04.51
0
Nama : Yoko Mashonia Panjaitan
NRP   : 5111100193
Kelas : C

Berikut beberapa review yang akan saya sampaikan selama mengikuti perkuliah sosio etika tahun 2013 ini.

Testimonial
Saya terkesan dengan mata kuliah sosio etika ini, karena sistem pengajarannya yang beda dengan mata kuliah lainnya di Teknik Informatika. Mengadakan kuliah tamu setiap 2 minggu dan kebanyakan materi dari kuliah tamu tersebut mengenai softskill mengajarkan saya pentingnya berinteraksi dengan dunia luar dan bagaimana menjaga komunikasi yang baik dengan orang - orang di sekitar yang nantinya akan terlibat dengan kita. Kebanyakan mahasiswa Teknik Informatika hanya fokus pada dirinya sendiri dan cenderung anti sosial yang hanya peduli dengan laptop di depannya saja. Nah dari kuliah ini lah, saya mendapat softskill yang berharga yang mungkin tidak saya dapatkan dari mata kuliah manapun.

3 Materi yang Paling Berkesan 
Sebenarnya semuanya materinya berkesan, tapi jika ditanya yang paling berkesan menurut saya adalah :

  1. Technopreneurship Ways in IT , mengapa materi ini berkesan menurut saya? Karena materinya yang khusus mengenai technopreneurship langsung dibawakan oleh pemateri yang khusus dan ahli di bidang  technopreneurship. Begitu juga denga tips yang diberikan yang membuat saya lebih berkesan.
  2. IT Career and Profession , materi yang satu ini juga tidak kalah menarik buat saya karena menginformasikan kepada pesertanya apa saja profesi - profesi yang boleh kita dapatkan ketika kita menjadi lulusan teknik informatika. Dan juga mendekskripsikan profesi - profesi tersebut secara mendalam. Selain itu juga panitianya adalah dosen teknik informatika dan juga lulusan teknik informatika angkatan 2004 yang lebih siap dan lebih kreatif dalam menyusun acaranya.
  3. Preparing Your Future with Study Abroad , selanjutnya materi yang menurut saya paling berkesan adalah materi ini. Karena saya terkesan dengan konsepnya yang baru dibanding materi - materi sebelumnya yaitu menggunakan konsep diskusi atau sharing - sharing. Sehingga tidak bosan dan disamping itu materinya memang cukup menyenangkan. Pastinya banyak di antara mahasiswa teknik informatika yang ingin melanjutkan kuliahnya ke luar negeri dan tentunya materi ini sangat ditunggu - tunggu untuk mendapat pengalaman dari pemateri - pemateri yang sudah berpengalaman kuliah di luar negeri .
Kritik dan Saran untuk Kuliah Soset yang Akan Datang
Sistem perkuliah soset dengan mengadakan kuliah tamu seperti ini sebenarnya sudah sangat baik, hanya saja sistem pengumpulan resume yang kurang baik dan membuat kuliah tamu ini menjadi kurang efektif. Banyak peserta yang hanya fokus dengan resume yang dibuatnya dan bukan benar - benar mendengarkan materi yang disampaikan. Bagaimana tidak? Jika pengumpulan resumenya pada hari itu juga. Sebaiknya diberikan waktu beberapa hari untuk pengumpulannya dengan begitu saya rasa materi akan lebih mudah tercerna oleh pesertanya.

Usulan Materi yang Disampaikan
Untuk materi selanjutnya saya mengusulkan materi mengenai persiapan - persiapan yang mungkin dihadapi mahasiswa untuk interview kerja, bagaimana cara menghadapi HRD dengan tenang, dan mungkin juga hal - hal dan tips yang mungkin mahasiswa hadapi dengan lingkungan kerja yang tidak 'enak' .

Curhat Panitia 
Untuk kelompok kami yang menjadi panitia untuk kuliah tamu terakhir ini sudah  cukup kompak dan baik dalam kerjasamanya. Terlebih dalam menentukan konsep acaranya supaya beda dengan kuliah tamu sebelumnya. Dan kami memilih konsep diskusi ini agar lebih terkesan karena ini adalah kuliah tamu terkahir kita. Dan saya lihat kerja tim kami sangat baik walaupun kami sedikit kebingungan mengatur waktu karna adanya UAS dan Final Project pada minggu itu. Tetapi saya cukup terkesan dengan teman - teman saya dan saya mengucapkan banyak terimakasih buat kita semua .
Thankyou :)

0 komentar:

Posting Komentar