08.50
0
Luthfan Aufar Ramadhan
5111100174
Sosio dan Etika kelas B



Review Kuliah Sosio dan Etika 2013


Testimoni 

Kuliah Sosio dan Etika sangat berbeda dengan kuliah lainnya. Di sini lebih ditekankan kepada softskill yang harus dimiliki dalam dunia kerja. Apalagi dengan diadakannya kuliah tamu pada hampir setiap minggu dimana kita bisa mendapatkan pengalaman-pengalaman, kesan, pesan, dan requirement di berbagai pekerjaan. Hal ini sangat membantu untuk mendapatkan bayangan tentang apa yang akan kita temui dan apa yang perlu kita lakukan kedepannya.
Untuk tiga materi yang paling berkesan menurut saya adalah :

1. Kebebasan Berekspresi Dalam Dunia IT & Kejahatan di Dunia Maya
Mengapa: Melalui kuliah tamu ini saya menyadari ternyata banyak sekali kejahatan-kejahatan yang dapat dilakukan dengan internet dengan "mudah". 
2. Preparing Your Future with Study Abroad
Mengapa: Pada kuliah tamu ini memberikan bayangan kehidupan dan perkuliahan di luar negeri. Selain itu saya juga memang berminat untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.
3. Technopreneurship Ways in IT
Mengapa: Saya ingin sekali membangun usaha di bidang IT. Melalui kuliah tamu ini memberikan saya bayangan kedepannya bagaimana membuat produk yang baik dari sudut pandang consumer.

Kritik dan saran untuk kuliah soset yang akan datang

Dengan diadakannya kuliah tamu di hampir setiap minggunya saya rasa sudah sangat tepat untuk bisa mendapatkan materi kuliah Sosio dan Etika melalui kisah-kisah yang dialami oleh pembicara dalam setiap pekerjaannya.
Namun dengan menulis resume kuliah tamu di tempat saya rasa kurang tepat karena dapat mengganggu fokus untuk mendengarkan kuliah tamu yang diberikan. Selain itu dari sudut pandang pembicara saya rasa akan menimbulkan kesan yang kurang baik ketika beliau sedang berbicara namun peserta kuliah tamu malah membuat resume seakan-akan datang kuliah tamu hanya untuk resume. Mungkin untuk selanjutnya resume bisa dikumpulkan beberapa jam setelah kuliah tamu selesai dengan pembatasan kertas resume yang berlabel khusus yang hanya bisa didapatkan jika datang kuliah tamu.

Usulan materi yang disampaikan

Menurut saya materi pada kuliah tamu sudah lebih dari cukup. Mungkin yang perlu ditambah adalah pertemuan dikelas setidaknya diadakan sekali perbulannya. Bagaimanapun materi yang diajarkan di kelas dan di kuliah tamu tentu akan berbeda dan saya kira kami juga perlu adanya materi yang diadakan di kelas mungkin bisa berupa praktik presentasi, atau bercerita tentang pekerjaan yang diinginkan dengan menggunakan pakaian yang sesuai (seperti pada kuliah sosio dan etika kelas B) dan sebagainya.

Curhat

Sebagai peserta kuliah tamu:
Sebagai peserta mirip pada paragraf kritik dan saran di atas yaitu mengenai pembuatan resume di tempat yang mengganggu fokus untuk mendengarkan materi. Selain itu untuk absen (tanda tangan) kadang menimbulkan antrian yang panjang saat masuk, mungkin tanda tangan bisa dilakukan setelah kuliah tamu sementara saat masuk panitia mencatat jam masuk peserta sehingga tidak menimbulkan antrian.

Sebagai panitia kuliah tamu:
Saat menjadi panitia saya jadi kurang menangkap materi kuliah tamu, entah mungkin karena posisi yang selalu dibelakang. Namun tidak mengapa karena pengalaman saat menjadi panitia sangat berkesan.

Foto:



0 komentar:

Posting Komentar