04.57
0
Penulis
Indra Saputra
5111100066
Sosio Etika B

Testimoni
Kuliah sosio etika semester ini memberi kesan tersendiri bagi saya. Kuliah yang memiliki konsep berbeda dari kuliah lain. Awalnya saya tidak tahu apa yang harus dipelajari dari mata kuliah ini. Namun, lambat laun banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang diberikan oleh pemateri, dosen, maupun teman-teman. Hal paling penting yang saya dapat adalah etika sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang dalam meniti karir. Hal ini sudah dibuktikan oleh pemateri dan cerita-cerita yang disampaikan.

Tiga Materi Paling Berkesan dan Bermanfaat
The Art of Effective Presentation
Kuliah tamu ini sangat bermanfaat bagi teman-teman di TC. Teman-teman di TC masih banyak yang kesulitan untuk berbicara di depan umum maupun menyampaikan pendapat. Padahal, di dunia kerja nantinya, kebutuhan akan softskill tidak kalah besar dibandingkan dengan kebutuhan hardskill. Dalam kuliah ini, pembicara menyampaikan pentingnya softskill dan relevansi dengan perkembangan karir.

Technopreneurship Ways in IT
Kuliah tamu ini membuat saya ingin menjadi seorang pengusaha. Pemateri memberikan tips dan saran yang sangat bermanfaat dalam membangun usaha. Pemateri menyampaikan bahwa banyaknya pengusaha akan memakmurkan bangsa dan negara. Menjadi pengusaha juga merupakan suatu pekerjaan yang bebas, artinya, kita dapat bekerja kapanpun kita mau, tapi ya tanggung sendiri resikonya jika menyalahgunakan kebebasan waktu yang diberikan.

Preparing Your Future with Study Abroad
Kuliah tamu ini memiliki konsep paling beda dengan kuliah tamu lain. Konsep talkshow yang diajukan sangat menghibur dan tidak membosankan. Pemateri juga menyampaikan materi dengan baik dan cerita-ceritanya semakin menguatkan keinginan saya untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Insya Allah. Amin.

Kritik dan Saran untuk Kuliah Soset yang Akan Datang
  • Jumlah atau intensitas kuliah tamu seharusnya dikurangi. Jikapun diadakan, seharusnya ada koordinasi dengan HMTC karena Departemen Pengpro HMTC juga memiliki beberapa proker kuliah tamu.
  • Resume yang dibuat seharusnya tidak dikumpulkan saat itu juga karena hal itu bisa menggannggu konsentrasi peserta.
  • Resume seharusnya dikembalikan ke peserta maksimal satu minggu setelah pengumpulan karena suatu ketika peserta juga membutuhkan resume yang sudah dibuat untuk mengingat-ingat materi.
  • Penyampaian material etika yang lebih dominan. Kebanyakan kuliah tamu fokus pada tema dan judul materi tetapi sangat jarang ditemukan bukti nyata etika yang diperlukan. Saya dulu sempat mengharapkan bahwa penyampaian materi etika melalui contoh langsung atau melalui video/film yang menceritakan etika dan pengaplikasiannya dalam dunia kerja. Namun, yang saya dapat hanya cerita-cerita untuk beretika baik. Saya rasa, cerita-cerita seperti itu bisa didapat melalui teman maupun kakak kelas. Yang tidak bisa didapat adalah bukti nyata digunakannya suatu etika dalam dunia kerja.


Usulan Materi yang Disampaikan
  • Materi yang lebih mengarah ke etika dalam dunia kerja dan contoh penerapan atau bukti nyata
  • Mengulas perkembangan karir dunia IT untuk beberapa tahun ke depan
  • Perbedaan pekerja IT yang menerapkan etika dengan baik dan yang sangat jarang menerapkan etika
  • Simulasi mengenai penerapan etika yang nantinya dilakukan oleh mahasiswa sebagai pekerja IT dan dosen sebagai penilai.


Curahan Hati Panitia
Ketika menjadi panitia kuliah tamu, saya sempat merasa sungkan kepada ketua panitia dan dosen karena saya ditugasi untuk mencetak banner dan bannernya tidak jadi dicetak. Hal tersebut disebabkan oleh belum selesainya LPJ kelompok sebelumnya. Sehingga, ketua panitia tidak berani menyuruh saya untuk mencetak banner jauh-jauh hari. Ketika mendapatkan perintah, ternyata saat itu bertepatan dengan hari libur. Percetakan banyak yang tutup. Ada satu percetakan yang menyanggupi tetapi biayanya mahal sehingga kelompok kami memutuskan untuk tidak mencetak banner.

0 komentar:

Posting Komentar