07.11
0
Oleh  : Arum Diah Pangesti
NRP   : 5110100015
Kelas : C


Perkuliahan dengan mata kuliah Sosio Etika selama 1 semester di tahun ajaran 2012/2013 Genap ini merupakan kuliah yang lain dari pada perkuliahan lainnya. Dimana para mahasiswa belajar untuk menyiapkan kuliah tamu yang mengundang pembicara dengan tema yang berhubungan dengan sosio etika itu sendiri. Ada yang membicarakan tentang etika di dunia informatika, etika pekerjaan di bidang IT dan masih banyak tema-tema lainnya.

Testimoni
Dalam perkuliahan sosio etika ini, pesan dan kesan yang saya dapatkan adalah penting sekali untuk belajar mengenal bermacam-macam etika dalam kehidupan sosial ini. Khususnya dalam dunia IT dimana kuliah ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Informatika. Akan tetapi tak hanya belajar etika seputar IT, etika di aspek lain tentunya juga penting untuk dipelajari. Seperti etika berbicara di depan umum. Pada kenyataan banyak lulusan informatika yang sulit untuk menyeruakan pendapatnya ataupun sulit untuk tampil didepan umum hanya karena tidak berani berbicara didepan umum. Di perkuliahan ini, ilmu tersebut dibahas secara tuntas dengan menghadirkan banyak pembicara yang ahli dibidang tersebut. Sehingga saya merasa sangat puas dari segi kontain etika dan sosio yang dihadirkan dalam kuliah tamu.

Beberapa materi kuliah tamu yang menurut saya menarik, antara lain:
  1. IT Career and Proffession dengan pembicara Nurrizki Akbar Brahmantyo. Dalam kuliah tamu ini membicarakan seputar dunia karir lulusan teknik informatika. Ada hal yang menarik sekali adalah souvenir yang dihadirkan kali ini impor dari luar negeri.  
  2. The Art of Effective presentation dengan pembicara Akhmad Guntar Susatyo Ady. Sesuai dengan tema kuliah tamu yang membahas keefektifan suatu presentasi, isi dari materi sangatlah singkat jelas dan padat. Adapun slide show yang digunakan juga menampilkan bagian-bagian jelek dari presentasi orang kebanyakan yang sering kali dilakukan. 
  3. Implementasi & Skill IT di Industri Game dengan pembicara Radik Kriolampah. Kuliah tamu ini membahas mengenai peluang besar industri game yang memiliki peluang pasar yang luar dikemudian hari. Serta membahas mengenai hal-hal apa saja yang dibutuhkan untuk menerapkannya secara nyata.

Kritik dan Saran

Menurut saya ada beberapa hal yang membuat kuliah sosio etika ini tidak berjalan dengan baik. Antara adanya perkuliahan di kelas atau kuliah tamu. Dengan pergantian waktu yang awalnya dijadwalkan jumat sore untuk kelas C menjadi jumat pagi untuk semua kelas (kuliah tamu) mengganggu jadwal yang telah ada. Beberapa kuliah tamu tidak bisa saya hadiri karena berubahnya jadwal tersebut. Oleh karena itu saran saya, untuk kuliah Sosio Etika di semester selanjutnya, dimana menurut saya kuliah soset harus ada mengingat perkuliahan ini sangat penting sebagai sarana melatih softskill dan menambah pengetahuan, harus dikembangkan lagi metode pengajaran serta jadwalnya. Bila perlu kuliah bersama, maka ditambah jadwal kuliah bersama dihari tertentu pada jadwal saat pengambilan mata kuliah di awal semester. Dan apabila hanya perkuliahan dikelas hanya dicantumkan jadwal untuk dikelas saja. Saran saya dari awal ditentukan dengan jelas agar tidak terjadi bentrok jadwal dimana mahasiswa harus memilih salah satu diantaranya.     

Usulan Materi
Ada satu hal yang menurut saya baik untuk dijadikan materi sosio etika yakni "How to Impress People to Get A Chance. Dimulai Dari Cara Berpakaian Anda". Tata krama, tutur kata yang baik serta penampilan yang bersih sanggup membawa kita pada peluang yang lebih besar dari yang bisa kita kira. Dimulai dengan cara berpakaian. Ada beberapa hal yang tidak bisa dihindari saat menghadiri perkuliahan, sidang TA, wawancara pekerjaan, kerja praktek, serta melamar pekerjaan, penampilan memiliki nilai plus tersendiri bagi orang-orang yang menilainya. Banyak kejadian saat kerja praktek perusahaan menilai jelek mahasiswa yang berpenampilan tidak sopan dimata mereka dan itu merupakan kerugian besar bagi jurusan asal mahasiswa tersebut. Disinilah manfaat dari materi tersebut adalah bahwa ada beberapa trik cara berpakaian yang dapat mempengaruhi nilai akhir saat kita ingin mendapat kesempatan. Nilai ini tidak mutlak tetapi patut untuk dipelajari.     

Curhat Panitia
Saat melaksanakan kuliah tamu dengan teman-teman kelompok C1, saat itulah pertama kali Bu Umi Yuhana memuji pelaksanaan kuliah tersebut. Peserta yang sebagian besar tepat waktu dan hampir datang semua (dari kelas A,B dan C). Pelaksanaan acara yang tepat waktu dan tidak molor. Serta materi yang dibawakan oleh Pak Aryo Nugroho selaku developer dari CATFIZ membuat kuliah tamu pada hari itu berakhir dengan baik. 

Foto bersama selepas kuliah tamu berakhir. 

0 komentar:

Posting Komentar