20.35
0

Nama : Hanifa Iradatur Rahmani
NRP : 5110100066
Kelas  : C
Testimonial : 
Saya sangat terkesan dengan adanya kuliah tamu sosio etika pada semester ini. Konsep perkuliahannya unik. Banyak sekali wawasan yang saya dapatkan untuk menghadapi dunia pascakampus. Pemetaan dunia kerja dalam dunia IT juga saya dapatkan disini. Pengalaman yang telah dibagian membuat saya sadar bahwa kehidupan pascakampus itu lebih susah dibanding saat di kampus. 

Materi yang paling berkesan :


Kultur dan etika di dunia developer
Materi pada kuliah tamu ini menyadarkan saya tentang eksistensi dari developer. Ternyata developer tidak hanya ada di dunia IT. Semua bidang memiliki developer masing-masing. Pada kuliah tamu ini, saya mendapat ilmu lebih tentang pemetaan dunia kerja IT. Disini saya juga mendapat wawasan tentang persiapan yang dilakukan untuk menghadapi dunia kerja bidang IT. Dan yang paling berkesan adalah membuat pola pikir menjadi developer IT.
Prepare your future with study abroad
Sebelum memasuki dunia kerja, seorang mahasiswa S1 biasanya memiliki impian yaitu studi ke luar negeri. Banyak sekali jalan untuk menuju ke sana. Ada yang melalui beasiswa, kuliah dan kerja, maupun biaya sendiri. Setiap orang yang pernah belajar di luar negeri pasti punya visi misi dan tujuan yang berbeda-beda. Namun, saat kuliah tamu ini, saya diberi wawasan tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum melangkahkan kaki ke luar Indonesia. Selain itu pelajaran tentang budaya tiap Negara yang berbeda juga harus diketahui sebelum berangkat. Tak lupa adalah Bahasa Inggris sebagai syarat fundamental mengambil pilihan stud ke luar negeri.
IT career and profession
Sebenarnya materi seperti ini juga sudah sering disampaikan di beberapa kuliah tamu sebelumnya. Yang berkesan menurut saya adalah hadirnya alumni yang memberikan motivasi dan berbagi pengalaman kepada kami. 

Usulan materi : 
mendatangkan pembicara yang memiliki perusahaan yang telah berani memasukkan teknologi baru ke Indonesia. Seperti contoh provider yang pertama kali memperkenalkan 4G. Karena saya melihat IT di Indonesia cukup tertinggal dari Negara lain.

Kritik :
Sebaiknya jumlah kuliah tamu dikurangi atau lebih spesifik materinya sehingga tidak ada rendundan dalam penyampaian materi. Resume yang dibuat menurut saya kurang berguna. Karena seharusnya resume itu sebagai catatan kecil bagi peserta agar dapat diterapkan kedepannya. 

Selain itu, jika nanti kedepannya konsep kuliahnya dibuat seperti ini lagi, mohon pada jadwal dituliskan jam yang sebenarnya. Kondisinya sekarang adalah di jadwal, kuliah sosio etika adalah jumat sore. Namun kenyataannya jumat pagi.


Saran :
Resume jangan dikumpulkan sesaat setelah selesah kuliah.

Kepanitiaan :
 Tidak ada kesulitan yang berarti dalam kerjasama tim yang saya ikuti. Karena mereka kooperatif dan mengerjakan tugas sesuai jobdesknya. Hanya saja kekurangan dalam tim saya adalah leader yang mampu membagi jobdesk tiap anggota. Sehingga pembagian jobdesk terkesan musyawarah atau sepihak

0 komentar:

Posting Komentar