06.46
0
Assalamualaikum wr wb.

Tidak terasa sekali kuliah sosio & etika semester ini sudah selesai, padahal rasanya baru kemarin masuk semester 4. Waktu berjalan cepat sekali... halah lebay.

Meskipun waktu berlalu begitu cepat, ada banyak sekali manfaat yang saya dapat dari 9 kultam (kuliah tamu) Soset yang saya ikuti selama satu semester ini. Jika ditanyakan materi mana yang paling berkesan dan bermanfaat, susah menjawabnya karena semuanya memang berkesan dan bermanfaat apalagi kalau ada doorprize-nya. Tapi jika disuruh memilih tiga materi favorit, saya sudah memilikinya, yaitu:

  1. Public Speaking as Your Complementary Qualification. Menurut saya materi inilah yang paling berbeda karena tidak hanya pak Rio yang presentasi, tapi juga mengajak pesertanya dalam praktek berbicara yang sederhana.
  2. Kejahatan di Dunia Maya & Kebebasan Berekspresi di Dunia Maya. Dua materi dalam satu hari ini membuat saya tersadar bahwa hal-hal buruk di dunia maya lebih banyak daripada yang bisa saya bayangkan, sehingga saya bisa lebih berhati-hati. Bahkan hanya dengan menuliskan data diri kita sendiri di jejaring sosial seperti Facebook dan semacamnya dapat membahayakan diri kita sendiri. Selain itu kita juga diberi tahu sedikit tentang cara mencari tahu password akun orang lain :p . Oh iya, yang saya suka dari materi "Kebebasan Berekspresi" adalah slide PPT yang dibuat. Simpel tapi menarik :D
  3. Prepare Your Future with Study Abroad. Materi terakhir ini memang seru karena dengan konsep yang berbeda dari sebelumnya, pemateri juga memberikan pengalamannya berkuliah di luar negeri, jadi kita bisa bersiap-siap jika memang mau kuliah di luar negeri. Selain itu juga ada tips-tips tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa luar negeri.

Tapi dari semua materi, jelas yang paling keren adalah "The Art of Effective Presentation" karena kita diajari caranya membuat presentasi yang baik dan berbicara di depan orang lain dengan baik. Selain itu, pembicaranya adalah alumni TC, yang membuktikan bahwa anak TC nggak cuma bisa berhubungan dengan komputer aja. Apalagi ini kultam kelompok saya, nggak mungkin dong tidak saya anggap terbaik.

Untuk kelas Soset selanjutnya, saya tidak terlalu banyak memberi kritik dan saran karena menurut saya mengadakan kultam ini merupakan cara yang baik, karena kultam ini bisa menjadi sarana refreshing dari kuliah-kuliah lain yang hanya di kelas saja. Mungkin untuk selanjutnya bisa diperpanjang waktu pengumpulan resumenya agar para peserta dapat konsentrasi di materi bukannya sibuk mencatat isi kultam.
Saran saya, untuk kelas Soset selanjutnya bisa dengan cara mengadakan kunjungan ke perusahaan. Pada kunjungan itu, mahasiswa bisa langsung bertanya-tanya tentang sosio dan etika dalam bidang pekerjaan perusahaan tersebut. Lalu kelompok yang berkunjung bisa menulis hasilnya di blog Soset agar bisa dilihat oleh semua mahasiswa.

Jika ada kuliah tamu lagi, saya berharap materinya lebih keren dari yang sudah diadakan. Sekarang memang belum terpikirkan saya ingin materi apa, tapi saya yakin apapun materi di kultam-kultam berikutnya pasti bermanfaat.

Untuk teman-teman semuanya, baik yang seangkatan maupun tidak, jangan lupakan materi-materi kultam yang sudah kita dapatkan selama ini. Sekecil apapun, dan se-"males banget" kita datang kultam-kultam ini, pasti ada manfaatnya bagi kita, sekecil apapun itu. Sebagai panitia, saya mengucapkan terima kasih ke para peserta karena telah mengikuti kultam kelompok saya (B2) dengan baik. Sebagai peserta, saya juga mengucapkan terima kasih kepada panitia-panitia dari kelompok lain karena telah membuat kultam yang tidak membosankan dan menjadi bahan saya menyegarkan diri dari mata kuliah lainnya. Terakhir, saya mengucapkan terima kasih ke ibu Yuhana sebagai dosen Soset kelas B yang sudah membimbing kami selama ini, juga kepada dosen Soset lainnya yaitu pak Imam, bu Licha, dan pak Victor yang dulu juga sempat mengajar. Karena beliau-beliaulah saya bisa belajar banyak tentang kehidupan dari mata kuliah ini :)

Mungkin sekian saja dari saya. Maaf bila ada yang tidak berkenan atau tersinggung atas apa yang saya tulis di atas. Terima kasih sudah membaca. :)
Wassalamualaikum wr wb. :)

Foto bersama kelompok B2, dosen Soset, dan pak Akhmad Guntar

oleh
Rizaldi Tri Yanuar
5111100069
Sosio & Etika B

0 komentar:

Posting Komentar