19.12
0
Nama: Ardhiansyah Baskara
NRP : 5111100088
Kelas: Sosio Etika B

Assalamualaikum Wr Wb, disini saya akan menceritakan sekilas mengenai materi-materi dari kuliah tamu yang diadakan melalui mata kuliah Sosio Etika beserta testimonial, curhat, kritik dan saran untuk ke depannya agar bisa menjadi lebih baik ketika akan mengadakan kuliah tamu lagi.

Testimonial
Menurut hemat saya, pelaksanaan mata kuliah sosio etika sangat pantas dengan menggunakan model kuliah tamu. Kenapa? karena jika hanya diterawang melalui konsep dan penjabaran ide, saya rasa itu tidak cukup, bahkan tidak terlihat realisasinya. Namun dengan pelaksanaan kuliah tamu ini, mahasiswa akan bisa merasakan bagaimana etika yang benar dan seharusnya ketika mengadakan sebuah acara (event organizer). Selain itu, dengan mengundang pembicara-pembicara baik itu mengenai keprofesian di bidang ICT, bagaimana berbicara dengan publik yang baik, dan lain sebagainya, mahasiswa secara tidak langsung juga mendapatkan ilmu dan materi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-harinya dan untuk pelaksanaan ke depannya.
3 Materi yang menurut saya paling berkesan, antara lain:
  • Akhmad Guntar Susatyo Ady, S.Kom, M.T. - The Art of Effective Presentation
    Materi yang dibawakan oleh Pak Guntar yang dulunya pernah menjadi Kahima HMTC ini sangatlah berkesan menurut saya. Mengapa? karena dengan pembawaan yang disertai canda tawa membuat peserta semakin tertarik dan mengikuyti setiap apa yang dikatakan oleh beliau. Meskipun materinya banyak senang-senangnya, namun justru dibalik itulah kekuatan presentasi ada, karena presentasi yang baik adalah presentasi yang dapat menarik minat peserta. Selain itu, ini adalah kuliah tamu dimana saya turut serta menjadi panitianya, yakni kelompok B2. Jadi, selain mendapatkan materi yang luar biasa, saya juga mendapatkan pengalaman yang berharga dalam mengadakan sebuah acara. Acara itu bisa terlaksana lebih baik jika diadakan secara terkonsep dan matang. Sehingga, acara yang baik harus dikoordinasikan terlebih dahulu oleh panitia acara tersebut.
  • Rio Purboyo - Public Speaking As Your Complementary Qualification
    Materi yang dibawakan oleh Pak Rio ini sangat berkesan dan bermanfaat menurut saya, terlebih lagi pembicaranya menguasai materi begitu mendalam. Namun, tidak hanya dicekoki materi, kami juga diberikan sedikit simulasi di tengah-tengah, sehingga peserta juga mengetahui jika diaplikasikan secara langsung seperti apa. Terlebih lagi, pembawaannya yang menarik dengan sersan (Serius Tapi Santai) juga berhasil membawa peserta mengikuti materi dengan baik.
  • Nurvan Indra Praja, S.Kom dan Oky Yanuar Kusuma Atmaja, S.Kom - Implementasi Sosio Etika Bidang Teknologi Informasi Komputer di Pemerintahan
    Duo pembicara yang super ini berasal dari sektor pemerintahan yang berbeda, dimana satunya dari Pemerintahan Provinsi Jawa Timur dan Pemerintahan Kota Surabaya. Mengapa hal ini sangat berkesan menurut saya? Hal ini dikarenakan sedikit orang lulusan dari Informatika yang mau bekerja sebagai PNS di sektor pemerintahan. Namun, melalui beliau-beliau ini saya menjadi tahu, bahwa pekerjaan yang beliau lakukan tidaklah mudah. Pemerintahan saat ini memang membutuhkan tenaga-tenaga ahli komputer yang bisa menyumbangkan keahliannya untuk menunjang kinerja pemerintah. Hal ini terbukti dengan banyak optimalisasi pendanaan pemerintah melalui komputerisasi. Selain itu, untuk kebutuhan penyaluran informasi mengenai program kerja pemerintah, bidang ICT ini sangat menunjang hal tersebut.

Kritik dan Saran
Menurut saya, yang perlu dikritisi disini adalah penulisan resume, seringkali peserta saya lihat tidak terlalu terkonsen dengan materi yang dibawakan, hal ini dikarenakan peserta lebih tertuju untuk menulis rangkuman dari materi yang diberikan. Sehingga, untuk perbaikan ke depannya, mungkin saya sarankan untuk mengerjakannya di luar waktu kuliah tamu.
Kemudian untuk materi yang saya usulkan, mungkin lebih diperbanyak lagi mengenai hal-hal yang menunjang keprofesian kita di bidang ICT, bisa jadi tidak hanya melulu mengenai pekerjaan atau propek bidang ICT ke depannya, namun juga pemberian soft skill seperti teknik presentasi, public speaking, dan lain sebagainya.


Curhat Panitia
Sebagai panitia kadang juga sedih dan senang. Sedihnya peserta hingga kuliah tamu yang paling akhir kemarin masih saja ada yang datang terlambat, padahal dalam etika kita diajarkan untuk datang awal dan menghargai panitia selaku penyelenggara. Namun, hal tersebut masih kurang diterapkan oleh perserta. Menurut saya, materi itu akan lebih terasa jika dilakukan, namun jika dalam pelaksanaannya saja kurang sesuai, materi tersebut dirasa kurang penyerapannya. Kemudian untuk senangnya, selaku panitia, saya juga senang bisa berkoordinasi dengan teman-teman, dari situlah pengalaman berharga bisa saya dapatkan. Selain itu, pada saat itu saya menjadi moderator untuk Pak Guntar, sehingga semacam mendapatkan relasi baru yang nantinya saya bisa tanya-tanya atau meminta bantuan ke Pak Guntar.

Saya (Nomor 2 dari kanan paling depan) bersama teman-teman panitia B2 dan juga dosen-dosen sosio etika serta Pak Akmad  Guntar selaku pembicara




0 komentar:

Posting Komentar