09.23
0

Testimoni :
Sosio dan Etika merupakan salah satu perkuliahan yang beda dengan sewajarnya perkuliahan, dimana kita mendapat ilmu dari kuliah tamu yang diadakan atau diselenggarakan oleh teman-teman mahasiswa. Dari hal ini kami melihat bahwa kami mendapat ilmu tidak dengan satu arah dari dosen ke mahasiswa. Kita mendapat pandangan-pandangan tentang ilmu keprofesian dan etika dari orang-orang diluar lingkungan perkuliahan kita, dan kita terdidik juga dalam hal manajemen even yang tidak dipungkiri ini meningkatkan kemampuan softskill diantara hantaman materi hardskill kita dalam perkuliahan resmi yang kita alami. Kuliah SOSET memberi kesan dan pengalaman berbeda dari mata kuliah yang lain.

3 materi paling berkesan..
  • materi dengan senior-senior sebelumnya, tapi sayangnya saya tidak dapat mengikuti materi ini karena sedang mengikuti pelatihan. Tapi, saya pikir ini materi yang baik dimana kita bisa banyak mendapat pengalaman dari senior-senior sebelumnya dan juga pandangan ke depan tentang keprofesian.
  • materi kuliah di luar negeri, karena dalam hal ini kita mendapat motivasi dan gambaran tentang pentingnya kuliah dan menuntut ilmu di luar
  • materi public speaking, karena materi ini mendukung kebutuhan dari kebanyakan tipikal anak TC yang mungkin tidak banyak bisa berbicara di depan dan menyampaikan pemikirannya dengan baik. Anak TC banyak yang terlalu lama di depan komputer, kurang bisa berekspresi, dan bersikap di depan. Dan materi ini mengembangkan kekurangan  dari pribadi anak TC, untuk bisa siap di depan ketika kerja nanti.

Kritik
Sedikit hal mungkin mejadi kritik adalah tuntutan pengumpulan resume kuliah tamu tepat setelah kuliah tamu selesai. Hal ini menjadi penghambat maksimalnya kita menerima materi dari kuliah tamu, khususnya bagi saya yang tipe orang visual. Dimana saya lebih bisa konsen dan fokus dengan memperhatikan penuh, baru kemudian menyimpulkan di akhir. Ini bisa menjadi koreksi jug ke depan nanti :)

Saran
Hal-hal yang sudah dijalani dengan kuliah tamu ini harus dipertahankan, dimana kita bisa mendapat banyak ilmu dan pandangan dari orang-orang yang punya banyak pengalaman dengan dunia kerja diluar sana. Dan 1 hal lagi, sarannya adalah dari setiap kuliah tamu, kurang adanya kesimpulan dan penyambungan materi dari tiap materi yang sudah kita dapatkan di kuliah tamu dari para dosen.

Usulan Materi
1 materi yang kurang dari sekian kuliah tamu, mungkin kita bisa langsung mengunjungi suatu lingkungan kerja yang sesuai dengan keprofesian jurusan kita, sehingga kita bisa melihat langsung sosio dan etika yang sebenarnya :)

Curhat Panitia
Sebagai panitia, mungkin sempat kesusahan menentukan topik, materi, dan pembicara. Dan sedikit kualahan dalam mempersiapkan karena kesibukan kuliah juga. Tapi selebihnya, lebih banyak manfaat dan ilmu yang kita dapat.

Curhat Peserta
Sebagai peserta, kadang merasa terlalu pagi dalam kuliah tamu, dan kewalahan akhirnya. Selebihnya banyak manfaat yang di dapat.

0 komentar:

Posting Komentar