22.37
0

Nama    : Wati Margaretha Marpaung
NRP      : 5111100200
Kelas    : SoSet A

Tidak terasa satu semester saya telah terlewati lagi di Teknik Informatika ITS. Dan, berakhir pula mata kuliah Sosio Etika yang saya susun dalam kurikulum pembelajaran saya di semester 4. Pertama-tama tentu saya mengucapkan terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatNyalah tentu kuliah Sosio Etika dapat berlangsung dengan baik. Yang berikutnya adalah ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pengajar yaitu Pak Imam, Bu Yuhana, dan Bu Licha.

Cerita Kuliah Sosio Etika selama satu semester

Saat saya pertama kali mengambilmata  kuliah soio etika  ini saya sedikit merasa bingung. Apa yang akan kami pelajari? Apakah mirip dengan mata kuliah Kewarganegaraan atau malah mirip Agama? Saya juga sempat bertanya pada kakak senior tentang mata kuliah ini. Apa yang saya pelajari ternyata adalah gabungan dari penerapan Kewarganegaraan dan Agama dalam beretika dan bertingkah laku di hadapan soial secara nyata. Banyak sekali softskill-softskill dari orang-orang hebat yang menjadi pembicara dalam kuliah tamu, jadi hal tersebut dapat menjadi persiapan saya dalam menghadapi dunia masyarakat baik saat ini maupun bekal buat saya ke depannya.

Salah satu hal yang paling menyenangkan tentang kuliah ini adalah interaksi. Jurusan saya kebanyakan bekerja dengan komputer (tentu saja), karenanya untuk berinteraksi ke dunia luar dalam berbagai lapisan adalah hal yang menurut say membuka mata dan hati saya dan teman-teman yang lain bahwa kami pun harus tidak boleh meninggalkan sosial kami sebagai seorang engineer. Jadi, mata kuliah ini sangat penting karena langsung dapat  diimplementasikan secara real baik sebelum maupun setelah terjun ke dunia kompetisi. Saya diajarkan untuk memiliki etika yang baik dalam bidang yang saya geluti  dan komunikasi seperti etika dalam bekerja, etika dalam menggunakan perangkat lunak yang asli atau lebih baik menggunakan open source, etika dalam perkuliahan bahkan sampai etika dalam memulai bisnis.


Materi yang paling berkesan


1.     The Art Of Effective Presentation
Kenapa materi ini berada di urutan pertama dari materi mata kuliah tamu yang paling saya sukai? Karena hal tersebut sangat sering saya temui langsung dalam kehidupan nyata. .Mungkin masalahnya tidak serumit yang ada pada materi lain, tetapi mata kuliah ini mengajarkan kepada saya pengetahuan dan pemahaman lebih lanjut tentang sebuah presentasi.

2.     Kebebasan Berekspresi Dalam Dunia IT dan Kejahatan di Dunia Maya
Banyak orang berpikiran bahwa jurusan Saya adalah tentang Hacking dan membobol data. Padahal tentunya tidak sesempit itu. Materi ini memberikan saya jawaban bagaimana kira-kira menjelaskan pada teman-teman saya yang tidak berlatar belakang IT agar lebih mudah memahaminya. Pengetahuan saya tentang duniaMaya dan bagaimana ccara yang pantas untuk berekspresi juga smakin baik secara subjektif.

3.     Resume Video Mario Teguh
Kemudian materi mengenai resume video Mario Teguh. Jujur saya tidak begitu suka menonton acara televisi apalagi tentang diskusi atau pemberian materi. Saya lebih baik membaca buku-buku sejenis. Tetapi karenan tugas ini saya berlatih bahwa mendengar pun butuh fokus dan kesabaran karena saya harus benar-benar paham terhadap materi yang disampaikan agar dapat membuat essay.

