03.47
0
Review Sosio Etika 2013
Preparing your Future with Study Abroad - Kelompok C3


Nama : Martini Dwi Endah Susanti
NRP : 5111100189
Kelas : Sosio Etika C

Testimonial :
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada awalnya saya merasa bingung dengan adanya mata kuliah sosio etika yang wajib diambil oleh mahasiswa teknik informatika ini, saya mengira mata kuliah ini termasuk mata kuliah bersama (UPMB). Yang pertama ada dibenak saya adalah kita akan belajar materi seperti kewarganegaraan, namun setelah menjalaninya ternyata mata kuliah sosio etika ini cukup mengasyikkan. Yang sangat berkesan mungkin adalah teknis belajarnya yang hampir semuanya diisi dengan kuliah tamu, mendatangkan orang-orang hebat berlatarbelakang IT di Surabaya. Melalui pembicara-pembicara yang telah didatangkan tsb, kami semua tentunya dapat memperoleh banyak ilmu, berbagi pengalaman seputar IT dan hal lain yang berhubungan dengan IT. Dengan adanya pembicara super tsb, mungkin dapat membuka pikiran serta menyegarkan pikiran kita, membuka mata tentang hal-hal yang banyak terjadi di dunia luar yang banyak kita ketahui dari pembicara2 kita yang super.
Tidak terasa 1 semester sudah saya mengikuti kuliah ini, saya mengucapkan terima kasih terhadap Allah Swt, kedua orangtua saya yang selalu mendoakan saya, bapak-ibu dosen yang selalu membimbing saya, serta teman-teman yang selalu ada untuk saya.

Adapun 3 materi yang paling berkesan dalam kuliah sosio etika ini menurut saya adalah :
1. Technopreneurship ways in IT
Materi yang disampaikan oleh dosen mata kuliah Technopreneurship ini sangat mudah dipahami dan mudah dicerna, selain gaya penyampaian beliau yang santai juga materi tsb sangat dekat dengan kondisi mahasiswa dan teknologi sekarang. Saya sendiri sangat tertarik dengan yang berkaitan dengan entrepreneur, karena menurut saya para pengusaha dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan menjadi job creator.

2. Implementasi IT di bidang pemerintahan
Materi yang diisi oleh bapak2 alumni TC-ITS ini menurut saya sangat menarik, karena saya mungkin jarang menemui lulusan TC yang mengabdi di pemerintahan sebagai pegawai negeri. Dengan materi yang disampaikan beliau2 tsb, saya jadi tau pemanfaatan teknologi ternyata sudah meluas di ranah pemerintahan kota Surabaya khususnya.

3. Preparing your future with study abroad
Materi ini walaupun disampaikan oleh dosen TC, bukan tamu yang didatangkan dari luar, menurut saya termasuk materi yang luar biasa. Dalam kuliah tamu ini disampaikan tips-tips serta persiapan yang harus dilakukan untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Kritik Saran :
Seperti yang telah diketahui bahwa resume terkait materi kuliah harus dikumpulkan sesudah kuliah berlangsung, menurut saya itu kurang efektif, karena pada umumnya mahasiswa terpecah konsentrasinya dalam menyerap materi yang disampaikan karena harus sambil menulis resume. Sebaiknya diberikan sedikit kelonggaran waktu untuk mengumpulkan resume tsb agar mahasiswa lebih fokus dalam menyerap ilmu yang diberikan.
Selain itu karena melihat banyaknya mahasiswa yang terlambat datang ketika kuliah, alangkah baiknya apabila kuliah tamu agak sedikit berubah waktunya, menjadi agak siang agar tidak banyak mahasiswa yang terlambat dengan alasan telat bangun.

Usulan :
Untuk materi kuliah sosio etika mendatang, dengan format kuliah tamu seperti ini sudah bagus, mungkin dengan menambahkan materi seperti membangun image yang baik, membangun karakter serta kepribadian seseorang agar mahasiswa memiliki bekal untuk pembawaan diri di dunia kerja nantinya, persiapan interview, menghadapi HRD, juga menghadapi orang dan berinteraksi dengan orang lain dengan baik agar terlihat berwibawa, bersahaja dan berintegritas tinggi.
Selain itu, mungkin dapat juga disampaikan materi terkait bidang minat yang ada di TC, persiapan Kerja Praktek - bagaimana teknis serta cara mengajukan proposal yang baik untuk Kerja Praktek, serta persiapan Tugas Akhir.

Curhat :
Dalam kuliah soset diajarkan bagaimana memanajemen suatu acara, membangun kerjasama tim, dan juga banyak dilatih untuk bersabar serta belajar teknis pengajuan proposal acara/kegiatan. Hal ini melatih tanggung jawab besar pula bagi panitia-panitia yang bertugas.
Akhir kata, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada ucapan dan tingkah laku yang kurang berkenan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar