08.04
0
Review ini ditulis oleh
                Danang Prawira Nugraha             
                511110129
                Sosio Etika A

Testimonial

Menurut saya kuliah soset ini merupakan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan kuliah-kuliah lainnya. Lewat kuliah ini, dosen dan mahasiswa bisa saling berbagi dalam materi-materi yang berkaitan dengan etika dan pengembangan diri mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Sharing-sharing dan kuliah tamu seperti ini seolah-olah menjadi penyegar buat saya ditengah gempuran tugas kuliah setiap minggunya. Oleh karena itu sangat disayangkan apabila pada kurikulum berikutnya kuliah ini ditiadakan.

Materi yang paling berkesan/bermanfaat

1.       Kuliah Tamu “The Art of Effective Presentation”
Materi yang dibawakan oleh bapak Akhmad Guntar ini menurut saya paling berkesan dan bermanfaat. Bagaimana tidak, selain berbagi pengalamannya sebagai seorang public speaker yang handal, beliau juga melatih kami secara langsung saat kuliah tamu. Materi yang disampaikan juga menarik dan atraktif karena melibatkan peserta secara langsung.
2.       Kuliah Tamu “Preparing your future with study abroad”
Tidak sedikit mahasiswa yang mengidamkan menuntut ilmu di luar negeri. Begitu pula dengan saya pribadi. Kuliah tamu dengan pembicara Pak Hari dan Pak Ary ini seolah-olah melecutkan kembali semangat saya untuk mengejar mimpi menuntut ilmu di luar negeri. Materinya juga disampaikan dengan baik oleh pembicara dan semakin menarik karena format kuliah tamunya adalah Talk Show. Pak Hari dan Pak Ary menyampaikan banyak pengalamannya bagaimana hidup di luar negeri, bersosialisasi dengan sekitar, dan berprestasi. Pak Ary mengingatkan bahwa menuntut ilmu di negeri orang kita harus mampu untuk mengukir sejarah sehingga orang-orang yang kita tinggalkan kelak akan mengingat kita bahwa kita pernah ada di sana. Sedangkan pesan Pak Hari yang saya ingat adalah kita harus menunjukkan kemampuan kita yang terbaik sebagai duta Indonesia di luar negeri sana untuk menjaga nama baik Indonesia di mata internasional.
3.       Kuliah Tamu “Technopreneuship Ways in IT”
Kuliah ini juga menurut saya sangat menarik karena membuka wawasan kita sebagai calon sarjana bidang Teknologi Informasi bahwa lulusan IT tidak hanya bekerja sebagai karyawan, namun banyak sekali kesempatan yang dapat diubah menjadi uang melalui IT. Materinya juga menarik karena Pembicaranya, Pak Imam, adalah seorang dosen Teknik Industri yang memiliki latar belakang IT. Beliau mengingatkan pentingnya untuk mengerti bahasa bisnis agar dapat menjual perangkat lunak yang kita buat dalam bahasa bisnis, bukan bahasa IT.

Kritik dan Saran

Saya mengusulkan agar materi yang berhubungan dengan mahasiswa setelah lulus diperbanyak, misalnya bagaimana menghadapi interview atau membuka usaha agar ketika lulus tidak bingung atau menjadi pengangguran. Selain itu, kunjungan ke perusahaan-perusahaan atau organisasi sekitar Surabaya menurut saya perlu diadakan sekali-kali untuk lebih menambah wawasan kami.

Curahan Hati


Saya pribadi mendapat banyak pelajaran dari kuliah soset ini,  yang paling berkesan menurut saya adalah bagaimana pentingnya waktu dan menjaga komitmen. Pada awal-awal diselenggarakannya kuliah tamu saya sering telat, kira-kira 2 kuliah tamu berturut-turut. Setelah terlambat yang kedua, ternyata pada resume diminta untuk menuliskan hukuman apabila terlambat lagi. Saya waktu itu tanpa pikir panjang menulis jika saya terlambat datang kuliah tamu lagi, saya tidak akan mendapat nilai untuk resume saya pada kuliah tamu waktu itu. Semenjak saya menuliskan itu, saya berkomitmen untuk tidak terlambat lagi dalam kuliah tamu. Salah satunya karena saya takut tidak mendapat nilai resume. Namun, berani membuat komitmen seperti itu ternyata bermanfaat bagi saya karena alhamdulillah setelah itu saya tidak pernah terlambat telat datang kuliah tamu lagi.

0 komentar:

Posting Komentar