Kritik dan Saran
Menurut saya kuliah soset yang diadakan tahun ini sudah sangat baik, namun menurut saya ada beberapa masukan untuk kuliah soset berikutnya, yaitu:
1.     Pengumpulan resume sesudah kuliah tamu saya kira lebih baik diberi waktu. Sering sekali Resume dikumpulkan “apa adanya“ dan menurut saya saat pemebrian materi, banyak peserta yang hanya fokus terhadap apa yang akan mereka tulis, bukan pada initi materi atau mungkin diberikan alokasi waktu di akhir kuliah nutk menulis resume. Hal ini juga dapat menjadi Tolok Ukur apa yang didapat selama materi.
2.     Kesepakatan terhadap jadwal dari panitia dan peserta. Pernah dua atau tiga kali, saya atau teman-teman yang lainnya terlambat datang kuliah tamu karena ada jadwal ujian atau kelas mata kuliah jurusan maupun UPMB dan hukuman kami sama dengan hukuman yang terlambat karena ketiduran. Padahal kami sudah izin ke panitia. Saya rasa hal tersebut kurang adil.
3.     Saya punya usul, bagaimana jika kuliah tamu juga mengundang mahasiswa dari jurusan lain, karena menurut saya materi yang disampaikan juga sebagian besar adalah umum.

Usulan materi

Materi yang disampaikan sejauh in i sudah sangat bagus menurut saya, namun ada beberapa hal yang mungkin belum saya dapatkan dan saya harap ada di kuliah soset berikutnya, karena bukan hanya saya, tetapi juga teman-teman lain yang bahkan mungkin nantinya sudah lulus mata kuliah ini akan datang apabila materi ini disampaikan. Materi-materi tersebut antara lain :
1.     Materi pengembagan softskill tentang bidang minat informatika  yakni : RPL, NCC, KCV, sehingga saya dan mahasiswa informatika lainnya yang  pasti akan mengambil bidang minat tersebut tahu apa yang mereka hadapi dan bagaimana cara menghadapinya.
2.     Materi langsung tentang praktik wawancara. Dulu saya pernah bertanya pada kakak-kakak senior tentang materi apa yang paling mereka rasa berkesan saat mengambil mata kuliah sosio etika, dan materi ini secara langsung membuat saya saya sangat tertarik. Sayangnya, sampai akhir mata kuliah dan materi terakhir disampaikan, materi ini tidak saya dapatkan. Hal-hal seperti ini saya rasa juga merupakan hal yang sangat penting buat kami.
3.     Materi dari ikatan almuni ITS. Banyak hal di dunia luar setelah kuliah pasti akan dihadapi. Menurut saya, yang memiliki ranah untuk membicarakan hal tersebut dan pastinya berkompetensi dan mengerti situasi kita saat ini adalah alumni ITS.



Curhat panitia


Menjadi panitia adalah sebuah tantangan besar bukan hanya buat saya tetapi juga saya rasa buat seluruh teman-teman saya. Bapak Imam Kuswardayan, Ibu Umi Laili Yuhana, dan Ibu Adhatus Solichah mungkin beberapa kali kelabakan juga menghadapi persiapan beberapa kelompok yang kurang matang. Sedikit hal yang paling saya ingat saat menjadi panitia adalah tanggung jawab terhadap apa yang kami perbuat. Awalnya saat rapat banyak sekali kendala untuk memulai. Saya sebagai bendaharaa tentu juga mengalami tantangan tentang dana. Sedikit sensitiv memang masalah ini, tetapi untungnya Bu Yuhana memberikan dana bantuan bagi kami sehingga semuanya jadi lebih cepat pengerjaanya. Selain itu, SPJ ke jurusan ternyata tidak boleh dianggap sepele. Harapan terakhir saya adalah semoga kuliah soset di tahun tahun berikutnya lebih baik lagi dan lebih menarik lagi. Saya juga memohon maaf apabila saya pernah datang terlambat, semoga hal tersebut menjadi pelajaran yang berharga bagi saya. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar