00.44
0

Nama               : DESY CANDRA NOVITASARI
NRP                : 5110100045
Kelas               : C


Kesan saya selama megikuti perkuliahan soset selama 1 semester

Proses perkuliahan menurut saya sudah cukup baik. Penilaian saya terhadap kuliah tamu juga sudah cukup baik. Namun saran dari saya yaitu agar kuliah ini tidak hanya terpaku pada materi saja, melainkan juga pada prakteknya. Mengenai bagaimana bertutur kata yang baik, berada dalam forum yang baik, bersosialisasi yang baik, membawa kan acara yang baik, serta bagaimana menghargai pendapat orang lain.

Sebagai seorang mahasiswa kita juga harus memiliki  etika untuk membentuk citra mahasiswa sebagai manusia yang memiliki integritas intelektual, professional, santun, peduli terhadap lingkungan dan juga sesama. Etika sebagai mahasiswa dapat diterapkan dengan berbagai cara, contohnya yaitu memakai pakaian yang sopan selama di kampus, dating kuliah tepat pada waktunya, bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas, dan tidak merokok di lingkungan kampus. Meskipun terlihat sepele, namun justru dengan menerapkan hal – hal tersebut, kita dapat  melatih kedisiplinan etika sosial kita.

Apalagi mengingat di semester ini akan dilaksanakan Kerja Praktik. Dimana pada saat itu kita dituntut untuk memiliki etika dan kepribadian yang baik dalam berbicara, mendengarkan, serta bersosialisasi dengan orang lain.     

3 ( tiga ) materi yang paling berkesan, yaitu :

1. Presentasi melekat oleh Bp. Rio Purboyo, dimana waktu itu dijelaskan tentang pentingnya    seni presentasi untuk mendongkrak karir.

2. Technopreneurship Ways in IT oleh Bp. Imam Baihaqi, ST, M.Sc, Ph.D, dimana pada waktu itu dibahas tentang dibutuhkan enterpreneur yang berbasis teknologi inovatif penopang pertumbuhan ekonomi bangsa.

3. IT Career & Profession oleh Bp. Nurrizki Akbar Brahmantyo, di kuliah tamu dibahas tentang persiapan berkarir dan berjuang atau bertahan di dunia IT.

Kritik dan Saran

Harapan saya dalam kuliah sosio etika ini adalah agar kuliah ini dapat menjadi bekal sebagai pandangan mengenai bagaimana beretika yang baik. Baik dalam dikehidupan sehari-hari, terhadap diri sendiri, maupun terhadap orang lain. Sebagai seseorang yang akan terjun di masyarakat, tentu saja materi mengenai sosio etika ini sangat diperlukan. Apalagi mengingat di semester ini akan dilaksanakan Kerja Praktik. Dimana pada saat itu kita dituntut untuk memiliki etika dan kepribadian yang baik dalam berbicara, mendengarkan, serta bersosialisasi dengan orang lain.

Saran saya untuk perkuliahan sosio etika yang selanjutnya adalah lebih atraktif dan menarik lagi dalam hal mengemas kuliah tamu. Misalnya adalah melakukan kunjungan ke suatu perusahaan. Dengan demikian diharapkan teman- teman juga dapat secara langsung baik sedikit atau banyak menerapkan sosio dan etika di luar kampus. Selain itu juga mengadakan sertifikat agar peserta dan panitia lebih tertarik karena kegiatan seperti ini juga bisa menambah poin di SKEM, atau mungkin juga mengundang peserta lain yang tidak mengambil mata kuliah soset untuk sekedar sharing ilmu.

Usulan materi

Materi yang saya usulkan adalah “Etika dalam pertemuan atau rapat”. Menurut saya hal ini sangatlah diperlukan untuk persiapan nantinya bagi teman – teman ketika sudah bekerja dan bertemu dengan banyak orang.

Curhat panitia 

Dalam hal kepanitiaan, dalam kelompok saya ini teman – teman cukup antusias dalam hal bekerjasama sehingga adapun kendala itu bisa kami atasi bersama. Dan dari dosen – dosen juga sudah membantu, memberi dukungan sehingga acara kuliah tamu dapat berjalan lancar. Terimakasih untuk semmuanya, semoga apa yang kita dapatkan dari perkuliahan sosio dan etika ini dapat bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar