07.17
0

Review Kuliah Tamu Sosio Etika 2013


Oleh: 5111100036 / Anjar Mustika / Kelas B


Testimonial


Kuliah sosio etika semester ini menurut saya sangat menarik, sangat berbeda dengan kuliah-kuliah lainnya. Awalnya saya mengira di kuliah sosio etika ini hanya perlu mengikuti kuliah tamu saja, tidak sampai menjadi panitia pelaksana kuliah tamu. Ternyata mahasiswa yang mnegambil sosio etika juga harus menjadi panitia di salah satu kuliah tamunya. Dengan adanya tugas mengadakan kuliah tamu semakin menguatkan kemampuan bekerjasama dalam tim. Selain itu, setiap kuliah tamu memberika wawasan bagaimana sebenarnya IT dimanfaatkan di luar dunia kampus dari pembicara yang kompeten di bidangnya. Serta kita lebih mngetahui bagaimana menjadi seorang professional IT yang beretika. 
Materi yang paling berkesan menurt saya adalah
  • Preparing Your Future with STUDY ABROAD


    Materi ini menurut saya sangat menarik dan memberikan motifasi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Dari kuliah tamu ini saya mendapatkan wawasan lebih tentang bagaimana studi di luar negeri dan bagaimana etika dari warga di sana.
  • Public Speaking as Your Complementary Qualification


    Pembicara di kuliah tamu ini membawakan dengan cara yang paling berbeda dari kuliah tamu lainnya. Sebagai peserta kita diajak langsung untuk mempraktekkan apa yang dijelaskan oleh pemateri.
  • The art of Effective Presentation
    Materi ini sangat menarik karena memberikan banyak sekali tips-tips bagaimana cara presentasi yang baik. Serta bagaimana kita menyajikan suatu media presentasi yang baik, menarik, tidak membingungkan, serta tidak membosankan.


Kritik& saran

:
Pelaksanaan antara 1 kuliah tamu dengan kuliah tamu selanjutnya menurut saya terlalu mepet. Menurut saya akan lebih baik jika ketika setelah beberapa kali kuliah tamu (1 sampai 3 kali) lalu kuliah di kelas seperti biasa dengan salah satu agendanya mereview kuliah tamu sebelumnya. Dari review ini saya rasa akan mendapatkan lebih dari yang didapatkan dari kuliah tamu. Bahkan mahasiswa yang berhalangan hadir dalam kuliah tamu tersebut pun juga tidak akan ketinggalan untuk mendapatkan ilmunya. Sama seperti satu minggu setelah kuliah tamu pertama. Kuliah di kelas tersebut menurut saya bisa membuat kita tetap ingat materi yang disampaikan di kuliah tamu, tidak hanya selesai meresume, dikumpulkan lalu hilang begitu saja apa yang sudah didapatkan.


Usulan Materi untuk Kuliah tamu yang akan datang


Lebih banyak lagi materi mengenai etika profesional di bidang IT. Serta materi mengenai Penerapan IT di luar bidang IT, seperti di bidang kesehatan, transportasi, kesenian, dan lain-lain.


Curhat


Curhatan ketika sebagai Peserta: Terkadang saya tidak bisa fokus ke materi yang disampaikan karena di saat itu juga harus membuat resume yang harus dikumpulkan langsung setelah kuliah tamu selesai. Bahpa kali saya ketinggalan slide karena terlalu fokus menuliskan resume.
Curhatan ketika sebagai Panitia: tidak bisa mengikuti materi karena masih harus mengurus registrasi peserta. Hal ini dikarenakan banyak peserta yang terlambat dan keluar masuk ruangan. Jadi buat teman2 peserta tolong jangan membiasakan diri terlambat.

0 komentar:

Posting Komentar