01.43
0
Nama    : Maranu Toto Negoro
NRP       : 5111100156
Kelas     : A

Kelompok Sosio dan Etika A3

Testimonial

Kuliah Sosio dan Etika pada semester ini sangat membuat saya terkesan, terutama dengan konsepnya yang unik yaitu kuliah tamu. Pada konsep kuliah ini mahasiswa diwajibkan untuk bekerja dalam kelompok sebagai sebuah tim yang bergantung pada satu sama lain untuk mempersiapkan sebuah acara yang melibatkan berbagai pihak, dengan konsep tersebut mahasiswa belajar bagaimana caranya untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dalam tim maupun hal-hal yang tidak kita dapatkan dari kegiatan perkuliahan biasa, yaitu membuat sebuah acara dimana pada prosesnya kita harus membuat konsep acara tersebut, menyiapkan dan mengajukan proposal, peminjaman tempat dan alat-alat, konsumsi, hingga mencari dan mem-follow up pembicara. Hal inilah yang seharusnya ada didalam kegiatan perkuliahan lain, tidak hanya materi-materi luar biasa yang didapatkan namun juga soft skill ikut dikembangkan, sehingga memberikan sebuah pengalaman hebat bagi kami mahasiswa untuk terus melangkah kedepannya.

Materi yang paling berkesan

Dalam berbagai balutan materi yang luar biasa inilah tiga materi yang paling membuat saya berkesan

1.       Technopreneurship Ways in IT
Mahasiswa di Indonesia cenderung memilih untuk menjadi karyawan dibanding menjadi seorang technopreneur yaitu hanya sebanyak 1.56 %. Kurangnya kesadaran mahasiswa Indonesia ini menjadikan materi ini merupakan sebuah hal penting yang benar-benar harus disampaikan, untuk menumbuhkan jiwa-jiwa technopreneur pada mahasiswa, sehingga hadirnya materi ini menurut saya telah membangkitkan passion saya dan teman-teman sebagai mahasiswa untuk menjadi seorang technopreneur yang kelak bisa membanggakan dan memajukan negeri ini dan mengerti hal-hal apa saja yang diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut.

2.       Prepare Your Future with Study Abroad
Saya pernah mendengar seorang dosen salah satu universitas ternama di Indonesia dengan gaya perkuliahannya yang unik, yaitu setiap mahasiswa yang ingin mengambil mata kuliahnya diwajibkan untuk terlebih dahulu pergi ke luar negeri, untuk apa ya? Memang aneh kelihatannya, tapi setelah diteliti lagi, seseorang yang telah berpergian keluar negeri, telah membuka lebih lebar wawasannya dibanding orang yang hanya menetap di suatu tempat. Hal ini menjadikan materi ini sebagai satu hal yang pantas dan patut disampaikan bagi mahasiswa Indonesia saat ini, yang cenderung lebih memilih menuntut ilmu di negeri sendiri, dibanding memperluas ilmunya dan menambah wawasannya ketempat yang dapat membuat iya lebih berkembang. Ingat, tuntutlah ilmu sampai ke negeri China, maka carilah ilmu tersebut dimanapun ia berada.

3.       The Art of Presentation
Mahasiswa ITS khususnya di bidang IT terkenal dengan sikap anti-sosialnya. Hal ini menjadikan mereka kurang dalam hal menyampaikan sesuatu didepan publik seperti pada saat presentasi, pintar tapi tidak bisa menyampaikannya kepada orang lain will be useless. Dari sanalah munculnya pemikiran saya untuk menjadikan materi ini salah satu yang tepat diberikan kepada mahasiswa Informatika ITS, sehingga untuk kedepannya mahasiswa dapat menerapkan hal-hal yang disampaikan pada materi ini, seperti cara presentasi yang baik, menarik perhatian audience, dll, agar tidak hanya pintar, namun juga pandai dalam berbicara serta penyampaiannya.

Usulan materi
Mengingat dimana perkuliahan ini diberikan yaitu pada semester 4, serta pengetahuan dan pembekalan mahasiswa tentang Kerja Proyek masih sangat minim. Saya rasa materi tentang Kerja Proyek merupakan hal yang diperlukan mahasiswa pada saat ini, sehingga tidak hanya siap secara materi namun sosio dan etika dalam bekerja dapat dibangun jauh hari sebelum Kerja Proyek dilaksanakan, sehingga dapat secara maksimal dalam pelaksanaannya serta hasilnya.

Curhat
 Selama satu semester masa perkuliahan ini  kendala yang saya alami ada dua yaitu waktu pelaksanaan kuliah tamu dan publikasi mengenai acara kuliah tamu. Kebetulan pada semester ini tepatnya jumat pagi sering sekali saya mendapat kegiatan seperti menjadi panitia Sertifikasi Microsoft dan IT Banking oleh mandiri, sehingga sedikit sulit bagi saya untuk membagi waktu untuk kedua hal ini alhasil, saya sering datang terlambat pada saat kuliah tamu. Selain itu publikasi yang sering mendadak menjadi kendala kedua dalam pelaksanaan kegiatan, seperti H-3 acara baru dipublikasikan. Semoga kedepannya kuliah tamu ini bisa lebih hebat lagi, tidak hanya diadakan di Informatika bahkan bisa tingkat ITS dan memperoleh sponsor dari luar sehingga dapat mengharumkan nama jurusan teknik Informatika diluar dan memperkenalkan cara perkuliahan yang unik dan efektif ini keluar.

Kepanitiaan

Dalam hal ini, tidak ada hambatan yang ditemukan. Semua dapat berjalan dengan lancar. Semua elemen mulai dari mahasiswa serta dosen membantu sepenuhnya dari awal hingga akhir acara. Akhir kata, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh elemen yang telah membantu, demikian review Sosio dan Etika saya, semoga dapat bermanfaat.

Unofficial Photo

Pertama kalinya kuliah tamu Sosio dan Etika direkam

0 komentar:

Posting Komentar