19.19
0
Nama : Ebenhaezer W.Y
NRP : 5111100074
Kelas : B

TESTIMONI
Banyak sekali yang didapat dari kuliah-kuliah tamu yang diadakan mata kuliah soset ini. Baik pengalaman mengadakan kuliah tamu, juga ilmu dan wawasan yang didapat dari kuliah tamu itu sendiri. Tidak jarang materi yang dibawakan itu membuka mata saya terhadap dunia luar. Pengalaman-pengalaman pemateri di luar sana benar-benar membawa saya melihat lebih dari lingkup saya, misalnya apa yang akan saya hadapi nanti, apa yang saya butuhkan nanti, dll. Selain wawasan, banyak juga ilmu-ilmu yang diberikan, seperti soft skill, ilmu berbicara, dll.

3 materi yang paling berkesan :
Implementasi & Skill IT di Industri Game - Radik Kriolampah, S.Kom
Ini adalah kuliah tamu yang kelompok saya adakan, bagaimana mungkin tidak berkesan bagi saya? Materi ini berbicara tentang industri game di Indonesia, namun saya melihat beberapa ilmu technopreneurship di dalamnya, tentang bagaimana memulai usaha, dll.

Public Speaking as Complementary Qualification - Rio Purboyo
Saya lemah dalam berbicara di depan umum, dan materi ini cukup sedikit memberikan saya pencerahan mengenai berbicara di depan umum. Pak Rio juga membawakan materi ini dengan menarik dan tidak membosankan.

The Art of Effective Presentation - Akhmad Guntar Susastyo Ady, S.Kom, M.T
Kuliah tamu ini sangat menarik dan saya yakin banyak peserta menganggap demikian. Pembicaranya sangat interaktif dan tidak membiarkan pesertanya diam saja dan mendengarkan. Materi yang dibawakan mengenai bagaimana presentasi yang baik dan banyak hal di dalamnya yang tidak saya ketahui meski dari SMA sudah diajari presentasi.

KRITIK DAN SARAN
Sejauh ini kuliah tamu yang diadakan berjalan lancar dan berhasil menyampaikan esensi dari materinya, meski tidak dapat saya pungkiri ada beberapa kuliah tamu yang membosankan dan kurang menarik bagi saya, namun karena itu hanya penilaian obyektif, bukan masalah yang berarti.

USULAN MATERI KULIAH TAMU
Materi mengenai technopreneurship, pengalaman-pengalaman para techopreneur di Indonesia, terutama di bidang Informatik.

Saya minta maaf sebelumnya kepada bapak-ibu dosen pengajar kuliah tamu soset, karena memang materi tentang keterlambatan diangkat pertama kali karena kuliah tamu yang saya adakan. Langkah yang saya ambil dalam acara kuliah tamu pada saat itu, saya ambil dari pengalaman kuliah tamu sebelumnya dimana peserta kuliah tamu datang terlambat. Maksud saya adalah undangan yang diberikan dosen, pembicara, dan peserta berbeda-beda, dimana undangan kepada para peserta ditulis lebih awal, sehingga mereka tidak terlalu terlambat mengikuti kuliah tamu, namun ternyata bapak-ibu dosen datang sesuai jam undangan para peserta, sehingga bapak-ibu dosen terpaksa lama menunggu pembicara. Saya selaku ketua panitia meminta maaf karena kejadian ini.


0 komentar:

Posting Komentar