07.11
0
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada post ini saya akan memberikan testimonial untuk mata kuliah Sosio dan Etika 2013.

Testimonial
Kuliah Sosial dan Etika ini menurut saya menarik. Kuliah dengan dosen hanya pada pertemuan-pertemuan awal dan belajar pentingnya etika pada diri kita untuk hidup bersosial. Kemudian pertemuan berikutnya diisi dengan kuliah tamu yang materinya begitu inspiratif dan motivatif. Dengan begitu mahasiswa tidak hanya belajar tentang hard skill, namun mahasiswa dapat belajar etika untuk kesuksesan di masa mendatang.

"IT carrer and profession"
Kuliah ini memberikan banyak informasi tetang karir dan dunia kerja nanti setelah kuliah. Dengan ini saya dapat mengetahui karir dan profesi apa yang akan saya capai setelah kuliah di Teknik Informatika ITS ini. Dengan begitu saya dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi profesi yang disebutkan dalam seminar.

"The Art of Effective Presentation"
Kemudian materi pada kuliah ini juga menarik karena saya dapat mengetahui bagaimana cara presentasi yang efektif dan pesan yang akan saya berikan tersalurkan kepada pendengar presentasi saya. 

"Prepare your Future with Study Abroad"
Kuliah ini juga menarik karena kuliah ini membuka mata saya bahwa dunia ini luas dan saya dapat mencari ilmu dan pengalaman di belahan dunia mana saja. Dalam kuliah ini terdapat banyak manfaat jika kita belajar ke luar negeri. Kita bisa mengetahui beragam budaya di dunia, belajar teknologi yang tidak ada di negeri sendiri, dan lainnya.

Kritik dan Saran
Kuliah sudah berjalan dengan baik, namun yang saya heran yaitu pemberian hadiah / doorprize kepada peserta yang terlambat. Mungkin ini bermaksud untuk bercanda, namun yang saya tangkap dari ini adalah membiarkan kebiasaan terlambat. Saya tidak bermaksud menyalahkan siapapun karena saya pun pernah terlambat. Yang saya lihat, orang-orang terlambat pada dasarnya tidak bermaksud untuk terlambat. Mereka menerlambatkan diri karena teman-temannya pun pada terlambat, jadi tidak perlu datang tepat waktu. Ini merupakan kebiasaan yang buruk dari kita.
Saran untuk kuliah soset semester depan yaitu tidak memberikan penghargaan atau hadiah atau doorprize kepada mahasiswa yang terlambat. Pemberian penghargaan kepada yang terlambat berarti senang atas budaya terlambat.

Usulan Materi
Menurut saya materi pada kuliah tamu selama ini sudah bagus dan inspiratif walaupun saya tidak mendapatkan materi Etika dari materi-materi tersebut. Karena ini kuliah Sosial dan Etika, mungkin lebih baik pembicaranya dapat menyampaikan materi Etika yang berhubungan dengan materi yang beliau sampaikan.

Pada mata kuliah ini saya tidak mempunyai curhatan yang berarti. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada Dosen mata kuliah Sosial dan Etika atas adanya kuliah tamu yang membuat saya belajar lebih dari pemrograman. Materi dari kuliah tamu begitu inspiratif bagi saya. Dengan begitu saya dapat pencerahan tentang apa yang akan saya lakukan selain dan setelah kuliah.
Terima Kasih

Muhammad Faris Ghanianto
5111100168
Sosio dan Etika A


 

0 komentar:

Posting Komentar