07.14
0
M Ruslan Hafiz                                                                      
5111100131

Testimonial
Kuliah sosio etika pada tahun ini sangat menambah wawasan saya diluar dari ilmu yang saya dapatkan selama berkuliah. Banyak sekali ilmu pengetahuan umum yang saya dapatkan di bidang IT tidak lupa dengan efek sosial dan kebutuhan beretika yang diterapkan di dalamnya. Hal yang paling berkesan buat saya adalah kuliah ini mengajarkan saya rasa bersalah ketika kita tidak tepat waktu. Pengalaman saya selama berkuliah sosio etika paling takut jika sampai terlambat. Hal ini terpicu ketika bagi yang terlambat terdapat kewajiban menulis sanksi. Hal ini jelas akan memicu saya untuk tidak terlambat karena saya takut akan sanksi yang saya tuliskan untuk diri saya sendiri.

Materi yang paling berkesan adalah



1. “The Art of effective presentation”
Apa artinya jika seorang pakar IT yang telah membuat begitu banyak karya namun tidak berani atau pun tidak mampu untuk menunjukkan karya tersebut kepada semua orang. Pada kuliah ini Pak Akhmad Guntar tidak hanya memberikan materi secara teori tapi juga praktik dan demo secara langsung. Banyak teknik berbicara di depan umum yang saya pelajari disini ,pak guntar pun tidak malu-malu dalam mengajak peserta untuk turut aktif.



2. “Technopreneurship ways in IT”
Usaha Kecil Menengah adalah tulang punggung negara berkembang. Hal ini yang tertanam di dalam benak saya ketika mengikuti kuliah tamu ini. Pak Imam Baihaqi menerangkan bagaimana seorang IT dapat berperan besar dalam bidang wirausaha dalam bentuk yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Tidak hanya itu beliau juga memberikan tips , trik , saran dan teknik dalam mengembangkan usaha kita.


3.  “Preparing your future with study abroad”
kuliah di luar negri tidak hanya sekedar kuliah tapi juga persiapan untuk masa depan. Pak Hari dan Pak Ary menceritakan pengalaman, tips dan trik selama mereka berkuliah di luar negri. Yang membuat menarik pada kuliah tamu kali ini dikemas dalam bentuk berbeda yaitu talkshow.  Sehingga terdapat suasana baru dalam kuliah tamu kali ini.


Kritik dan Saran:
Semua materi dan tema yang diberikan sangatlah baik, namun sebagai saran untuk kuliah tamu ke depannya acara dikemas ke dalam bentuk yang lebih kreatif. Misalkan seperti kuliah tamu terakhir memberikan nuansa talkshow , mungkin bisa di variatifkan ke dalam bentuk workshop, forum bahkan memanggil beberapa pembicara untuk berdebat langsung (jika mungkin) tidak hanya seminar.

Usulan materi yang disampaikan berikutnya:
Sebaiknya lebih mengarahkan bagaimana kita sebaiknya berprilaku dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya ke dalam dunia kita kerja. Contohnya bagaimana kita beretika didalam kelas, saat makan atau minum , berbicara kepada orang lain dan sebagainya. Karena beretika dan bersosialisasi tidak hanya saat kita bekerja namun juga pada kehidupan sehari –hari. Karena peserta kuliah soset adalah mahasiswa  maka bisa lebih ditekankan ke dalam dunia perkuliahan.










0 komentar:

Posting Komentar