09.25
0
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi/siang/sore/malam semuanya... :)


Pada postingan dari saya kali ini, akan saya tuliskan pengerjaan saya akan tugas terakhir yang diberikan oleh Tim Dosen Sosio Etika 2013,yaitu membuat review tentang perkuliahan soset selama satu semester ini.

Langsung saja saya akan mulai menulis review kuliah sosio etika ini berdasarkan point-point yang harus saya sampaikan

#Penulis
Nama lengkap saya Kharisma Alivia Nastiti, dengan nama panggilan Risma. NRP 5111100070 :). Dan saya berasal dari Kelas Sosio dan Etika B

#Testimonial
Pada testimonial ini, saya akan memberikan kesan.
Kesan yang paling saya rasakan terhadap kuliah sosio dan etika adalah mengenai waktu. Kesan yang saya dapatkan pada perkuliahan kali ini yaitu benar-benar diajarkannya tentang sosiologi dan etika dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia luar nantinya setelah lulus dari jurusan Teknik Informatika terutama tentang waktu. Hal yang membuat saya terkesan adalah tentang ketepatan waktu yang sangat dijunjung tinggi dan tidak diremehkan. Membuat saya jadi terpacu untuk mulai tidak meremehkan waktu. Dan dari kesan yang saya dapatkan ini, pesan yang bisa saya sampaikan adalah tetap dijaga ketepatan waktu seperti ini dan terus ditingkatkan, mungkin dengan cara meningkatkan hukuman untuk pihak-pihak yang masih tidak hadir tepat waktu. 

Setiap materi yang disampaikan pada setiap kuliah tamu adalah materi yang luar biasa. Saya selalu merasakan pentingnya materi ini untuk saya terima dalam setiap kuliah tamu, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa ada saat dimana saya merasa bosan, tidak tertarik, dan mengantuk. Namun pada tugas review kali ini, saya harus menuliskan tiga materi yang paling berkesan atau bermanfaat untuk saya. Dari semua materi yang luar biasa yang pernah saya dapatkan selama kuliah tamu mata kuliah sosio dan etika ini, tiga yang sepertinya paling berkesan dan bermanfaat adalah :



Preparing your future with Study Abroad




Why? Karena pada perkuliahan ini, saya menjadi semakin tertarik untuk bisa mencari ilmu di luar Indonesia, saya menjadi merasa semakin yakin bahwa semua hal insyaAllah bisa dilakukan dengan niat yang kuat dan tujuan yang baik, Bismillah, semoga Allah meridhoi. Amiin..



Implementasi dan Skill IT di Industri Game




Why? Karena dalam kesempatan kuliah tamu kali itu, saya kembali diberikan kesempatan untuk belajar menjadi pembawa acara. Dan itu merupakan pelajaran yang sangat bermanfaat untuk saya dan memberikan kesan yang luar biasa.



Technopreneurship Ways in IT




Why? Karena pada kuliah tamu dengan tema ini, penyampainya luar biasa, kemudian materi yang beliau sampaikan mengena sekali dan membuat saya semakin tertarik untuk membuat lapangan pekerjaan. InsyaAllah.

Oke demikian testimonial dari saya mengenai kuliah sosio dan etika 2013. Lanjut untuk point selanjutnya,

#Kritik dan saran untuk kuliah soset yang akan datang
Seperti yang telah saya sampaikan pada tugas makalah sosio etika saya yang bertemakan 'Dampak Teknologi Informasi dalam Kehidupan Mahasiswa' pada lampiran, saya mengkritik tentang pembagian kelompok yang terlalu banyak. Dengan sembilan kelompok dalam tiga kelas membuat kuliah tamu juga banyak. Dan menurut saya akan lebih baik jika jumlah kelompok dikurangi sehingga kuliah tamu berkurang dan waktunya dapat dialokasikan untuk perkuliahan di kelas untuk membahas lebih detail dan melakukan diskusi, dan juga lebih baik juga jika panitia dalam satu kelompok bertambah sehingga persiapan kuliah tamu menjadi lebih matang dan kuliah tamu semakin 'wauww'. Dan dari kritik yang telah saya sampaikan diatas, maka dapa disimpukan bahwa saran yang ingin saya sampaikan adalah mengurangi jumlah kelompok.

#Usulan materi yang disampaikan
Mengenai materi yang disampaikan dalam kuliah tamu sosio dan etika ini, saya mengusulkan materi yang membahas tentang persiapan apa saja yang harus dipersiapkan oleh seorang mahasiswa dalam rangka menghadapi dunia pekerjaan diluar sana. Tidak hanya pekerjaan IT, namun juga pekerjan dalam bidang-bidang lain. Dalam materi ini diajarkan apa saja yang harus dilakukan saat kita masih menempuh jenjang pendidikan perkuliahan untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia luar nantinya

#Curhat panitia, peserta, unofficial photo, resume, dan lain-lain
Pada point terakhir ini, jujur saja saya bingung apa yang harus saya tuliskan, karena jika harus menceritakan curhat saat menjadi panitia kuliah tamu, saya merasa tidak ada sesuatu yang membuat saya kesal ataupun marah. Namun ada hal yang sebenarnya ingin saya sampaikan, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Dosen sosio etika ketika kuliah tamu yang berpanitiakan saya dan teman-teman, karena pada kuliah tamu itu kami mengundang Bapak/Ibu Dosen pukul 08.00 WIB, namun kemudian kami menginformasikan kepada Pembicara bahwa acara akan dimulai 08.30 WIB sehingga membuat pembicara datang sesuai informasi dan membuat Bapak dan Ibu menunggu. Pada saat itu sebenarnya yang mengurus surat adalah saya dan salah satu teman saya. Saya lupa bahwa yang saya tulis pada surat undangan adalah pukul 08.00 WIB, padahal pada waktu sebelumnya, informasi yang disampaikan kepada pembicara adalah pukul 08.30 WIB. Niat saya sebenarnya  informasi pukul 08.00 WIB untuk para peserta, untuk pembicara dan Dosen 08.30 WIB. Namun saya benar-benar lupa kalau surat yang saya berikan pada Bapak/Ibu Dosen adalah pukul 08.00 WIB. Namun saat hari H saya teringat dan berniat untuk memberitahuakan. Sebelum sekitar pukul setengah delapan (kalau tidak salah, seingat saya), saya menuju ruangan Ibu Yuhana untuk menginformasikan tentang jam mulai 08.30 WIB, namun pada saat itu kalau tidak salah ruangan Ibu Yuhana masih terkunci, dan kemudian saya kembali ke Aula untuk berlatih menjadi pembawa acara. Dan setelah itu saya lupa untuk mencari Ibu Yuhana lagi sampai Ibu Yuhana, Bapak Imam dan Ibu Licha datang ke aula. Dan akan kelalaian itu saya benar-benar meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu Dosen. Atas ketersediaan Bapak/Ibu Dosen memberikan maaf (atau mungkin sudah melupakan tentang kesalahan tersebut), saya ucapkan terima kasih :)


Yakkk... Demikian resume perkulahan sosio dan etika 2013 yang dapat saya sampaikan.
Apabila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati pembaca sekalian, ataupun kata-kata yang menyinggung, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, karena tidak sedikitpun ada niat dari saya untuk menyinggung hati siapapun.
Tak lupa pula saya sampaikan permohonan maafapabila ada kekurangan ataupun kesalahan, karena sesungguhnya kesempurnaan hanya milik Allah semata.
Dan akhir kata saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak :)

Wassalamulaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar