambat. Selain itu, hukuman tersebut malah menyebabkan munculnya trik baru dalam pengisian absen, yaitu datang pagi, mengisi absen, lalu keluar dan kembali ketika acara sudah dimulai, bahkan tidak kembali lagi. Saya selaku panitia pada saat itu merasa kecewa. Tidak seharusnya peserta melakukan hal tersebut mengingat kuliah tamu ini merupakan bagian dari kuliah Sosio Etika dimana materi di dalamnya banyak diajarkan etika.

Saya bersama teman-teman kelompok B2, dosen pembimbing Sosio Etika 2013 dan pak Guntar

0 komentar:

Posting Komentar