19.12
0
Ulasan ini dibuat oleh Ifan Iqbal NRP 5111100098
Kuliah soset pun berakhir. Tentunya, hal tersebut meninggalkan kesan bagi peserta mata kuliah yang paling unik ini. Bagi saya, mengikuti kuliah sosio etika dengan model perkuliahan seperti pada semester ini bagaikan mendapatkan banyak gratisan hanya dengan membeli sebuah produk saja. Kenapa begitu? Begini alasannya.
Banyak hal menarik yang saya dapatkan dari kuliah soset 2013. Semua hal menarik tersebut berasal dari kuliah tamu yang diadakan hampir setiap minggu. Di kuliah tamu tersebutlah banyak saya dapatkan wawasan baru dan berbagai hal menyenangkan yang bisa menjadi bekal ilmu kini dan nanti.

Tema kuliah tamu yang diadakan pun kian beragam, tergantung dari imajinasi para panitia penyelenggara. Terima kasih untuk teman-teman panitia yang telah memilih tema-tema yang super sekali. Terima kasih juga untuk pembicara kuliah tamu yang telah meluangkan waktu untuk berbagi kepada kami.
Ada beberapa tema kuliah tamu yang paling berkenan bagi saya. Yang masih fresh di pikiran ini ialah kuliah tamu terakhir yang diisi oleh dua dosen super dari Teknik Informatika ITS. Kuliah tamu yang membahas tentang perjalanan kuliah di luar negeri tersebut sangat menarik karena dibawakan dengan gaya talkshow dan  sharing pengalaman. Kemudian, kuliah tamu tentang public speaking juga tidak kalah menyenangkan. Di kuliah tamu tersebut, pembicara mengisi acara dengan sangat atraktif. Peserta kuliah diajak untuk langsung mempraktekkan bagaimana cara untuk menjadi public speaking yang baik. Selanjutnya, tema yang juga menarik adalah tentang IT Career and Profession yang membahas tentang profesi dan karir di bidang TI :).
Jika diminta untuk membayangkan bagaimana kuliah sosio etika, hal pertama yang terlintas di benak saya adalah kuliah tamu. Bagaimana tidak, jumlah tatap muka di kelas begitu sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kuliah tamu yang diadakan. Namun, kuliah kelas pun tidak kalah uniknya dengan kuliah tamu (meskipun jauh lebih menarik kuliah tamu). Kuliah kelas sosio etika 2013 diisi dengan diskusi mengenai suatu topik yang berkaitan dengan sosio dan etika tentunya.
Meskipun menarik, tetap saja ada kekurangan yang perlu dibenahi dari model perkuliahan ini. Satu hal yang mengganggu saat kuliah tamu itu sendiri adalah pembuatan resume. Pembuatan resume bagi saya dapat mengganggu konsentrasi peserta kuliah sehingga dapat kehilangan poin-poin penting yang disampaikan. Contohnya saja pada tema kuliah tamu public speaking yang diisi dengan praktek langsung. Saat memperagakan apa yang dipandu oleh pembicara, peserta seperti saya tidak dapat sepenuhnya leluasa memperagakannya karena masih harus mengerjakan resume sembari mengikuti acara. Namun, hal tersebut nampaknya disadari oleh para dosen sehingga mendekati akhir semester, hal yang perlu dituliskan dalam resume adalah poin-poin penting saja. Hal ini cukup melegakan karena peserta seperti saya dapat lebih santai dan fokus menyerap materi kuliah tamu. Terima kasih atas pengertian Bapak dan Ibu dosen :)

0 komentar:

Posting Komentar