09.43
0
Nama   : Ivan Hendrajaya
NRP      : 5111100063
Kelas    : Sosio & Etika B

Testimonial

Banyak hal yang saya dapatkan dari kuliah Sosio & Etika terutama dari kuliah tamu. Selain pengalaman mengadakan kuliah tamu, tentu saja pengalaman dari orang-orang yang menjadi narasumber dalam kuliah tamu yang diadakan. 3 materi yang paling berkesan bagi saya :
Ø     Preparing your Future with Study Abroad
Pada kuliah tamu ini, narasumber Pak Hari dan Pak Ary berbagi informasi mengenai pengalaman beliau selama studi di luar negeri. Bagi saya yang suka mendengarkan pengalaman dari orang lain tentu saja kuliah tamu ini menjadi yang paling berkesan. Saya mendapatkan gambaran bagaimana harus bersikap ketika berada di negara lain yang kultur maupun budayanya berbeda dengan negara Indonesia. Selain itu, kuliah tamu ini juga memberikan motivasi bagi saya karena Pak Hari dan Pak Ary mengalami musibah pada saat melaksanakan studi di luar negeri namun tetap berhasil menyelesaikan studinya.
Ø     Kejahatan di Dunia Maya dan Kebebasan Berekspresi dalam Dunia IT
Kuliah tamu ini berkesan bagi saya karena saya berkesempatan untuk menjadi moderator. Selain itu, saya senang dengan materi yang dibawakan oleh narasumber. Pak Rio memberikan pengetahuan bagaimana menghindari kejahatan di dunia maya dan memberikan contoh konkrit sampai sejauh mana kejahatan di dunia maya dapat terjadi. Pak Dzulfikar memberitahukan tentang apa yang baik dan tidak baik untuk dilakukan di sosial media, selain itu beliau juga memberikan motivasi bahwa hal-hal kecil yang kita lakukan di sosial media bisa mempengaruhi hidup banyak orang.
Ø     Public Speaking as your Complementary Qualification
Kuliah tamu ini berkesan karena narasumber sangat bersemangat dan materi yang dibawakan cukup menarik. Pak Rio Purboyo menjelaskan pentingnya kemampuan Public Speaking bagi seseorang dan mengajarkan beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum berbicara di depan umum. Selain itu, beliau juga memberikan pengetahuan bagaimana cara yang baik untuk berbicara di depan umum.

Kritik & Saran

Seperti yang sudah sering saya sampaikan, kuliah tamu seharusnya tidak terlalu sering diadakan. Saran saya 1 kelas cukup dibagi menjadi 2 kelompok agar tidak terlalu banyak kuliah tamu dan waktunya bisa dialokasikan untuk kuliah di dalam kelas. Selain itu, menurut saya pengumpulan resume setiap selesai kuliah tamu membuat peserta tidak fokus terhadap materi yang diberikan oleh narasumber akibat terlalu sibuk mencatat. Saran saya pengumpulan resume bisa diperpanjang maksimal pada hari yang sama dan jika memungkinkan tidak menggunakan kertas, tetapi melalui email ke asisten atau ditulis di blog. Saya juga berharap agar resume dikembalikan sehingga peserta bisa mengingat kembali materi yang didapatkan dari kuliah tamu dan mengetahui feedback dari dosen terhadap resumenya.

Usulan Materi

Saya berharap agar kuliah Sosio & Etika tidak hanya fokus pada kuliah tamu dan pembuatan resume maupun makalah, tetapi lebih pada penerapan etika dalam kehidupan sehari-hari sehingga “memaksa” mahasiswa untuk bersikap lebih baik. Dengan mengurangi kuliah tamu alokasi waktu untuk kuliah di kelas dapat ditingkatkan, dan pada saat kuliah di kelas bisa diisi dengan penerapan etika yang baik dan benar di berbagai profesi baik yang berhubungan dengan IT maupun tidak.

Curhat Panitia

Waktu yang diberikan untuk mempersiapkan kuliah tamu cukup sempit. Selain itu, untuk mencari narasumber sesuai tema cukup sulit. Jika memungkinkan, sebaiknya tema kuliah tamu bebas karena menurut saya jika narasumber dapat membawakan dengan baik, tema tidak akan terlalu berpengaruh terhadap antusiasme peserta.


0 komentar:

Posting Komentar