08.30
0
Muhammad Imaduddin - 5111100042
Sosio Etika B

Testimoni & Tiga materi paling berkesan

Sebenarnya saya kurang bersemangat dalam mengikuti mata kuliah Sosio Etika semester ini, kecuali pada beberapa pertemuan saja. Dua pertemuan yang menurut saya cukup berkesan karena pembicaranya yang pandai dalam menyampaikan materinya, yaitu yang pertama bertema Public speaking (Rio Purboyo), dan yang kedua bertema Presentasi efektif (Akhmad Guntar Susatyo Ady). Kemudian 1 pertemuan lagi karena temanya yang cukup menarik bagi saya, yaitu TIK di Pemerintahan (Nurvan Indra Praja & Oky Yanuar Kusuma Atmaja) yang disampaikan secara transparan.
Ada beberapa hal yang membuat saya kurang bersemangat untuk mengikuti Soset semester ini. Pertama, karena presentasi dari beberapa pembicara kurang efektif, sehingga terkadang susah untuk bisa benar-benar menangkap pesan yang ingin disampaikan. Kedua, karena prasarana yang kurang mendukung (misal mic sering mati, koneksi internet susah didapatkan, dll) sehingga dapat memecah konsentrasi. Ketiga, mungkin lebih ke alasan pribadi, yaitu saya kurang suka dengan waktu pelaksaan kuliah tamunya. Mungkin lebih baik jika kuliah tamu dilaksakan di ujung hari (setelah semua kegiatan perkuliahan).

Kritik & Saran

Untuk kritik dan saran dari saya mungkin tidak banyak. Yang pertama, karena kuliah tamu membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit, semestinya pelaksanaannya dapat berjalan dengan maksimal (persiapan penuh, prasarana yang mendukung, dll), sehingga paling tidak manfaat yang didapatkan peserta bisa lebih dari mata kuliah lain yang "gratis". Yang kedua, saya sebenarnya kurang suka dengan waktu pengumpulan resume yang mengharuskan peserta mencatat SAAT pembicara menyampaikan materinya. Kebanyakan peserta jadi cenderung mengutamakan catatannya daripada meresapi apa yang disampaikan pembicara, dan selain itu menurut saya hal itu kurang sopan untuk dilakukan di depan pembicara.

Usulan Materi

Untuk usulan materi, saya mungkin tidak bisa menyampaikan apa-apa, karena saya kurang paham terhadap standar kompetensi serta kriteria penilaian pada mata kuliah ini.

Curhat

Bisa dikatakan saya adalah anggota yang paling sedikit berpartisipasi (bahkan sangat sedikit alias gabut) dalam persiapan pelaksanaan kuliah tamu oleh kelompok saya (B2), dan saya merasa tidak enak akan hal itu, meskipun ketua kelompok saya sudah bilang "tidak apa-apa" dan tidak memberikan konsekuensi apapun bagi saya. Untuk itu saya bersedia mendapat konsekuensi langsung dari Bapak/Ibu dosen.

0 komentar:

Posting Komentar