17.10
0
Oleh Fadlika Dita Nurjanto, 5110100132
“Kuliah sosio etika merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan di Teknik Informatika. Mata kuliah ini berbeda dengan mata kuliah yang lain. Jika sebagian besar mata kuliah mempelajari konsep dan pengetahun pada topik keilmuan tertentu, kuliah sosio etika lebih fokus pada eksplorasi wawasan dan pengetahuan tentang faktor non teknis pada dunia teknologi informasi, baik saat menjadi mahasiswa maupun menjadi profesional atau wirausaha di bidang teknologi informasi.”
Selama mengikuti kuliah Sosio Etika, saya dapat merasakan manfaat dengan adanya pembicara-pembicara inspiratif yang membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka. Ternyata, ada banyak sekali faktor non-teknis yang turut membantu mendukung kesuksesan dalam berkarir. Dimulai dari faktor internal seperti kemampunan berkomunikasi, bekerja sama, rasa respect, dan rasa peka yang mampu mendukung kita untuk terus berkarir secara maksimal.
Di perkuliahan Sosio Etika ini, ada 3 sesi yang menurut saya paling menginspirasi, antara lain :

1.  Technopreneurship Ways in IT
Sesi ini diisi oleh Bapak Imam Baihaqi, seorang anggota LPPM ITS sebagai pembicara. Sesi ini mengulas tentang apa saja yang bisa dilakukan saat mengambil keputusan untuk menjadi seorang teknopreneur. Pada sesi ini juga pembicara membagi pengalaman apa saja yang harus dipersiapkan untuk terjun sebagai teknopreneur.,

2. Implementasi Sosio dan Etika Bidang Teknologi Informasi di Pemerintahan
Sesi ini diisi oleh Bapak Nurvan dan Bapak Oky. Beliau masing-masing mewakili pemerintah kota Surabaya dan pemerintah Provinsi Jawa Timur. Di sesi ini membahas tentang penerapan teknologi informasi di pemerintahan selaku pemegang kebijakan. Penerapan teknologi informasi di pemerintah lebih diutamakan untuk meningkatka  kinerja pemerintah sekaligus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

3. The Art of Effective Presentation
Sesi ini diisi oleh Bapak Akhmad Guntar Susatyo. Beliau membagikan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya presentasi. Dalam dunia professional nanti, kemampuan presentasi menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung karir. Presentasi bukan hanya kemampuan berbicara, tetapi juga kemampuan mengolah data dan informasi yang ada sehingga dapat ditangkap oleh pendengar jika kita mampu membawakannya dengan baik.

Kritik dan Saran
Seperti diketahui, di soset semester ini mahasiswa wajib mengumpulkan ringkasan materi hari itu. Menurut saya kurang efektif, sebaiknya pengumpulan ringkasan materi ditunda maksimal sampai hari berikutnya. Dengan begitu mahasiswa dapat menuliskan ringkasan materi yang ada dengan lebih maksimal. Cara seperti ini juga dapat membantu jika mahasiswa ingin mempelajari lebih lanjut materi yang baru didapatkan. Tetapi selama semester ini, mahasiswa mengalami kesulitan saat ingin me-review ulang materi untuk dipelajari lebih dalam karena ringkasan materinya harus sudah dikumpulkan setelah acara selesai.

Usulan Materi
Di sini saya mengusulkan materi tentang wawasan kebangsaan dan pergerakan mahasiswa dalam pembangunan bangsa. Bila biasanya kuliah sosio etika membahas tentang dunia kerja, materi di sini bertujuan untuk membuka mata teman-teman mahasiswa agar tetap berkarya di bidang teknologi informasi dan memunculkan karya-karya baru yang inovatif. Selain itu materi yang saya usulkan membahas tentang “Image Branding”. Image Branding merupakan kemampuan seseorang dalam membentuk brand dan image pada diri seseorang sehingga kepercayaan diri mahasiswa meningkat sekaligus meningkatkan rasa profesional.

Curhat Panitia

Pada saat menjadi panitia, saya diplot untuk menjadi MC utama. Merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi saya, terlebih dengan tim yang benar-benar solid dalam koordinasi mempersiapkan acara ini. Cara pengajaran di kuliah Sosio Etika ini cukup menarik, secara langsung maupun tidak langsung, dapat mengubah sikap mahasiswa dalam menghargai waktu sehingga agenda yang sudah disepakati dapat berjalan lancar.

Kelompok C1, Dosen Pembimbin Sosio Etika, dan Pembicara


0 komentar:

Posting Komentar