06.39
0
Kuliah Sosio dan Etika Informatika 2013

Kesan dan Pesan

Selama mengikuti perkuliahan Sosio Etika di semester 3 ini saya merasa sangat senang dengan sistem yang sudah diterapkan. Mahasiswa diminta untuk berperan aktif dalam perkuliahan. Contohnya menjadi panitia dalam pembuatan acara kuliah tamu. Selain itu mahasiswa diminta untuk menjaga perilakunya terutama di dalam kedisiplinan. Memberikan konsekuensi nyata apabila terlambat mengikuti kuliah tamu dan perkuliahan di dalam kelas.

Pada intinya mata kuliah ini benar-benar menjadi inspirasi bagi mahasiswa Informatika lainnya karena buktinya benar-benar nyata dalam kehidupan sehari-hari. Mengubah perilaku tidak disiplin menjadi lebih disiplin di dalam perkuliahan dan kehidupan sehari-hari.

Materi yang Berkesan

Technopreneurship Ways In IT

Dalam tema kuliah tamu ini, saya jadi mengerti bagaimana menjadi seorang technopreneur yang baik. Bagaimana cara kita mulai dari awal membangun suatu usaha dan mengembangkannya hingga lebih baik lagi. Saya menjadi lebih paham apa saja yang dibutuhkan seseorang untuk membangun suatu usaha terutama di bidang IT.

Kejahatan Di Dunia Maya

Tema ini sangat berkesan menurut saya karena saya menjadi lebih terbuka wawasan di bidang jaringan. Ternyata sangat banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk melakukan kejahatan di dunia maya. Mulai dari keylogger hingga membuat Wi-fi gratis sendiri yang dapat mencuri informasi seseorang.

Implementasi Skill IT di Industri Game

Kebetulan saya tertarik di bidang pembuatan game. Pada tema kuliah ini benar-benar memaparkan bagaimana cara kita seharusnya dalam mengelola suatu studio game. Bagaimana cara kita membagi sumber daya  manusia, apa yang dibutuhkan, dan cara pengimplementasiannya dalam dunia Industri game. Ternyata peluang di dunia game ini sangatlah besar.

Kritik dan Saran untuk Kuliah Soset Mendatang

Menurut saya seharusnya di setiap kuliah tamu harus ada lembar feedback untuk pembicara. Selaku pembicara pasti akan senang apabila mendapatkan kritik dan saran untuk mengembangkan dirinya lebih baik lagi. Selain itu resume sebaiknya disimpan sendiri saja untuk catatan. Atau sebaiknya resume yang sudah dikumpulkan dikembalikan untuk disimpan materinya oleh mahasiswa sebagai catatan kedepan.

Usulan Materi Kuliah Soset

Menurut saya tidak perlu materi selalu berkisar pada IT. Yang lebih diperbanyak adalah materi tentang etika itu sendiri. Selain itu sebaiknya perlu ada evaluasi selama perkuliahan 1 semester.

Curhat

Saya merasa tidak semua anggota panitia melakukan tanggung jawabnya. Ada yang hanya datang di hari H. Mohon dicarikan solusi kedepan untuk masalah ini. Atau saran saya sebaiknya ada dokumentasi setiap kali rapat dan absen di setiap pertemuan rapat.

0 komentar:

Posting Komentar