06.57
0
Nama : Johannes Christian P.
NRP   : 5111100179
Kelas  : SOSET - C

Testimoni kuliah SOSET
Tak terasa sudah 1 semester ini saya mengikuti kuliah soset ini, pada awalnya saya tidak mengerti akan membahas apa mata kuliah ini. Namun seiring berjalannya waktu terutama setelah beberapa kali kuliah tamu, saya semakin menyukai mata kuliah ini. Ini merupakan matakuliah yang sangat menarik bagi saya, karena setiap minggunya saya mendapatkan banyak ilmu baru dari orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya, bukan hanya dalam bidang IT. 3 materi yang sangat berkesan bagi saya yaitu

1. Preparing Your Future With Study Abroad (Dr. Ir R.V. Hari Ginardi S.Kom, M.Sc dan Ary Shiddiqi S.Kom, M.Comp.Sc)
Materi terkahir ini dalam kuliah sosio etika ini sangat menarik dan berkesan bagi saya. Pada kuliah tamu ini merupakan pertama kalinya saya menjadi moderator dalam sebuah kuliah tamu, meneganggkan di awal, namun seiring berjalannya waktu saya senang bisa memandu talk show di kuliah tamu ini dengan pembicara yang sangat super. Saya juga sangat senang dengan materi yang ada karena saya memang bercita-cita untuk bisa melanjutkan kuliah ke luar negri, dan melalui kuliah tamu ini saya mengetahui apa saja yang harus saya persiapkan untuk bisa kuliah ke luar negri.

2.  Public Speaking As Your Complementary Qualification (Rio Purboyo)
Saya rasa kuliah tamu yang satu ini sangat berbeda dengan kuliah tamu yang lainnya, karena pemateri yang datang sudah bisa dikatakan “professional” dan juga sebagai pembicara, beliau juga mampu untuk berbaur dengan audience, istilahnya interactive juga, sehingga audience tidak bosan dengan hanya mendengar saja materi yang disampaikan.

  3. The Art Of Effective Presentation (Akhmad Guntar Susatyo Ady, S.Kom, M.T.)

 Pembicara yang satu ini sangat luar biasa. Beliau merupakan alumni dari TC angkatan C0D, beliau juga pernah menjabat sebagai Kahima TC. Materi yang disampaikan oleh beliau sangatlah super. Kita diajari bagaimana cara berbicara di depan umum, bagaimana teknik-teknik presentasi yang sebenarnya.

Kritik dan Saran
 Menurut saya menulis resume pada saat mendengarkan materi sangat mengganggu, karena fokus menjadi terbelah dua, antara harus mendengarkan, tetapi juga mencatat. Mungkin agar tidak terjadi seperti itu, pengumpulan resume bisa diperpanjang menjadi h+1 dari kuliah tamu tersebut. Sehingga pada saat acara, peserta dapat dengan fokus mendengarkan materi yang ada.

Usulan Materi Kuliah Tamu
Saya mengusulkan untuk tahun - tahun kedepan materi kuliah tamu tidak hanya yang berkaitan dengan materi-materi yang berkaitan dengan bidang ITS, namun juga banyak mengangkat materi yang bersifat pengembangan soft skill serta pengetahuan mahasiswa secara luas.

Curhat
Untuk kuliah tamu kelompok saya yaitu kelompok C3, awalnya kami sedikit pesimis karena deadline sudah dekat dan kami belum menemukan tema serta pembicara, ditambah lagi dengan beberapa teman kami akan mengadakan ujian pada hari jumat tepat ketika kuliah soset akan dilaksanakan. Namun kami berkonsultasi dengan ibu Adatus dan beliau menawarkan kulah dipercepat ke hari kamis, namun karena kami ragu dan kurang persiapan, kami meminta hari sabtu. Dan saya sebagai seksi publikasi harus bekerja sangat cepat untuk membuat video teaser, poster banner. Dan ketika kami meminta  tanda tangan untuk sertifikat pembicara, ibu nanik marah karena format sertifikat yang dibuat teman saya salah. Sehingga dengan sigap saya harus membuat sertifikat. Namun semuanya berjalan lancar, dan mendengar tanggapan teman-teman saya mereka senang dengan kuliah tamu kelompok kami
Sekian yang dapat saya sampaikan.
Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar