07.38
0
Muhammad Yunus Bahari
5111100079
Soset B

Testimonial:
Kuliah soset kali ini memang berbeda dengan kuliah kuliah lain yang saya ambil pada semester 4 ini. Dimana kuliah kali ini difokuskan pada pemberian materi melalui kuliah tamu yang diadakan oleh peserta mata kuliah sosio etika dan dihadiri oleh peserta matakuliah sosio etika juga. Dari metode ini memang banyak hal baru yang bisa didapatkan, baik belajar melalui pengalaman pemateri kuliah tamu, maupun belajar sendiri dari pengalaman mengorganisir / melaksanakan sebuah kegiatan.
 Tiga materi paling berkesan :

"Kejahatan di Dunia Maya" dan "Kebebasan Berekspresi"

Kuliah tamu ini merupakan merupakan kuliah tamu kuliah tamu yang diadakan oleh kelompok saya, sehingga kuliah tamu ini merupakan kuliah tamu yang saya ikuti dari awal hingga akhir, jadi yang paling berkesan menurut saya, materi yang didapat juga sangat saya sukai tentang Kejahatan di Dunia Maya karena sudah sejak lama saya penasaran dengan sekuritas pada internet, bagaimana melindungi diri dari penjahat-penjahat cyber.

"The Art of Effective Presentation"
Kuliah tamu ini menarik karena pembicaranya yang pandai berinteraksi dengan peserta, dan tidak membosankan. selain itu pada kuliah tamu ini mengajarkan teknik-teknik presentasi yang memang cocok untuk mahasiswa dimana hampir di setiap mata kuliah mahasiswa diharuskan untuk dapat melakukan presentasi kepada teman-temannya ataupun kepada dosen pengajar.

"Preparing Your Future With Study Abroad"
Dengan mengusung konsep talk show, kuliah tamu ini tidak membuat kuliah tamu menjadi garing dan membosankan. malah dengan ini peserta yang sebelumnya ingin bertanya namun tidak berani, maka pertanyaannya dapat terwakilkan oleh pembawa acara/moderator. selain itu materi yang dibawa sangat menarik dimana pemateri memberikan pengetahuan bagaimana sih belajar di luar negeri dan apa saja yang perlu dipersiapkan. Ini salah satu materi yang menarik karena saya juga bercita-cita untuk belajar di luar negeri nantinya.

Kritik dan Saran:

  • Terlalu banyak kuliah tamu yang dilakukan dalam satu semester, sedangkan banyak diantara pemateri yang kurang menarik dan beberapa saja yang ilmunya dapat terserap. Hal ini mungkin dikarenakan waktu untuk mencari pemateri yang terlalu singkat karena jarak antar kuliah tamu sangat singkat, yakni 1-2 minggu sekali.
    saran : Kuliah tamu dikurangi namun dengan pemateri yang benar-benar berkompeten dan dapat memberikan ilmu melalui teknik presentasi yang baik dan berkesan.
  • Pengumpulan resume setelah akhir kuliah tamu dapat membuat kosentrasi peserta kuliah tamu terpecah karena harus mencatat materi sembari mendengarkan materi, hal ini memang mungkin bertujuan yang baik untuk melatih kita merangkum hal-hal penting dalam suatu kejadian/berita
    saran : pengumpulan resume ada baiknya H+1 kegiatan sehingga peserta dapat menulis setelah kuliah tamu selesai dan diharapkan peserta dapat sembari mengingat-ingat materi yang telah diberikan sebelumnya. dengan ini peserta diharapkan dapat tetap mengingat materi yang diberikan dengan melakukan review dengan menulis resume.
  • Dengan metode kuliah tamu yang diadakan untuk kuliah sosio etika rata-rata peserta mata kuliah ini kebingungan tentang apa sebenarnya kuliah sosio etika, ini dikarenakan tidak ada keterkaitannya kuliah sosio etika dan materi yang disampaikan pada kuliah tamu. mungkin bagi dosen materi yang direncanakan sesuai dengan apa diberikan yang diberikan pada kuliah tamu, namun peserta tidak tahu, apakah sebenarnya seperti ini kah kuliah sosio etika tersebut.
    saran : perlu diluruskan untuk peserta mata kuliah tentang apa sebenarnya kuliah sosio etika, dan apa sih sebenarnya materi yang direncanakan akan diperoleh. karena pada nyatanya kata "sosio" dan "etika" peserta pasti membayangkan bagaimana beretika dan bagaimana bersosialisasi nanti di dunia kerja, sedangkan materi kuliah tamu tersebut rata-rata menyampaikan tentang keprofesian yang berisikan tentang teknis bagaimana bekerja.
Usulan Materi yang Disampaikan
  • Materi mengenai teknik membangun relasi dan bagaimana mempertahankan relasi tersebut.
  • Materi mengenai keprofesian disertai pengalaman nyata dari pemateri.
  • Materi tentang bagaimana beretika di dunia kerja
Curhatan Panitia
Pada kuliah tamu yang kelompok saya adakan mungkin masih ada beberapa kekurangan dikarenakan waktu persiapan yang sangat sedikit, dan pembicara juga baru diperoleh H-2. ini mungkin karena kurangnya relasi dari panitia tentang pembicara dengan topik yang diberikan pada kelompok kami. Selain itu karena H-1 kuliah tamu kami dilaksanakan bertepatan dengan libur nasional dan hujan sepanjang hari, panitia juga kesulitan mencari perlengkapan untuk kuliah tamu diantaranya banner, yang pada akhirnya gagal untuk dicetak. namun alhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar.

Unofficial Photo

0 komentar:

Posting Komentar